Comscore Tracker

10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang Tua

Bisa menurunkan risiko depresi pada ibu

Memijat adalah salah satu cara memberi stimulasi positif pada tubuh lewat sentuhan. Gak hanya orang dewasa, pijat juga bagus untuk anak dan bayi. Bahkan bisa dilakukan sejak usia tiga bulan pertama pasca kelahiran.

Pijatan lembut pada tubuh si kecil memberikan efek relaks dan menghasilkan kombinasi stimulasi yang baik untuk merangsang pertumbuhannya. Selain itu, pijat bayi juga punya banyak manfaat positif buat orang tua, lho.

Jangan khawatir, kali ini IDN Times akan mengulas mengenai manfaat pijat bayi yang sangat berguna khususnya untuk orang tua. Penasaran seperti apa, simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Menurunkan hormon stres pada bayi

10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang TuaPexels/Isaac Taylor

Gerakan lembut pada tubuh bayi memberikan stimulasi pada sistem saraf pusat untuk lebih banyak memproduksi hormon serotonin, sekaligus menurunkan kadar kortisol yang disebut juga sebagai hormon stres.

2. Si kecil jadi gak mudah rewel

10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang Tuafreepik/Freepik

Pijatan yang dilakukan secara rutin pada bayi akan membuatnya lebih relaks. Si kecil jadi gak mudah rewel, tubuhnya terasa nyaman sepanjang hari.

3. Kualitas tidur jadi lebih baik

10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang Tuafreepik/jcomp

Dengan tubuh yang relaks, kualitas tidur si kecil pun jadi lebih baik. Apalagi untuk bayi berusia 0-3 bulan yang memiliki jam tidur panjang.

4. Merangsang perkembangan daya tahan tubuh bayi

10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang Tuafreepik/fabrikasimf

Pijatan lembut pada tubuh si kecil juga berfungsi melancarkan peredaran darah, sekaligus merangsang perkembangan sistem imunnya. Lancarnya sirkulasi darah memengaruhi produksi sel-sel penyusunnya, termasuk sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

5. Mengoptimalkan fungsi indera

10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang Tuafreepik/nagaets

Pijatan pada bayi bisa dilakukan oleh perawat, petugas kesehatan, atau orang tua sendiri. Saat usia bayi masih sangat kecil, pijatan sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis yang lebih memahami teknik-tekniknya.

Selanjutnya orang tua bisa mengikuti teknik tersebut, atau menambah pengetahuan degan mengikuti pelatihan. Pijatan yang dilakukan sendiri oleh orang tua lebih banyak manfaatnya, lho termasuk mengoptimalkan fungsi indera si kecil.

Rabaan pada tubuh melatih fungsi motorik si kecil. Kontak mata yang terjadi dengan orang tua bagus untuk melatih indera penglihatannya. Ajak juga si kecil berbicara meski ia belum bisa menyahut, karena kegiatan ini bisa melatih fungsi indera pendengarannya.

Baca Juga: 7 Resep MPASI untuk Bayi di Atas 6 Bulan, Mudah Dibuat dan Lebih Sehat

6. Memperkuat otot bayi

10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang Tuafreepik/fabrikasimf

Pijatan juga membantu mesntimulasi otot-otot si kecil. Fokuskan pijatan pada organ geraknya seperti kaki dan tangan, lalu bagian punggung serta leher untuk merangsang kekuatan ototnya.

7. Melancarkan pencernaan si kecil

10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang Tuafreepik/tharwatali

Manfaat lain pijat bayi yang gak kalah penting adalah membantu melancarkan sistem pencernaan. Pijatan lembut di area perut bisa menurunkan risiko kembung dan kolik pada pencernaan si kecil.

8. Menurunkan risiko depresi pasca persalinan

10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang Tuafreepik/jcomp

Selain pada bayi, ternyata kegiatan memijat ini juga punya manfaat baik bagi ibu. Banyak wanita yang mengalami tekanan mental pasca persalinan, atau sering disebut baby blues.

Banyak melakukan sentuhan dan kontak mata dengan si kecil merangsang produksi hormon oksitosin pada ibu. Kadar kortisol dalam otak pun menurun secara signifikan, sehingga tubuh ibu lebih relaks dan memunculkan suasana hati yang positif.

9. Meningkatkan produksi ASI ibu

10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang Tuafreepik/snivpetro

Jika kondisi ibu relaks dan bahagia, produksi ASI dijamin melimpah. ASI mengandung nutrisi penting alami bagi si kecil, apalagi di usia enam bulan pertama.

10. Mempererat bonding orang tua dan anak

10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang Tuafreepik/andriimedvediuk

Gak cuma buat ibu, ayah pun akan mendapat manfaat tak terduga dari kegiatan memijat bayi. Kontak fisik bisa dijadikan media mempererat bonding antara orangtua dengan si kecil.

Itu dia beberapa manfaat pijat bayi yang bisa kamu terapkan sendiri di rumah. Buat kamu yang sedang asyik-asyiknya menikmati peran baru sebagai orang tua, coba rutin melakukan pijat bayi, yuk. Sepuluh manfaat baik di atas sayang sekali untuk dilewatkan, kan?

Baca Juga: 7 Langkah Pijat Wajah ala Meghan Markle, Kulit Kencang nan Terawat

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya