Comscore Tracker

5 Tips Mendidik Anak agar Mencintai Lingkungan sejak Dini

Tanamkan kepeduliannya mulai dari sekarang

Ada berbagai hal yang patut diajarkan kepada anak sejak usianya masih dini. Hal ini penting agar anak menjadi terbiasa dengan kebiasaan ini. Salah satunya adalah mengajak anak menjaga lingkungan, atau bahkan mencintai lingkungan alam. 

Perilaku baik ini perlu ditanamkan sejak dini, agar berdampak positif bagi kesehatan serta lingkungan sekitar. Dengan melakukan tips mendidik anak berikut ini, anak akan tumbuh menjadi manusia yang penuh kasih sayang, baik terhadap sesama maupun lingkungan.

1. Biasakan anak untuk membuang sampai pada tempatnya 

5 Tips Mendidik Anak agar Mencintai Lingkungan sejak Diniilustrasi membuang sampah pada tempatnya (pexels.com/SHVETS production)

Cara pertama, yang paling umum, namun sangat bermanfaat dalam menanamkan kasih sayang anak terhadap lingkungan yaitu membiasakan anak-anak agar selalu membuang sampah pada tempatnya. Cara ini adalah yang dasar dan wajib diajarkan kepada anak sedini mungkin.

Terlihat sederhana, tapi jika gak dibiasakan maka anak-anak akan sembarangan nantinya saat membuang sampah. Kamu perlu memberinya contoh secara nyata kepada anak, ketika akan membuang sampah. Lalu, jelaskan juga tentang dampak positif kebiasaan baik ini. Misalnya, dapat menghindarkan berbagai penyakit, mampu mencegah banjir, dan sebagainya.

2. Ajak anak untuk menggunakan alat-alat ramah lingkungan

5 Tips Mendidik Anak agar Mencintai Lingkungan sejak Diniilustrasi bekal makanan untuk anak (pexels.com/Katerina Holmes)

Ajarkan anak untuk mengutamakan menggunakan alat-alat yang ramah lingkungan. Misalnya, dengan membiasakan menggunakan produk bekal makanan sekolahnya yang berbahan dasar ramah lingkungan.

Jelaskan juga padanya, bahwa hal ini berfungsi untuk mengurangi sampah di bumi. Selain itu, produk yang ramah lingkungan, pastinya juga lebih sehat untuk badannya. Mulai sekarang, cobalah untuk membiasakan anak membawa tempat bekal makanan yang bukan terbuat dari bahan plastik.

3. Bermain sambil belajar di taman 

5 Tips Mendidik Anak agar Mencintai Lingkungan sejak Diniilustrasi kegiatan menanam pohon (pexels.com/Leiliane Dutra)

Kegiatan menyenangkan yang bisa kamu gunakan sebagai media pembelajaran anak, agar memiliki kasih sayang terhadap lingkungannya yaitu, dengan bermain sambil belajar di taman. Selain, dapat memberikan rasa senang pada anak, bermain di taman juga bisa menjadi sarana belajar dan meningkatkan kepedulian anak terhadap lingkungan.

Kamu dan anak-anak bisa bermain sambil belajar tentang cara menanam dan merawat pohon. Kegiatan berkebun seperti ini, akan lebih mudah dipahami oleh anak, bahwa menyayangi lingkungan itu hal yang perlu dilakukan.

Pilih waktu akhir pekan, di saat anak-anak libur sekolah. Jadikan kegiatan di taman sebagai kegiatan berlibur keluarga, sekaligus kegiatan untuk mengajarkan anak agar semakin peduli dan menyayangi lingkungan.

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak dengan Mantan Pasangan, Turunkan Ego

4. Berjalan-jalan untuk melihat alam 

5 Tips Mendidik Anak agar Mencintai Lingkungan sejak Diniilustrasi menikmati pemandangan alam (pexels.com/Ron Lach)

Kegiatan ini sangat menyenangkan dan menyehatkan. Selain, anak-anak bisa menikmati pemandangan, kesehatan mental dan fisiknya pun ikut meningkat.

Berjalan-jalanlah sambil menjelaskan kepada anak, bahwa alam di sekitarnya perlu untuk terus dilestarikan. Belajar sambil melihat langsung kondisi alam yang ada, dapat menumbuhkan kesadaran pada anak, agar dia memiliki kepedulian untuk ikut serta berperan dalam merawat alam, agar selalu terjaga kealamiannya.

5. Ajarkan anak untuk gak boros menggunakan air 

5 Tips Mendidik Anak agar Mencintai Lingkungan sejak Diniilustrasi mengajarkan anak mencuci tangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Air adalah bagian terpenting dari lingkungan sekaligus salah satu sumber kehidupan yang sangat dibutuhkan manusia. Maka dari itu, kamu perlu mengajarkan anak untuk gak boros dalam menggunakan air. Ini juga menjadi cara efektif, agar anak memiliki kepedulian dan kasih sayang terhadap lingkungan.

Ajarkan anak-anak cara memanfaatkan air dengan benar seperti, gak membiarkan air mengalir saat gak digunakan. Ajarkan anak untuk langsung menutup keran, setelah dia menggunakannya, baik setelah mencuci tangan, mandi, maupun menyikat gigi sebelum tidur. Jelaskan pada anak, supaya dia mengerti bahwa air adalah bagian dari lingkungan yang sangat berharga.

Menanamkan kepedulian dan mengajarkan anak, untuk menyayangi lingkungan mulai dari sekarang, itu sangat perlu kamu lakukan. Tips mendidik anak di atas pun tujuannya baik, agar di masa yang akan datang, anak-anak mampu merawat dan menjaga lingkungan. 

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya