Comscore Tracker

8 Tanda Kamu Sudah Jadi Anggota Keluarga yang Bisa Diandalkan

Kamu bisa diandalkan atau malah jadi beban nih?

Bisa diandalkan bukan berarti harus selalu mampu menjadi tulang punggung keluarga atau memegang penuh tanggung-jawab rumah. Menuruti nasihat orangtua atau menjadi siswa berprestasi di sekolah juga termasuk, lho. Mau melakukan hal sederhana yang seringkali diabaikan kids zaman now seperti membantu membersihkan rumah juga sudah dibilang jadi andalan keluarga.

Lalu ketika dilahirkan dalam keluarga yang hancur, apakah kamu juga masih memiliki kewajiban buat jadi andalannya keluarga? Gak ada yang meminta kita dilahirkan dalam keluarga seperti apa, namun seberantakan apapun keluarga yang kamu miliki, itu bukanlah alasan untuk berbuat hal yang gak bertanggung jawab dan menjadi anggota keluarga yang tidak bisa diandalkan.

Mau sebagai kakak, adik, ataupun anak tunggal dalam keluarga. Sudah sepantasnya kamu jadi orang yang bisa menjadi tameng saat keluarga berada dalam masalah. Hal itu juga akan mengajarkan bagaimana hidup dalam keluarga kecil kamu kelak setelah menikah. Jadi apa saja ciri kamu sudah jadi andalannya ayah, ibu, atau saudara kamu? Cek di bawah ini, yuk.

1. Bertanggungjawab dengan pilihan kamu

8 Tanda Kamu Sudah Jadi Anggota Keluarga yang Bisa Diandalkanimdb.com

Semakin berumur dan semakin dewasa, kamu semakin dihadapkan dengan banyak hal yang membuatmu harus memiliki pandangan berbeda dengan orang tua. Pemilihan jurusan kuliah, pilihan karir yang akan dijalani, sampai bagaimana hubungan personal kamu berlanjut atau tidak juga harus mendapat persetujuan oleh keluarga.

Hal seperti ini memang tidaklah mudah, apalagi jika keluarga masih memiliki pandangan yang memegang teguh tradisi. Saat itulah, apapun pilihan yang kamu ambil, kamu harus bisa mempertanggungjawabkannya. 

2. Perhatian dengan anggota keluarga lain

8 Tanda Kamu Sudah Jadi Anggota Keluarga yang Bisa Diandalkanimdb.com

Bukan hanya orang tua atau kakak juga yang perhatian padamu, tapi kamu sebagai anak bungsu dalam keluarga juga sudah sepantasnya memberikan perhatian pada mereka. Layaknya sebuah kapal, keluarga harus saling mendukung entah itu hanya sebagai awak kapal maupun nahkoda yang mengambil alih arah. Dengan begitu segala permasalahan yang datang juga akan terasa lebih ringan. 

3. Mampu menjadi penengah saat ada anggota keluarga yang bertengkar

8 Tanda Kamu Sudah Jadi Anggota Keluarga yang Bisa Diandalkanimdb.com

Perbedaan pendapat menjadi bumbu dalam sebuah keluarga. Namun hanya mereka yang bisa menurunkan ego dan bersikap dewasalah yang bisa menjaga keharmonisan sebuah keluarga–bahkan meski ia belum cukup umur. Barangkali kamu memang bukan pengambil keputusan, namun kamu masih bisa memberikan pendapat dan menjadi komunikator saat ada anggota keluarga yang bertengkar.

4. Seorang kakak yang mau dicurhati oleh adiknya

8 Tanda Kamu Sudah Jadi Anggota Keluarga yang Bisa Diandalkanimdb.com

Kamu bisa diandalkan ketika mampu menjadi kakak yang baik bagi adik karena tak semua orang tua mampu memahami anaknya. Usia dan zaman yang terlampau jauh membuat orang tua kurang memahami anak bungsu. Berbeda dengan seorang kakak yang usianya tidak terpaut jauh dari adiknya.

Meski seringkali bertengkar, kamu sebagai kakak juga harus memasang bahu ketika adik tengah dilanda permasalahan. Dan  mau menjadi teman curhat saja, itu sudah lebih dari cukup.

5. Seorang adik yang tahu kewajiban apa yang harus dilakukan

8 Tanda Kamu Sudah Jadi Anggota Keluarga yang Bisa Diandalkanimdb.com

Jangan mentang-mentang kamu anak terakhir lalu bisa terus dimanja dan melakukan hal dengan sesuka hati. Kamu dikatakan bisa diandalkan ketika bisa mengikuti jejak sukses orang tua dan kakak kamu. Kamu bisa belajar dari kesalahan mereka dan bahkan melakukan hal lain yang bisa dibanggakan. Zaman seperti sekarang, menurut dan tidak membantah perkataan orang tua saja sudah lebih dari cukup.

6. Menerima kekurangan orang tua dan tidak menuntut punya orang tua yang sempurna

8 Tanda Kamu Sudah Jadi Anggota Keluarga yang Bisa Diandalkanimdb.com

Kamu bisa diandalkan ketika bisa memahami kondisi keluarga. Semua kekurangan dan hal-hal yang mungkin tidak kamu miliki jika dibandingkan keluarga teman-teman kamu. Kamu bersyukur dan menerima apapun yang telah terjadi di masa lalu karena kamu bisa bertumbuh menjadi pribadi seperti sekarang. Kamu tak pernah menuntut ini itu hanya untuk kebahagiaan kamu, justru kamu yang bisa membuat keluarga kamu bahagia. Begitulah sosok yang bisa diandalkan.

7. Bagimu keluarga adalah prioritas nomor satu

8 Tanda Kamu Sudah Jadi Anggota Keluarga yang Bisa Diandalkanimdb.com

Tempat pertama yang menampung saat dalam keadaan terjatuh adalah sebuah keluarga, maka sudah selayaknya pula, keluarga adalah prioritas nomor satu bagimu. Sesibuk apapun kamu karena kuliah atau bekerja, kamu akan tetap meluangkan waktu untuk keluarga.

8. Tahu cara memberi pengertian pada orang tua tentang keputusan yang kamu ambil

8 Tanda Kamu Sudah Jadi Anggota Keluarga yang Bisa Diandalkanimdb.com

Terkadang kamu dihadapkan dengan perbedaan pendapat dengan orang tua. Lalu bagaimana kamu bisa memberi pengertian atau meyakinkan mereka bahwa keputusan yang kamu ambil sudah tepat? Apakah hal seperti ini menunjukkan bahwa kamu masih egois dan belum dewasa? Sebenarnya tidak sepenuhnya demikian, karena semakin kita dewasa, semakin banyak pula jalan hidup berbeda yang harus kita ambil. Meski begitu kamu bisa menemukan win-win solution dan selalu bisa menghargai pendapat mereka.

Jadi, kamu sudah jadi anggota keluarga yang bisa diandalkan apa belum, nih? 

Fajar Laksmita Photo Verified Writer Fajar Laksmita

a cup of coffee and some cookies

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya