Comscore Tracker

Tanpa AC, 5 Cara Ini Bisa Sejukkan Rumah, Hemat Lagi!

Sederhana, tapi memengaruhi ruangan di rumah jadi lebih sejuk

Ruangan terasa gerah, emang bikin gak betah ya? Apalagi kalau tempat tinggalnya di daerah yang makin hari makin panas. Belum lagi jika musim kemarau panjang. Karenanya banyak orang yang pilih cara instan dengan menggunakan AC di dalam ruangan.

Pake AC emang gak salah sih. Tapi cara itu cuma bermanfaat untuk manusia, tapi tidak untuk lingkungan. Wah! Jadi gimana cara bikin rumah sejuk tanpa AC? Tenang! Coba kamu lakukan lima trik ini.

Lepas kabel alat elektronik saat tidak dipakai.

Tanpa AC, 5 Cara Ini Bisa Sejukkan Rumah, Hemat Lagi!financialavenue.org

Alat elektronik mengeluarkan suhu panas, apalagi TV dan komputer. Jangan lupa juga untuk mencabut charger ponsel dari stop kontak. Karena ini masih mengaliri listrik dan memicu peningkatan suhu dalam ruangan.

Matikan lampu.

Tanpa AC, 5 Cara Ini Bisa Sejukkan Rumah, Hemat Lagi!negativespace.co

Semua lampu mengeluarkan panas. Bahkan yang punya teknologi LED sekalipun. Jadi matikan saat tidak digunakan ya. Ganti semua bohlam dengan teknologi energi efisien dan ramah lingkungan.

Sulap kipas angin jadi AC.

Tanpa AC, 5 Cara Ini Bisa Sejukkan Rumah, Hemat Lagi!waynehomedecor.com

Caranya simpan semangkuk air es di depannya agar butiran air dingin tertiup oleh kipas dan membuat ruangan jadi sejuk.

Minimalkan masuknya sinar matahari.

Tanpa AC, 5 Cara Ini Bisa Sejukkan Rumah, Hemat Lagi!pxhere.com

Kamu bisa menutup jendela dengan tirai atau pasang kaca film sebagai filter cahaya. Agar mengurangi jumlah cahaya yang masuk. Cara klasik ini masih terbilang ampuh untuk membuat rumah sejuk tanpa AC.

Jaga sirkulasi udara.

Tanpa AC, 5 Cara Ini Bisa Sejukkan Rumah, Hemat Lagi!therealdanvega.com

Ini kuncinya! Simpan interior yang tepat biar nggak mengganggu sirkulasi udara. Misalnya, simpan tanaman indoor dekat alat elektronik agar membantu menyerap zat berbahaya di sekitarnya.

Ayana Fara Photo Community Writer Ayana Fara

Berbagi itu indah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You