Comscore Tracker

5 Tips agar Keharmonisan Rumah Tangga Tetap Terjaga, Hindari KDRT!

Semua orang pasti berharap memiliki keluarga yang bahagia

Memiliki keluarga yang harmonis merupakan impian semua orang. Untuk mewujudkan impian itu, tentunya harus dilakukan komunikasi yang baik oleh kedua belah pihak. Kedua pasangan harus saling bersinergi untuk menciptakan hubungan yang baik.

Namun, dalam kehidupan rumah tangga, pasti ada yang namanya problema. Tentunya kita tidak ingin hal itu terjadi. Nah, berikut ini ada tips agar keharmonisan rumah tangga tetap terjaga. Yuk, disimak!

1. Jangan biarkan komunikasi dengan pasanganmu terputus

5 Tips agar Keharmonisan Rumah Tangga Tetap Terjaga, Hindari KDRT!ilustrasi pasangan harmonis (pexels.com/Flo Maderebner)

Supaya hubunganmu dengan pasangan berjalan harmonis, kuncinya terletak pada kelancaran berkomunikasi. Komunikasi di dalam rumah tangga harus dijalani dengan baik. Jangan sampai terputus begitu saja. Tanpa komunikasi bisa membuat hubungan menjadi renggang.

Untuk itu, jagalah komunikasi dengan pasanganmu tetap lancar. Apabila terjadi suatu masalah, selesaikan dengan kepala dingin. Jangan sampai melakukan kekerasan dalam berumah tangga.

2. Berkomitmen untuk saling mempercayai satu sama lain

5 Tips agar Keharmonisan Rumah Tangga Tetap Terjaga, Hindari KDRT!ilustrasi saling terbuka dengan pasangan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Selain komunikasi, ada satu lagi yang harus kita perhatikan. Di antaranya mengenai kepercayaan. Sikap ini tidak boleh kamu lupakan. Untuk menggapai keharmonisan dalam rumah tangga, sebaiknya sikap ini harus dimiliki setiap individu.

Saling percaya dan menjaga kepercayaan adalah hal yang tidak boleh dipisahkan. Apabila kedua sikap ini dimiliki setiap individu, pastinya akan tercipta keluarga yang harmonis. Ingat, ya, sikap ini harus kamu miliki bersama pasangamu!

Baca Juga: 5 Tips Hidup Romantis meski Keuangan Rumah Tangga Sulit

3. Menghindari pikiran negatif mengenai pasangamu

5 Tips agar Keharmonisan Rumah Tangga Tetap Terjaga, Hindari KDRT!ilustrasi pria dan wanita (unsplash.com/Disruptivo)

Berpikiran negatif kepada pasangan adalah sikap yang tidak boleh kamu miliki. Negative thinking ini ternyata dapat menghancurkan hubungan yang telah kamu jalani. Selain itu, negative thinking juga bagian dari ketidakmampuan seseorang untuk mempercayai pasangannya.

Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jauhilah pikiran buruk kepada pasangan. Caranya adalah saling mempercayai dan memegang teguh kepercayaan itu. Jika kamu dan pasanganmu mampu melakukan ini, sudah pasti hubungan rumah tanggamu akan berjalan dengan harmonis.

4. Mampu menerima kekurangan diri masing-masing

5 Tips agar Keharmonisan Rumah Tangga Tetap Terjaga, Hindari KDRT!ilustrasi berpelukan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Manusia adalah makhluk yang sering melakukan kesalahan, baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Manusia di dunia ini memang tidak ada yang sempurna. Semuanya pasti memiliki kekurangannya masing-masing.

Oleh sebab itu, agar kerukunan berumah tangga tetap terjaga, kamu harus mampu menerima kekurangan dari pasanganmu. Ketika pasangan berbuat salah, kamu harus bisa memaafkan. Cobalah saling mengerti satu sama lain. Dijamin keluarga yang kamu bentuk akan semakin awet.

5. Hindari perselingkuhan dan kekerasan dalam rumah tangga

5 Tips agar Keharmonisan Rumah Tangga Tetap Terjaga, Hindari KDRT!ilustrasi bertengkar (pexels.com/Mart Production)

Banyak faktor yang menyebabkan keharmonisan rumah tangga seseorang menjadi hancur. Entah karena faktor disengaja atau tidak. Misalnya perselingkuhan. Tindakan ini termasuk ke dalam unsur kesengajaan. Apabila seseorang melakukannya, tentunya dapat berimbas pada hancurnya sebuah hubungan. 

Selain perselingkuhan, faktor kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT juga menjadi momok menakutkan. Tindakan KDRT harus kita buang jauh-jauh. Jangan sampai hubungan yang sudah susah payah kamu bangun berantakan karena kamu melakukan tindakan KDRT. Sebisa mungkin untuk tidak merusak hubungan yang telah kamu jalani.

Sebenarnya menjaga keharmonisan rumah tangga tetap terjaga itu tidak sulit, kok. Tergantung bagaimana kamu dan pasanganmu melakukannya. Menciptakan hubungan yang baik harus didasari pada ketulusan cinta dari kedua pihak. Apabila cinta yang tulus sudah tertanam, maka hal itu akan membuat rumah tanggamu bertahan untuk selama-lamanya.

Baca Juga: 5 Rahasia Rumah Tangga yang Menyenangkan, Semuanya Perlu Ada

Fauzan Fadhilah Photo Verified Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya