Comscore Tracker

7 Cara Ampuh Menikmati Hidup dengan Uang Pas-pasan

Bisa banget kok ini

Cara seseorang menikmati hidup memang bisa dilihat dari gaya hidupnya, tapi ternyata gaya hidup itu bisa dengan mudah dibentuk sesuai kebiasaan. Seringkali "tuntutan" gaya hidup itu menyiksa kemampuan pribadi kita, utamanya dari segi finansial. Padahal dengan cara tertentu, kenikmatan hidup itu masih bisa dicapai tanpa perlu membuat kantongmu kering. Nah, kamu perlu mengetahui 7 cara ampuh ini untuk menikmati hidup dengan uang pas-pasan!

1. Bedakan antara lapar dan sekedar keinginan untuk jajan

7 Cara Ampuh Menikmati Hidup dengan Uang Pas-pasaneatthis.com

Akan sangat terasa bedanya jika kamu paham dengan benar. Jika dengan memakan apapun yang ada sudah bisa meredakan keinginanmu untuk makan, berarti itu lapar. Jika apapun yang terjadi kamu harus makan makanan tertentu, berarti kamu hanya sedang ingin jajan. Tipe yang kedua itu bisa kamu tahan kok, tanpa takut akan kenapa-kenapa. Begitu ada keinginan makan makanan tertentu, langsung cari makanan yang sudah tersedia atau dekat denganmu untuk meredakannya, agar kamu gak jajan melulu.

2. Lebih rajin lah untuk membuat makanan dan minummu sendiri

7 Cara Ampuh Menikmati Hidup dengan Uang Pas-pasancheatsheet.com

Kopi di kafe itu harganya bisa 4-5 kali lipat dibandingkan jika kamu membuatnya sendiri. Kamu pun bisa menghemat 2-3 kali biaya sekali makan di luar dengan membuat makan sendiri. Pertimbangkan ini sebelum kamu nongkrong di luar. Kalaupun kamu tetap harus nongkrong di luar karena tuntutan sosial, kenyangkan dirimu sendiri sebelum itu. Pesan lah yang semurah mungkin di tempat nongkrongmu itu sekedar sebagai "syarat" duduk. Lakukan itu juga sebelum kamu berjalan-jalan ke mal.

3. Belanja bulanan dalam partai cukup besar

7 Cara Ampuh Menikmati Hidup dengan Uang Pas-pasangenhq.com

Ada banyak kok tempat perbelanjaan yang bisa memungkinkanmu untuk belanja kebutuhan bulanan/sehari-hari dengan lebih murah, meski harus dalam jumlah banyak. Kamu bisa melakukan siasat ini apalagi pada produk yang usia kedaluwarsanya panjang atau gak benar-benar bisa kedaluwarsa dalam hitungan tahun, misalnya selain makanan atau minuman. Kamu juga bisa melakukannya untuk bahan makanan, asal kamu rajin memantau persediaanmu, jangan sampai terlalu menumpuk.

Baca juga: 7 Tontonan TED Ini Akan Membuatmu Lebih Bahagia Menjalani Hidup

4. Kalau perlu suatu barang, fokus pada fungsinya, bukan harus baru

7 Cara Ampuh Menikmati Hidup dengan Uang Pas-pasanmillennial20-20.com

Memang ada beberapa benda yang sebaiknya jangan kamu beli jika sudah bekas karena akan berisiko untukmu, seperti pakaian dalam. Namun untuk benda umum kebanyakan, membeli barang bekas yang masih layak pakai itu gak ada salahnya kok. Apalagi jika yang penting utamanya adalah fungsi benda tersebut, bukan penampilannya atau sekedar untuk memenuhi gengsimu dalam memamerkannya. Banyak kok barang bekas dijual di toko second hand ataupun akun-akun online shop.

5. Kalaupun ingin barang yang baru, perhatikan fungsi atau kandungan utamanya, itulah yang kamu butuhkan

7 Cara Ampuh Menikmati Hidup dengan Uang Pas-pasanbuxtonco.com

Percayalah bahwa banyak brand di luar sana yang hanya menang dalam terkenalnya merk atau bagusnya kemasannya. Namun kalau diteliti lebih dekat, kamu akan menemukan barang-barang dengan kandungan sama atau serupa yang jauh lebih murah. Jangan terpaku pada brand tertentu, tapi berusaha lah untuk terus terbuka pada barang alternatif dengan fungsi yang sama, namun lebih murah.

6. Menikmati brand atau hiburan tertentu masih mungkin kamu lakukan dengan uang pas-pasan, aktif lah mencari kupon, voucher atau event diskonan

7 Cara Ampuh Menikmati Hidup dengan Uang Pas-pasanlennycredit.com

Siapa bilang dengan uang pas-pasan maka kamu harus menghindari barang atau konsumsi yang branded. Ada cara kok untuk tetap menikmatinya tapi gak mencekik kebutuhan utama bulananmu. Kamu perlu update soal promo atau diskon yang sedang diadakan oleh brand favoritmu. Mulai dari mengakses website atau mengikuti media sosialnya secara berkala. Gak menutup kemungkinan, kadang diskonnya bahkan bisa lebih dari setengah harga lho. Lumayan kan? Kamu gak harus benar-benar meninggalkan brand yang kamu suka demi berhemat.

7. Tetapkan hari atau momen khusus untukmu menikmati sesuatu yang menurutmu sangat menyenangkan tapi "mahal"

7 Cara Ampuh Menikmati Hidup dengan Uang Pas-pasanmckinsey.com

Kita sudah membicarakan soal memangkas pengeluaran dan lebih giat mencari diskon. Yang agak kontradiktif sedikit, kamu bisa kok tetap menikmati brand, resto, kafe, hotel atau konsumsi favoritmu apapun itu tanpa harus menunggu diskon. Namun kamu perlu mengontrol diri untuk menikmatinya sekali-kali saja. Penelitian psikologi membuktikan bahwa kamu akan lebih menikmati sesuatu yang kamu anggap menyenangkan, jika kamu jarang mendapatkannya. Jika kamu sering mendapatkannya, kamu akan cenderung meremehkannya. Tentukan hari atau jadwal khusus (misalnya saat ulang tahun, tahun baru atau hari lainnya) untuk menikmati hal favoritmu itu dan siapkan tabungan sebelumnya jika memang itu membutuhkan dana lebih.

7 Cara Ampuh Menikmati Hidup dengan Uang Pas-pasanvenngage.com

Nah, sebenarnya menikmati hal-hal menyenangkan gak perlu menghabiskan uang banyak kan? Masih banyak cara lain untuk berhemat tapi hidup menyenangkan kalau kamu terus berusaha mencarinya. Yang paling penting sebenarnya satu sih, jangan lupa bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki sekarang, hargai dan jaga itu semua baik-baik.

Baca juga: 12 Hal Ini Harus Berhenti Kamu Lakukan untuk 12 Bulan ke Depan

Topic:

Berita Terkini Lainnya