Comscore Tracker

5 Trik Cerdas Buat Kamu yang Selalu Bingung Mengatur Waktu

Waktunya lebih produktif!

Generasi millenials hidup saat teknologi sudah ada dan berkembang sangat pesat. Generasi ini mempunyai karakter yang sangat kreatif dan penuh dengan inovasi. Sehingga mereka selalu mengerjakan semuanya secara bersamaan. Seperti, makan sambil bermain smartphone, mengerjakan dua tugas secara bersamaan, dsb.

Mereka dikenal sebagai generasi yang multitasking. Namun, sayangnya karena multitasking tersebut generasi ini sulit untuk mengatur waktu mereka, sehingga banyak dari mereka tidak mempunyai jadwal yang pasti dalam keseharian mereka. Berikut ini cara agar kalian sebagai millenials dapat mengatur waktu lebih baik lagi:

1. Buat what-to-do list

5 Trik Cerdas Buat Kamu yang Selalu Bingung Mengatur Waktupixabay.com/TeroVesalainen

Memang kita para millenials punya waktu yang padat apalagi bagi para millenials yang sedang kuliah. Dengan padatnya jadwal pasti kita tidak ingin jadwal tersebut berantakan ataupun crash dengan rencana jadwal lain. Maka dari itu yang kita lakukan adalah menulis apa saja yang ingin kita lakukan sebelum memulai hari.

Kita tulis apa yang kita kerjakan hari ini mulai dari pagi sampai malam, lebih baik lagi jika kita merencanakan mulai dari seminggu. Jadi kita menulis what-to-do list this week. Sehingga apapun yang kita lakukan pasti terjadwal dan tidak akan berantakan.

2. Tentukan apa yang menjadi prioritas

5 Trik Cerdas Buat Kamu yang Selalu Bingung Mengatur Waktupixabay.com/Studio32

Memang para millenials memiliki karakter yang kreatif dan inovatif tetapi, terkadang mereka tidak dapat memilih dan mengerjakan apa yang memang menjadi prioritas pada hari itu. Jadi bagi kalian para millenials sebaiknya menentukan dan mengidentifikasi apa yang paling penting serta menjadi prioritas yang ingin dikerjakan terlebih dahulu.

3. Jika mengerjakan project buatlah target dan timeline

5 Trik Cerdas Buat Kamu yang Selalu Bingung Mengatur Waktupixabay.com/DS-Foto

Nah, bagi kalian para millenials pasti mempunyai berbagai macam project kreatif yang kalian kerjakan. Tetapi, terkadang banyaknya project yang dikerjakan sehingga membuat kita tidak fokus dan banyak project yang mangkir dan jamuran. Jadi sebaiknya ketika mengerjakan beberapa project tentukan timeline project yang kalian kerjakan dan atur berapa lama project ini dikerjakan. Sehingga, project yang kalian kerjakan tidak jadi project yang jamuran.

4. Berani mengatakan tidak jika jadwal sudah penuh

5 Trik Cerdas Buat Kamu yang Selalu Bingung Mengatur Waktupixabay.com

Untuk kalian millenials pasti sungkan untuk mengatakan tidak jika diajak sahabat kalian hangout padahal jadwal kalian sudah full dan pada akhirnya kalian mengorbankan jadwal penting yang sudah kalian buat. Ada juga nih yang tidak ingin menolak project ataupun kerjaan sehingga, banyak project atau kerjaan yang keteteran dan tidak maksimal dalam mengerjakannya.

Maka dari itu beranilah untuk mengatakan tidak secara halus dikarenakan jadwal kalian sudah penuh dan mungkin bisa kalian tawarkan agar bisa diagendakan minggu berikutnya.

5. Ciptakanlah quality time bersama orang yang kalian cintai

5 Trik Cerdas Buat Kamu yang Selalu Bingung Mengatur Waktupixabay.com/Free-Photos

Dengan padatnya jadwal serta waktu kalian para millenials untuk melakukan berbagai hal yang kreatif dan inovatif. Sebaiknya kalian juga jangan lupa untuk menyisihkan waktu entah itu dengan keluarga, pacar, ataupun sahabat kalian. Buatlah quality time guna mempererat hubungan kalian dan membuat kalian fresh kembali.

Nah, siap jadi millennials yang produktif? 

Brian Cahyono Photo Writer Brian Cahyono

Seorang millenials yang tertarik dengan startup dan desain.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya