Comscore Tracker

5 Cara Keliru Meyakinkan Orangtua untuk Merestui Hubungan Asmaramu

Jangan malah ngotot, guys!

Membahas soal hubungan asmara dan restu orangtua nampaknya akan selalu ada aja kasus dimana terjadi perbedaan pendapat antara anak dan orangtua ya. Gak jarang, restu pun begitu sulit didapat dan bahkan terkesan dilarang. Hambatan dan rintangan seperti ini, herannya justru jadi alasan bagi sang anak untuk semakin membangkang dan menentang orangtuanya.

Saat susah mendapat restu, kita memang seringkali merasa bahwa hal itu adalah sebuah cobaan dalam hubungan. Namun, bukan berarti kita harus menyikapinya dengan cara yang ekstrim atau keliru ya, guys. Ini nih beberapa cara keliru yang harus kita hindari saat menghadapi orangtua yang belum memberi restu pada hubungan kita.

1. Ngotot dan gak mau mendengar

5 Cara Keliru Meyakinkan Orangtua untuk Merestui Hubungan Asmaramuunsplash.com/Andrei Ianovskii

Gak cuma dalam menghadapi kendala restu orangtua aja, zaman sekarang kita sudah jadi semakin familiar dengan kesalahan yang satu ini. Yaitu kurangnya keinginan untuk mendengar. Kita lebih suka didengar tapi gak mau menempatkan diri sebagai pendengar. Alhasil, kesalahpahaman pasti lebih sering terjadi.

2. Melakukan pembangkangan dengan sengaja

5 Cara Keliru Meyakinkan Orangtua untuk Merestui Hubungan Asmaramuunsplash.com/Yogendra Singh

Ego manusia memang seringkali mengarahkan kita pada sesuatu yang keliru. Salah satunya adalah justru sengaja memancing amarah orang lain ketika apa yang kita inginkan belum berhasil kita dapatkan. Sengaja melakukan pembangkangan dan pemberontakan pada orangtua yang belum memberi restu sebenarnya hanyalah perbuatan yang sia-sia dan malah mengundang masalah.

Kekanakan-kanakan banget kan kalau kita malah melakukan pemberontakan seperti kabur dari rumah sementara sejatinya semua bisa dibicarakan baik-baik dan dari hati ke hati.

3. Hanya melihat dari sudut pandangmu

5 Cara Keliru Meyakinkan Orangtua untuk Merestui Hubungan Asmaramuunsplash.com/Alex Perri

Kekeliruan berikutnya adalah melihat semua hal dari sudut pandangmu aja. Kamu gak mau tau soal pendapat orang lain termasuk orangtuamu. Kamu gak peduli bahkan jika apa yang mereka katakan itu ada benarnya. Kamu ngotot dan mati-matian meminta restu dengan cara yang keliru. Sampai kapan mau begini, guys?

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Merasa Tidak Dicintai Orangtua, Jangan Abaikan!

4. Selalu menjelaskan dengan emosi

5 Cara Keliru Meyakinkan Orangtua untuk Merestui Hubungan Asmaramuunsplash.com/Thomas Drouault

Kesalahan lain yang harus dihindari saat mendiskusikan soal hubungan asmaramu kepada orangtua adalah menjelaskan segala hal dengan emosi. Kamu begitu frustasi dan putus asa sehingga menurutkan emosi dalam menjabarkan hubunganmu saat ini. Kalau begini sih, orangtuamu jadi semakin gak yakin kan.

5. Selalu berprasangka buruk terhadap orangtuamu

5 Cara Keliru Meyakinkan Orangtua untuk Merestui Hubungan Asmaramuunsplash.com/Some Tale

Gak sedikit juga nih orang-orang yang belum mendapat restu dari orangtuanya justru malah berprasangka buruk dan menganggap keputusan orangtuanya itu diambil tanpa dasar. Padahal, bisa jadi semua itu karena dia begitu sayang dan ingin yang terbaik untukmu. Daripada sibuk berprasangka, lebih baik luangkan waktu untuk duduk bersama dan membicarakan semuanya dengan santai dan emosi yang tetap terjaga.

Mendapat restu memang jadi kendala yang dihadapi beberapa pasangan. Cara mengatasinya pun sebenarnya berbeda-beda tergantung dengan karakter dan sifat orangtuamu masing-masing. Yang penting, jangan sampai kita malah melakukan 5 kekeliruan yang tadi sudah disebutkan di atas ya. Siap, guys?

Baca Juga: 6 Hal Seru Punya Orangtua Berzodiak Libra, Bisa Jadi Teman dan Santuy

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya