Comscore Tracker

5 Solusi agar Kamu Tetap Bahagia saat Tinggal Serumah dengan Mertua

Bersabar dan selalu positive thinking, ya!

Setelah menikah, tentu gak semua pasangan bisa langsung punya rumah sendiri. Ada beberapa yang harus tinggal di rumah orangtua atau mertua demi bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah terlebih dahulu. Dengan begitu, nantinya bisa punya rumah sendiri dengan keluarga kecil yang dimiliki.

Meski begitu, tinggal di rumah mertua nyatanya memang gak selalu seindah yang dibayangkan. Perbedaan kebiasaan dan proses adaptasi yang harus dilalui hingga menjadikan kita merasa canggung atau bahkan terlibat kesalahpahaman. Agar hal ini gak terjadi dan kita bisa tetap bahagia meskipun serumah dengan mertua, yuk, coba lima tips berikut. 

1. Siapkan diri sejak awal

5 Solusi agar Kamu Tetap Bahagia saat Tinggal Serumah dengan Mertuailustrasi orang berpikir (Pexels.com/Ana Ferreira)

Sebelum menikah, tentu perkara akan tinggal di mana nantinya ini sudah dibahas jauh-jauh hari, kan? Jangan sampai kamu merasa ditipu karena mengira akan disediakan rumah sendiri oleh pasanganmu. Kesepakatan soal rumah ini menjadi salah satu bahasan yang wajib dibahas sebab bisa menimbulkan konflik yang cukup besar.

Jadi, ketika sudah diputuskan bahwa nantinya kamu akan tinggal dengan mertua, persiapkan dirimu sejak awal. Sebab, bagaimanapun juga akan ada beberapa perbedaan yang kamu rasakan dibanding di rumah sendiri. 

2. Anggap mertua seperti orangtua sendiri

5 Solusi agar Kamu Tetap Bahagia saat Tinggal Serumah dengan Mertuailustrasi orang peduli (Pexels.com/cottonbro)

Meski sulit dan memang terasa canggung, cobalah untuk terus menganggap mertua seperti orangtuamu sendiri. Lambat laun, ini akan memunculkan rasa nyaman yang bikin kamu gak lagi merasa terbebani. Seiring berjalannya waktu, kamu juga jadi lebih mengenal mertuamu dengan baik.

Seperti layaknya manusia pada umumnya, mertua juga punya kelebihan dan kekurangan yang harus bisa kita terima. Seperti juga kekurangan orangtua kita yang bisa kita maklumi, kekurangan mertua juga sudah semestinya bisa kita anggap sebagai sesuatu yang wajar. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Calon Mertua Membatalkan Restunya, Hilang Respect!

3. Menurunkan ekspektasi bahwa mertua akan menerima kamu apa adanya

5 Solusi agar Kamu Tetap Bahagia saat Tinggal Serumah dengan Mertuailustrasi kumpul keluarga (Pexels.com/Alexy Almond)

Sering kali, kita mudah dikecewakan bukan oleh orang lain namun oleh ekspektasi kita sendiri. Harapan yang terlalu tinggi bahwa mertua akan selalu menyukai apa yang kita lakukan justru mendatangkan rasa kecewa ketika respons mereka ternyata gak demikian. Apalagi jika kita berusaha terlalu keras dan berharap terlalu tinggi.

Cukup berbuat baik dan gak usah berharap terlalu banyak. Jadilah dirimu apa adanya dengan versi yang lebih baik. Kemudian, jika respons mertua ternyata biasa aja, kita juga cukup bersikap biasa aja. 

4. Menganggap proses adaptasi sebagai sesuatu yang menyenangkan

5 Solusi agar Kamu Tetap Bahagia saat Tinggal Serumah dengan Mertuailustrasi hidup bertetangga (Pexels.com/Pacel Danilyuk)

Menikah bukan hanya menjadikan kamu terhubung dengan pasangan, tapi juga dengan keluarganya. Sementara, setiap orang tentu memiliki karakter masing-masing yang mungkin pada awalnya agak susah ditebak. Namun percayalah, lambat laun kamu akan mengenal mertuamu dengan lebih baik.

Yang terpenting adalah jangan menganggap proses adaptasi tersebut sebagai sesuatu yang sulit. Justru atur mindset-mu agar melihat semuanya sebagai hal yang menyenangkan dan positif. 

5. Sering berkomunikasi dengan pasangan soal kendala yang dihadapi

5 Solusi agar Kamu Tetap Bahagia saat Tinggal Serumah dengan Mertuailustrasi pasangan ngobrol (Pexels.com/Bethany Ferr)

Pasanganmu adalah orang yang paling harus tau jika memang kamu mengalami kesulitan dalam beradaptasi di rumah orangtuanya. Baginya, mungkin kamu terlihat nyaman-nyaman aja jika gak menceritakan apa yang sebenarnya kamu rasakan. Jadi, agar bebanmu berkurang, selalu komunikasikan hal tersebut padanya.

Bagaimanapun juga, dia adalah orang yang saat ini sudah menjadi bagian dari dirimu. Biasakan untuk selalu memiliki komunikasi yang baik dengan pasanganmu, ya.

Rumah mertua bisa jadi terasa asing dan bikin gak nyaman. Jika kamu memaksakan diri untuk bertahan tanpa melakukan usaha apa pun, bisa-bisa yang terjadi justru kamu tambah gak nyaman dan gak betah. Minimal, lakukan lima usaha di atas agar bisa bahagia meski masih tinggal di rumah mertua. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Hal yang Diam-diam Diharapkan Mertua dari Menantunya, Sudah Tahu?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya