Comscore Tracker

10 Dekor Rumah Bergaya Midcentury Modern untuk Pecinta Barang Antik

Perpaduan klasik dan modern 

Pertama kali muncul di tahun 2015, tren dekorasi ala midcentury modern ternyata masih dicintai hingga sekarang. Konsepnya adalah membangkitkan kembali desain-desain interior khas tahun 1950an, tetapi diberi sentuhan gaya kontemporer. Lebih jelasnya, gulir saja ke bawah sambil melihat contoh dekorasi yang lagi tren tersebut. 

1. Pintu daun tunggal yang dilengkapi jendela panjang 

10 Dekor Rumah Bergaya Midcentury Modern untuk Pecinta Barang Antikchasedaniel.co

Model pintu utama yang khas tahun 1950an. Di desain ini, pintu kayu yang biasanya dibiarkan dengan finishing alami dicat dengan warna mint dan dipadu dengan rangka alumunium yang modern. Ada pembatas di bagian sampingnya yang berbahan concrete, jadi lebih industrial. 

2. Perabot-perabot lama yang di-refurbish  

10 Dekor Rumah Bergaya Midcentury Modern untuk Pecinta Barang Antikinstagram.com/lonnymag

Bukan cuma desain lawasnya yang ditiru, gak sedikit perabot midcentury modern yang merupakan hasil refurbish perabot lawas asli. Misal rangka kayu sofa ini masih kuat, maka tinggal diganti busa dan cover pada bagian bantalan dan sandarannya.

3. Lantai corak yang vintage  

10 Dekor Rumah Bergaya Midcentury Modern untuk Pecinta Barang Antikinstagram.com/iiiiiiiiiisla

Selain palet kayu, bagian lantai pada bangunan berkonsep midcentury modern bisa mempertahankan lantai corak atau terrazzo. Kesannya langsung vintage, sempurna saat disandingkan denga perabot hasil refurbish. 

4. Partisi kaca dengan tekstur 

10 Dekor Rumah Bergaya Midcentury Modern untuk Pecinta Barang Antikmixandchic.com

Ciri lain dari gaya midcentury adalah keberadaan partisi kaca yang bertekstur. Tentu tujuannya untuk menyamarkan apa yang ada di balik kaca alias privasi. Tidak hanya tekstur garis vertikal seperti ini, ada banyak macam tekstur yang bisa dicoba untuk partisi kaca. 

5. Rug dan panel kayu  

10 Dekor Rumah Bergaya Midcentury Modern untuk Pecinta Barang Antikarchitecturaldigest.com

Cara lain untuk mewujudkan dekor midcentury modern adalah menambahkan tekstur di ruangan. Bisa dengan panel pada dinding dan penempatan rug di tengah ruangan. Seperti salah satu ruangan di rumah aktris Dakota Johnson di atas.

Baca Juga: 10 Ide Dekorasi Ruangan Menggunakan Wire Grid, Kekinian Banget!

6. Penggunaan bahan terracotta

10 Dekor Rumah Bergaya Midcentury Modern untuk Pecinta Barang Antiknytimes.com

Senada dengan rumah Dakota Johnson sebelumnya, ruang tamu yang satu ini memberikan kesan lawas yang juga kekinian dalam satu waktu. Tidak hanya dari lantai kayunya, tetapi juga dinding bata dan paving block-nya yang senada. Tak lupa kursi jadulnya yang menawan. 

7. Tekstur kayu pakai lisplang  

10 Dekor Rumah Bergaya Midcentury Modern untuk Pecinta Barang Antikthespruce.com

Tidak harus dalam bentuk panel dinding, tekstur ala midcentury bisa kamu wujudkan lewat lisplang kayu yang membatasi plafon dan dinding. Menarik nih idenya. Perabot jadul dan lisplang yang terpasang seakan saling melengkapi satu sama lain. Triknya bisa dengan menyeragamkan warna finishing-nya.  

8. Perabot antik yang menemukan rumah baru 

10 Dekor Rumah Bergaya Midcentury Modern untuk Pecinta Barang Antikdreamgreendiy.com

Perabot dengan warna dan bentuk seperti ini mulai ditinggalkan. Tergantikan dengan perabot dari kayu pinus yang terang. Barang antik mulai terpinggirkan, gak jarang produsennya melirik pasar luar negeri yang memang sedang gemar dengan perabot bergaya midcentury seperti ini. Jika kamu penggemar barang antik, hidupkan kembali lewat tema dekorasi yang satu ini. 

9. Ornamen lawas sebagai sentuhan akhir 

10 Dekor Rumah Bergaya Midcentury Modern untuk Pecinta Barang Antiklittlegoldpixel.com

Selain perabot antik yang ukurannya besar, tema midcentury modern bisa diperkuat melalui penempatan komplemen tambahan berupa vintage art print yang diwadahi pigura jadul seperti contoh sebelumnya. Atau jam dinding kayu yang super klasik ini. Kalau ada televisi dan radio jadul yang masih layak pajang, boleh juga lho dijadikan sentuhan akhir. 

10. Keramik polos untuk dapur ala midcentury modern  

10 Dekor Rumah Bergaya Midcentury Modern untuk Pecinta Barang Antikinternityhome.pl

Tanpa kita sadari sebenarnya dapur-dapur lawas banyak yang menggunakan keramik polos lho untuk backsplash-nya. Barulah di tahun 2000an banyak produsen yang menciptakan keramik bercorak meriah. Seakan mengulangi siklus, tren keramik polos pun kembali. Tambahan stool lawasnya juga melengkapi tema midcentury modern di dapur tersebut. 

Dekor midcentury modern ini cocok buat para pecinta perabot klasik yang tetap ingin ruangannya ringkas dan minimalis. Selamat membedah rumah.

Baca Juga: 11 Jenis Aglonema Pilihan Cantik untuk Dekorasi Ruangan

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya