Comscore Tracker

5 Ide Nama Baptis dari Keluarga Djaduk Ferianto, Maknanya Dalam Sekali

Ada kisah inspiratif dari Santo dan Santa di baliknya

Mendiang Djaduk Ferianto adalah seorang pemeluk agama Katolik. Seniman yang wafat pada Rabu (13/11) pagi ini memiliki lima orang anak, masing-masing memiliki nama baptis yang sarat makna. Berikut kisah inspiratif di balik nama baptis Djaduk dan anak-anaknya.

1. Gregorius

5 Ide Nama Baptis dari Keluarga Djaduk Ferianto, Maknanya Dalam SekaliInstagram.com/djaduk

Djaduk memiliki nama lengkap Gregorius Djaduk Ferianto. Nama baptisnya yaitu “Gregorius” terinspirasi dari sosok Santo Gregorius atau yang lebih dikenal sebagai Gregorius Agung.

Gregorius dinobatkan sebagai Paus Gereja Katolik Roma di penghujung abad ke-6. Bergelar Doktor, ia adalah paus pertama yang berlatar belakang biarawan.

Tulisan-tulisan karya Gregorius juga sangat dikenal, salah satunya yang berjudul ‘Dialog-dialog’. Berkat karya ini, nama Gregorius dalam teks Gereja Ortodoks jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi Gregorius Dialogus.

2. Karola

5 Ide Nama Baptis dari Keluarga Djaduk Ferianto, Maknanya Dalam SekaliInstagram.com/djaduk

Anak kedua Djaduk Ferianto yang bernama Ratu Hening memiliki nama baptis “Karola”. Nama ini kemungkinan dimodifikasi dari Clara, yang terinspirasi dari sosok Santa Clara.

Clara dinobatkan sebagai santa oleh Gereja Katolik Roma berkat keberaniannya mengusir pasukan musuh yang berencana melancarkan serangan di sekitar gereja. Clara adalah seorang keturunan bangsawan dari Asisi, Italia.

3. Gallus

5 Ide Nama Baptis dari Keluarga Djaduk Ferianto, Maknanya Dalam SekaliInstagram.com/djaduk

Satu-satunya anak lelaki Djaduk bernama Gallus Presiden Dewagana. “Gallus” adalah nama baptis yang terinspirasi dari sosok Santo Gallus, seorang martir kenamaan asal Irlandia yang menjadi seorang misionaris Eropa.

Gallus mendalami ilmu-ilmu klasik dan mendirikan sebuah biara pertapaan. Berkat kiprahnya, Gallus diakui sebagai rasul pertama di Swiss pada akhir abad ke-6.

Baca Juga: 7 Inspirasi Nama Jawa-Sansekerta dari Keluarga Besar Djaduk Ferianto

4. Kandida

5 Ide Nama Baptis dari Keluarga Djaduk Ferianto, Maknanya Dalam SekaliInstagram.com/djaduk

Kandida Rani Nyaribunyi, anak keempat Djaduk Ferianto ini menggunakan nama baptis “Kandida”. Ada kisah inspiratif di balik nama ini, perjalanan hidup seorang santa di Italia pada abad pertama.

Candida dibaptis oleh Santo Petrus di Napoli, Italia setelah mendapat mukjizat kesembuhan dari penyakit menahun yang menjangkitinya. Santa Candida juga dijuluki sebagai Candida the Elder.

5. Eugenia

5 Ide Nama Baptis dari Keluarga Djaduk Ferianto, Maknanya Dalam SekaliInstagram.com/djaduk

Anak bungsu Djaduk Ferianto yang bernama Rajane Tetabuhan memiliki nama baptis “Eugenia”. Eugenia adalah seorang perempuan asal Aleksandria yang berjuang tetap mempertahankan identitas kekristenannya di tengah keluarga yang menentang ajaran Kristen.

Eugenia kemudian melarikan diri dan meminta bantuan pada salah seorang uskup di Aleksandria. Ia kemudian mendalami ajaran Kristen dan meninggal sebagai seorang martir atau pemuka agama.

6. Nama baptis biasanya dipilih dari sosok Santa dan Santo

5 Ide Nama Baptis dari Keluarga Djaduk Ferianto, Maknanya Dalam Sekalifreepik/fabrikasimf

Pemberian nama baptis bisa dilakukan saat seorang anak masih bayi, atau nanti saat ia sudah beranjak dewasa. Jika pembaptisan dilakukan saat bayi, nama dipilihkan oleh orangtua. Berbeda ketika sang anak menjalani baptis dewasa, mereka bisa memilih nama baptisnya sendiri.

Nama baptis kebanyakan terinspirasi dari nama Rasul, Santa dan Santo, martir yang menyebarkan ajaran agama Katolik atau orang kudus yang diangkat oleh gereja.

Bagi kamu yang beragama Katolik, share yuk kisah inspiratif di balik nama baptismu.

Baca Juga: Arti Nama 5 Anak Mendiang Djaduk Ferianto, Paduan Jawa dan Sansekerta

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You