Comscore Tracker

5 Cara untuk Membuat Hubunganmu dengan Anak Semakin Dekat

Orang tua wajib lakukan ini!

Menjadi orangtua tidak semudah seperti yang dibayangkan. Terkadang, orangtua bisa saja salah dalam mendidik anak. Salah satu yang kerap terjadi adalah menuntut anak untuk mengikuti semua yang diinginkan orangtua.

Hal itu karena orangtua selalu merasa semua keputusan yang dipilih sudah baik. Padahal, semua keputusan itu belum tentu yang terbaik menurut si anak. Sehingga, hubungan antara orangtua dengan anak akan semakin memburuk. Alih-alih membuat hubungan dengan anak semakin dekat, justru malah membuat hubungan tersebut semakin menjauh.

Kalau sudah begini, orangtua harus melakukan berbagai cara untuk membuat hubungan antara orangtua dengan anak kembali dekat. Nah, berikut ini ada 5 cara yang bisa kamu terapkan agar hubunganmu dengan anak bisa kembali dekat dan semakin dekat.

1. Pahami pilihan anak

5 Cara untuk Membuat Hubunganmu dengan Anak Semakin DekatUnsplash/Jonathan Daniels

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami pilihan anak. Kamu perlu tahu bahwa anak-anak tidak harus memiliki pilihan yang sama dengan orangtuanya. Hal itu karena suatu ketika anak pasti akan mempunyai pilihan sendiri yang menurutnya itu terbaik untuk dirinya.

Maka dari itu, cobalah untuk memahami perspektif anak ketika ia memiliki pilihan yang berbeda. Jika kamu tidak setuju, cobalah untuk merundingkan bersama dan tanyakan apa alasannya atas pilihan tersebut. Hal ini bisa membuat hubunganmu dengan anak menjadi lebih baik.

2. Luangkan waktu untuk berbagi cerita

5 Cara untuk Membuat Hubunganmu dengan Anak Semakin DekatPexels/Daria Shevtsova

Kesibukan dalam bekerja terkadang membuat orangtua melupakan waktu bersama anak. Padahal, anak selalu ingin memiliki waktu bersama orangtuanya untuk berbagi cerita tentang apa yang dialaminya.

Untuk itu, cobalah meluangkan sejenak waktumu untuk berbagi cerita dengan anak. Komunikasi seperti ini sangat efektif dalam menjaga hubungan antara orangtua dengan anak. Selain itu, berkomunikasi dengan anak bisa membantu pembentukan moral anak menjadi lebih baik saat ia tumbuh dewasa.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Anak Laki-laki Lebih Dekat dengan Ibu

3. Carilah kegiatan untuk menghabiskan waktu bersama anak

5 Cara untuk Membuat Hubunganmu dengan Anak Semakin DekatUnsplash/Jessica Rockowitz

Sesekali, ciptakanlah quality time bersama anak dengan melakukan berbagai kegiatan bersama. Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seperti berolahraga, mengajak anak bersih-bersih rumah, jalan-jalan dan menonton film. Kamu bisa juga mengajak anak untuk berlibur dengan mengunjungi rumah saudara, karena hal ini juga termasuk bermanfaat untuk menjalin ikatan keluarga yang lebih baik.

4. Jadilah orangtua yang fleksibel

5 Cara untuk Membuat Hubunganmu dengan Anak Semakin DekatUnsplah/Jordan Witt

Menjadi orangtua memiliki peran ganda dalam tumbuh kembang anak. Terkadang, orangtua juga harus bisa berperan menjadi teman anak untuk mendengarkan semua keluh kesah atas apa yang sedang dialaminya. Tidak hanya mendengarkan, orangtua juga harus bisa memberikan solusi atas masalah yang sedang dihadapi anak.

Karena, ketika anak bercerita kepada orangtua, saat itulah ia sedang berusaha mencari solusi. Untuk itu, jadilah orangtua yang fleksibel agar hubunganmu dengan anak bisa selalu dekat.

5. Terima kepribadian anak

5 Cara untuk Membuat Hubunganmu dengan Anak Semakin DekatUnsplah/Xavier Mouton Photographie

Pentung sekali untuk kamu pahami bahwa anak dan orangtua tetaplah menjadi orang yang punya kepribadian tidak sama. Misalnya, jika kamu adalah orang yang pendiam, bisa saja anak memiliki kepribadian yang sosialnya cukup tinggi dan suka berbicara.

Kamu tidak harus menuntut anak untuk memiliki kepribadian yang sama denganmu. Menghargai atas apa yang ada dalam diri anak apa adanya adalah cara terbaik untuk menjaga hubungan antara orangtua dan anak tetap baik.

Nah, itu dia 5 cara yang bisa kamu terapkan agar hubunganmu dengan anak bisa lebih dekat. Sebagai orangtua, harus punya cara efektif dalam mendidik anak. Apakah kamu sudah melakukannya?

Baca Juga: 5 Perbedaan Pola Asuh Orangtua Millennial Vs Orangtua Baby Boomers

Eko Saputro Photo Verified Writer Eko Saputro

blog 1 : www.jejak-kenzie.blogspot.com (Jejak Kenzie) 《¤》 blog 2 : www.ekosaputro.my.id 《¤》 blog 3 : www.wartatrip.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya