Comscore Tracker

5 Tips Mudah Mengurangi Biaya Tagihan Listrik, Biar Lebih Hemat!

Hemat pangkal kaya, lho!

Tagihan listrik menjadi salah satu pengeluaran terbanyak setelah kebutuhan perut ataupun gaya setiap bulannya. Apalagi jika pemakaian daya listrik besar dan ditambah tak mendapat subsidi dari pemerintah serta gaji hanya UMK yang semisal dihitung cuma cukup beli makeup dan makan. Duh, pasti bikin pusing dompet tuh?

Namun ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk menekan pemakaian daya listrik yang terpakai. Memang tak akan berkurang sampai 50%, tapi bisa sedikit mengurangi. Sisa uang bisa buat nambah bumbu dapur. Apa saja sih yang perlu kamu lakukan? Yuk lihat rangkumannya di bawah ini!

1. Mengurangi pemakaian lampu

5 Tips Mudah Mengurangi Biaya Tagihan Listrik, Biar Lebih Hemat!Pixabay/geralt

Yup, mengurangi pemakaian lampu bisa menjadi langkah awal untuk menghemat pemakaian listrik. Kamu bisa memulai dengan survei bagian mana saja yang tak begitu memerlukan penerangan. Pilah satu persatu ruangan yang ada di rumah kamu.

Nah, jika kamu sudah yakin, matikan lampu tersebut dengan cara menandai sakelar supaya tidak dihidupkan atau bisa juga melepas lampunya dan tetap membiarkan fiting lampu agar tetap menempel. Hal itu dilakukan jika sewaktu-waktu akan digunakan kembali.

2. Mengganti lampu dengan daya lebih rendah

5 Tips Mudah Mengurangi Biaya Tagihan Listrik, Biar Lebih Hemat!Pixabay/Alexas_Fotos

Langkah selanjutnya kamu juga bisa mencoba untuk mengurangi daya lampu itu sendiri. Semisal pada ruang tamu di rumah, memakai lampu esensial berdaya 40 watt bisa diganti dengan lampu LED 6/7 watt saja. Hal itu sudah cukup untuk menerangi sebuah ruang tamu.

Terus untuk ruangan-ruangan yang lain bisa kamu terapkan hal yang sama. Semisal kamar mandi bisa dengan lampu LED yang berdaya 3 watt saja.

Baca Juga: 5 Cara Menghemat Listrik yang Mudah dan Aman untuk Dicoba!

3. Memasang panel surya

5 Tips Mudah Mengurangi Biaya Tagihan Listrik, Biar Lebih Hemat!Pixabay/skeeze

Untuk cara ke-3 memang tergolong cukup membutuhkan biaya besar. Namun jika dilihat jangka panjangnya, memasang panel surya bisa cukup menghemat pengeluaran untuk pembayaran tagihan listrik. Kamu bisa membagi penggunaan listrik dari PLN, seperti untuk lampu penerang bisa menggunakan sumber listrik dari panel surya dan beban lain menggunakan PLN.

Dan satu lagi, kamu juga bisa sedikit mandiri jika sewaktu-waktu PLN mati, seperti kejadian yang di Jakarta kemarin. Tuh gak enak, kan? Kembali ke zaman belum ada lampu.

4. Membuat jadwal pemakaian alat elektronik

5 Tips Mudah Mengurangi Biaya Tagihan Listrik, Biar Lebih Hemat!Instagram.com/heyco_qualitaetswerkzeuge

Satu hal lagi yang cukup mudah kamu lakukan untuk menekan tagihan listrik atau pembelian pulsa listrik. Cukup dengan membuat jadwal pemakaian alat listrik yang ada di rumah.

Seperti jam berapa televisi hidup, waktu kapan saja ac yang ada di kamar hidup ataukah selama 6 jam saja tiap hari serta mesin cuci hanya boleh hidup sehari sekali, dan lainnya.

5. Kamu juga bisa mengurangi beban listrik

5 Tips Mudah Mengurangi Biaya Tagihan Listrik, Biar Lebih Hemat!Instagram.com/stuttgartnetze

Kamu juga bisa melakukan pengurangan beban listrik yang ada di rumah. Entah itu AC yang dulunya 2 pk sekarang ganti dengan yang 1/2 pk ataupun 3/4 pk. Pemakaian lampu, setrika yang dulu sehari sekali dipakai bisa dikurangi jadi seminggu sekali.

Memakai mesin cuci juga harus kamu kurangi, bukan bermaksud tak bersih ya, cobalah untuk mencuci saat semua pakaian kotor terkumpul semua bisa dua hari sekali, ataupun sehari sekali.

Itu beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menekan tagihan listrik atau pembelian pulsa listrik di rumah supaya tak terlalu membengkak. Memang tak begitu berpengaruh secara drastis, tapi bukankah mengurangi lebih baik daripada tidak sama sekali, iya gak?

Baca Juga: 10 Tanaman Ini Bisa Bantu Ademkan Ruanganmu, Hemat Listrik Deh!

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Penikmat kopi saset an punya satu IG yang sunyi di @budinyi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You