Comscore Tracker

5 Buku tentang Parenting yang Wajib Dibaca Sebelum Berkeluarga 

Sudah siap menjadi calon orangtua?

Membangun rumah tangga bukanlah perkara mudah. Apalagi jika kamu berniat untuk memiliki anak. Membesarkan anak juga tidak semudah kelihatannya. Dibutuhkan persiapan yang tidak sedikit, salah satunya dengan membekali diri dengan pengetahuan mengenai parenting yang baik.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kamu membaca banyak buku berisi parenting sebelum menikah dan berkeluarga. Buku-buku ini tentunya akan memudahkanmu dalam menghadapi kelahiran anak pertama. Kira-kira buku apa saja sih yang bisa kamu baca, simak kelima rekomendasi buku berikut ini, ya.

1. A Life’s Work: On Becoming a Mother - Rachel Cusk 

5 Buku tentang Parenting yang Wajib Dibaca Sebelum Berkeluarga Buku A Life's Work oleh Rachel Cusk (dok. Goodreads.com)

Buku yang diterbitkan pada tahun 2001 ini berisi tentang memoir Rachel Cusk selaku penulis sebagai seorang ibu. Buku ini membahas bagaimana kehidupan Rachel sangat berbeda setelah ia menjadi seorang ibu. Ia menuliskan pengalamannya secara jujur bagaimana ia mengatasi ketakutan ketika akan melahirkan untuk pertama kalinya.

A Life’s Work juga memiliki banyak bab yang membahas tentang persiapan untuk menjadi seorang ibu sampai dengan menyusui. Bahkan hal-hal tabu seperti masalah mental pasca melahirkan sampai baby blues juga dikulik dalam buku ini.

2. The Happiest Baby on the Block - Harvey Karp 

5 Buku tentang Parenting yang Wajib Dibaca Sebelum Berkeluarga Buku The Happiest Baby on the Block oleh Harvey Karp (dok. happiestbaby.com)

Salah satu perubahan signifikan yang dialami oleh orangtua ketika baru memiliki anak adalah jam tidur yang berantakan. Tentunya para orangtua harus siap sedia ketika bayi mereka terbangun saat tengah malam. Beruntung buku yang ditulis Harvey Karp ini membahas permasalahan tersebut.

The Happiest Baby on the Block yang dirilis pada tahun 2002 lalu ini membahas tentang bagaimana caranya menenangkan bayi. Ada banyak metode yang bisa kamu praktikkan untuk mengatasi agar bayi tidak rewel. Buku ini juga membantumu untuk mengatasi permasalahan kurang tidur yang seringkali dimiliki oleh para calon orangtua.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Self Healing ala Idol KPop, Ada dari Sungjin DAY6!

3. Lactivate! A User’s Guide To Breastfeeding - Jill Krause 

5 Buku tentang Parenting yang Wajib Dibaca Sebelum Berkeluarga Buku Lactivate! oleh Jill Krause (dok. Goodreads.com)

Banyak para ibu yang belum mengetahui cara menyusui yang baik bagi anaknya maupun dirinya sendiri. Buku yang ditulis oleh Jill Krause ini berisi tentang semua hal mengenai asi dan program menyusui. Terlebih lagi buku ini juga disunting oleh konsultan laktasi sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang metode yang dituliskan.
Tidak hanya membahas tentang menyusui secara langsung.

Lactivate! A User’s Guide to Breastfeeding juga menjelaskan tentang berbagai alternatif menyusui yang bisa kamu lakukan. Salah satunya yaitu penggunaan pompa asi dan juga menyiapkan persediaan asi ketika akan bepergian.

4. The Wonder Weeks - Hetty van de Ritj & Frans X. Plooij 

5 Buku tentang Parenting yang Wajib Dibaca Sebelum Berkeluarga Buku The Wonder Weeks oleh Hetty van de Ritj (dok. thewonderweeks.com)

Membesarkan anak memang membutuhkan kesabaran ekstra. Terkadang orangtua dihadapkan dengan anaknya yang sering rewel. Nah, buku ini berisi mengenai jawaban-jawaban mengenai permasalahan bayi baru lahir dan bagaimana cara mengatasinya.
Buku ini sendiri berisi tentang penelitian yang dilakukan oleh suami-istri asal Belanda yang berasal dari background psikologi.

The Wonder Weeks membuatmu lebih memahami bagaimana cara otak bayi bekerja yang tentunya berbeda dari orang dewasa. Buku ini menjadi salah satu buku parenting yang sering direkomendasikan pada orangtua yang akan segera memiliki momongan.

5. The New One - Mike Birbiglia 

5 Buku tentang Parenting yang Wajib Dibaca Sebelum Berkeluarga Buku The New One oleh Mike Birbiglia (dok. Goodreads.com)

Buku parenting tidak selalu tentang ibu dan bayi. Seorang ayah juga bertanggungjawab terhadap anak-anaknya. Sayangnya masih sedikit buku yang membahas parenting seorang ayah. The New One yang ditulis oleh Mike Birbiglia ini merupakan salah satunya.

Buku ini diselingi dengan humor sehingga tidak terkesan membosankan. The New One berisi tentang bagaimana caranya membesarkan anak, menjadi anak, dan juga berhenti bertingkah seperti anak-anak dari sisi seorang ayah.

Tidak ada salahnya membaca banyak bacaan mengenai parenting terutama buat kamu yang berniat berkeluarga. Nah, kira-kira kamu sendiri tertarik membaca buku yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Akibat Menerapkan Metode Strict Parenting pada Anak Remaja

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya