Comscore Tracker

Kamu Belajar 5 Hal Ini Saat Tinggal Bareng Mertua, Gak Melulu Nyeremin

Banyak juga sisi positifnya, lho

Banyak orang bilang, pasangan suami-istri sebaiknya segera mencari tempat tinggal sendiri setelah menikah. Jangan lagi tinggal serumah dengan orangtua dan mertua agar bisa berlatih mandiri. Tapi di balik saran bijak itu, tersimpan anggapan negatif tentang sosok mertua. Sangar, gak bersahabat, hingga gemar mencampuri urusan rumah tangga anaknya. Apalagi buat para menantu perempuan nih, pasti sering kan mendengar mitos tadi?

Padahal gak seburuk itu lho, 5 pelajaran hidup ini akan kamu dapatkan jika tinggal serumah dengan mertua. 

1. Mengenal pasangan lebih dalam lewat pola asuh mertua

Kamu Belajar 5 Hal Ini Saat Tinggal Bareng Mertua, Gak Melulu NyereminImdb.com/Warner Bros. Pictures

Setelah menikah bukan berarti proses memahami pasangan jadi lebih mudah. Justru tantangan makin banyak, menghadapinya setiap hari dengan segala kejutan yang belum kamu temui semasa pacaran.

Dengan tinggal bersama mertua, kamu akan melihat kebiasaan yang diterapkan di rumah ini sejak dulu. Pola asuh mertua memengaruhi kepribadian dan sikap pasanganmu. Barangkali dengan mengamatinya secara langsung kamu bisa lebih maklum.

Baca Juga: 6 Sikap Bijak dan Cerdas Menghadapi Mertua Toksik, Berani Coba?

2. Mendapat perspektif baru tentang hidup berumah tangga

Kamu Belajar 5 Hal Ini Saat Tinggal Bareng Mertua, Gak Melulu NyereminImdb.com/Warner Bros

Saat mempersiapkan pernikahan, kamu secara otomatis akan mengamati hubungan orang lain. Mencari gambaran singkat tentang hidup berumah tangga dari pasangan lain.

Tiap pasangan memiliki versinya masing-masing, begitu juga dengan ayah ibu mertua. Maka tinggal serumah dengan beliau akan memberi perpektif baru buatmu. Ada pelajaran yang bisa dipetik dan berguna untuk rumah tanggamu sendiri.

3. Melatihmu bersikap dewasa dan lebih bijaksana

Kamu Belajar 5 Hal Ini Saat Tinggal Bareng Mertua, Gak Melulu NyereminImdb.com/Eric McCandless/Freeform

Kamu memang sudah sah jadi menantu, menikah dengan anak beliau, tapi mertua bukanlah orangtua kandung yang bisa seketika memahami segala tingkahmu. Justru momen ini jadi peluang untuk melatihmu bersikap lebih dewasa dan bijak.

Jangan langsung beranggapan negatif ketika nantinya terjadi selisih paham. Karena tak kenal maka tak sayang. Semakin kalian bisa saling mengenal satu sama lain, hubungan harmonis menantu-mertua bukan lagi omong kosong belaka.

4. Mempererat hubungan dengan mertua

Kamu Belajar 5 Hal Ini Saat Tinggal Bareng Mertua, Gak Melulu Nyereminimdb.com

Sering terjadi nih di kehidupan nyata, ingin memiliki anaknya tapi gak mau terlalu dekat dengan mertua. Padahal jauh sebelum bertemu kamu, mertua lah yang merawat dan membesarkan pasanganmu.

Ambil sisi positifnya, tinggal serumah dengan mertua bisa mempererat hubungan kalian. Kamu jadi makin mengenal beliau, lebih mudah menghargai setiap pilihannya.

5. Bersyukur masih diberi kesempatan menabung untuk rencana jangka panjang

Kamu Belajar 5 Hal Ini Saat Tinggal Bareng Mertua, Gak Melulu NyereminUnsplash/Sharon McCutcheon

Gak bisa dimungkiri biaya hidup kini makin tinggi. Jika kamu menunggu punya rumah, kendaraan dan barang-barang lainnya sebelum menikah, bayangkan harus makan waktu berapa lama?

Makanya, masih tinggal bareng orangtua atau mertua bukanlah suatu kesalahan. Justru harus disyukuri, mungkin ini kesempatan buatmu dan pasangan bisa menabung lebih lama. Kelak kalau sudah cukup, kalian bisa membeli tempat tinggal impian sendiri.

Maka jangan dikira menikah itu mudah. Tapi sekali kamu mantap melangkah, hadapi segala tantangannya dengan pikiran jernih dan hati dingin.

Tips tinggal bareng mertua sudah dibahas, calonnya sendiri sudah ada belum nih?

Baca Juga: Biar Lancar, Ini 7 Tips Bicara ke Calon Mertua untuk Melamar Kekasih

Topic:

  • Pinka Wima
  • Elfida

Berita Terkini Lainnya