Comscore Tracker

Ciri-ciri Anak Kecanduan Gadget dan Tips Mengatasinya

#IDNTimesLife Orangtua harus tahu

Masa pandemik menuntut siapa saja untuk melek teknologi. Salah satunya, gadget yang memudahkan anak untuk mengerjakan tugas sekolah yang diberikan secara daring oleh guru.

Walau positif, penggunaan gadget yang berlebihan dapat membuat kecanduan. Konsumsi gadget sebaiknya dibatasi dan diawasi orangtua. Jika kecanduan, ini akan mengganggu perkembangan motorik dan interaksi sosialnya.

Lalu, bagaimana orangtua tahu ciri-ciri anak kecanduan gadget? Bagaimana solusinya? Yuk, simak penjelasan yang IDN Times rangkum dari berbagai sumber berikut!

1. Anak lupa dengan waktu

Ciri-ciri Anak Kecanduan Gadget dan Tips MengatasinyaPexels.com/Alex Green

Mengerjakan tugas sekolah lewat gadget adalah hal yang sangat wajar. Namun, saat di luar jam sekolah, tak jarang anak-anak cenderung memilih tetap memainkan gadget daripada harus melakukan aktivitas lain.

2. Jam tidur anak menjadi berkurang

Ciri-ciri Anak Kecanduan Gadget dan Tips MengatasinyaPexels.com/Ketut Subiyanto

Akibat lupa waktu, jam tidur anak akan terganggu. Pasalnya, anak akan cenderung tidur terlalu larut karena keasyikan bermain dengan gadget pada pagi hingga sebelum ia tidur. 

Baca Juga: Mau Improve Skill? Coba Investasi dengan Beli 5 Gadget Ini

3. Tingkat emosi anak tidak stabil

Ciri-ciri Anak Kecanduan Gadget dan Tips MengatasinyaPexels.com/Alex Green

Artinya, anak akan lebih mudah menunjukkan bahwa ia marah, menangis, dan melawan saat orangtua memintanya berhenti bermain gadget. Seakan-akan, tidak ada kegiatan lain yang lebih penting daripada menggunakan gawai.

4. Pekerjaan rumah atau tugas sekolah menjadi terbengkalai

Ciri-ciri Anak Kecanduan Gadget dan Tips MengatasinyaPexels.com/Katerina Holmes

Saat terlalu asyik mengutak-atik gadget, alhasil tugas sekolah yang harus ia kerjakan menjadi terbengkalai. Daripada membuka dokumen untuk mengerjakan tugasnya, anak lebih memilih membuka komputernya untuk bermain, berselancar, atau main sosial media.

5. Enggan bersosialisasi dengan orang lain

Ciri-ciri Anak Kecanduan Gadget dan Tips Mengatasinyaunsplash.com/zhenhappy

Karena terlalu banyak menggunakan gadget sebagai rutinitas sehari-hari, ke depannya anak akan cenderung menjadi anti sosial. Pasalnya, jika terlalu asyik dengan dunia virtualnya, anak akan enggan berinteraksi dengan orangtua atau teman sebayanya.

Itu tadi ciri-ciri anak kecanduan gadget. Sebenarnya, kecanduan bermain gadget pada anak bisa dihindari. Tips mengatasinya adalah orangtua bisa membuat jadwal penggunaan gadget sehari-hari.

Alihkan juga anak ke aktivitas lain agar lupa dengan benda tersebut. Selain itu, papa dan mama millennials juga perlu membatasi penggunaan gadget di waktu-waktu tertentu. Misalnya, saat makan dan sebelum tidur.

Baca Juga: 5 Manfaat Detoks Digital, Biar Gak Kecanduan Gadget

Topic:

  • Fahira Rahma
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya