Comscore Tracker

5 Hal yang Dirasakan Seseorang yang Gak Terlalu Dekat dengan Keluarga

Kamu menyayangi mereka, hanya sulit untuk mengungkapkannya

Bagi siapapun itu, keluarga adalah segalanya. Kebahagiaan dan kesedihan semua dirasakan bersama. Tapi bagaimana jika kamu tidak terlalu dekat dengan keluarga? Bahkan kamu masih satu rumah. Tapi sebenarnya, jauh di dalam lubuk hati, kamu sangat menyayangi dan mencintai mereka, tapi sulit untuk mengungkapkannya. Terkadang rasa aneh akan muncul setiap kali kamu dekat dengan keluarga. Bukan karena tidak suka, tapi hanya tidak terbiasa. 

1. Merasa aneh, jika tiba-tiba menjadi dekat

5 Hal yang Dirasakan Seseorang yang Gak Terlalu Dekat dengan Keluargapixabay/edsavi30

Terkadang kamu merasa aneh atau sedikit risih jika tiba-tiba ada suatu kegiatan yang menuntutmu untuk melakukan sesuatu bersama dengan keluarga. Seperti contohnya piknik bersama atau berfoto bersama. Atau mungkin ketika ada moment hari ibu atau peringatan ulang tahun. Sejujurnya, sangat sulit bagi kamu untuk melakukannya, tapi itu hanya rasa aneh karena tidak terbiasa, bukan karena tidak menyukainya.

2. Perasaan sayang teramat dalam yang sulit untuk diungkapkan

5 Hal yang Dirasakan Seseorang yang Gak Terlalu Dekat dengan Keluargapixabay/Pexels

Kamu sangat menyayangi keluargamu, tapi sangat sulit untuk diungkapkan. Sekali lagi karena tidak terbiasa. Kalian seperti berbicara dalam hati, tanpa mau mengungkapkan satu sama lain. Biasanya, sejak kecil kamu tidak dibiasakan untuk mengungkapkan perasaan terhadap orang lain. Jadi hingga dewasa pun, kamu sulit untuk mengungkapkan sesuatu kepada orang lain. Termasuk ungkapan kecil seperti maaf, terimakasih atau tolong.

3. Kadang merasa iri dengan kehidupan keluarga orang lain

5 Hal yang Dirasakan Seseorang yang Gak Terlalu Dekat dengan Keluargapixabay/pezibear

Baca Juga: Patut Diteladani, 5 Pelajaran Berharga dari Kehidupan Santri

Karena kurangnya kedekatanmu dengan keluarga, kamu jadi suka iri dengan mereka yang keluarganya bisa sangat dekat. Saling menghubungi dan mengungkapkan rasa sayang, sekedar mengajak makan bersama, atau saling mengetahui kegiatan masing-masing. Hal-hal kecil yang sangat kamu inginkan tidak pernah kamu dapat di dirimu, jadi sebenarnya wajar jika kamu merasa iri dengan mereka yang memiliki kedekatan lebih dalam keluarga.

4. Merasa jauh, padahal selalu dekat

5 Hal yang Dirasakan Seseorang yang Gak Terlalu Dekat dengan Keluargapixabay/Free-Photos

Walaupun setiap hari bertemu, tapi kamu merasa seperti bukan siapa-siapa. Lebih terkesan seperti memiliki jarak yang jauh antara dirimu dan keluargamu. Di dalam rumah terasa sunyi, jarang terjadi obrolan seru. Kalaupun mengobrol, mungkin hanya bertahan beberapa menit, kemudian rumah kembali sunyi.

5. Ada rasa sungkan untuk melakukan beberapa kegiatan bersama-sama

5 Hal yang Dirasakan Seseorang yang Gak Terlalu Dekat dengan Keluargapixabay/Olichel

Rasa sungkan ini muncul ketika kamu tidak terbiasa berdekatan dengan keluargamu. Pelukan, menggenggam tangan, mencium kening atau pipi, atau pertanyaan tentang bagaimana hari-harimu, tidak pernah kamu dapatkan selama ini adalah alasan mengapa kamu merasa sungkan. Sekali lagi, karena memang tidak terbiasa atau tidak dibiasakan sejak kecil. Hal-hal kecil sebenarnya akan berpengaruh kepada anak hingga dia dewasa. Jika sudah terbiasa dengan kegiatan bersama dan kedekatan lebih, maka hingga dewasa pun tidak ada rasa sungkan antara keluarga.

Iri memang jika melihat keluarga orang lain lebih dekat dan saling menunjukkan rasa sayang satu sama lain. Tapi jauh dalam lubuk hatimu, kamu sangat mencintai dan menyayangi mereka. Hanya saja sulit bagimu untuk mengungkapkannya. Jika kalian ingin merubah agar hubungan keluarga menjadi lebih hangat, kamu bisa melakukan beberapa hal kecil seperti bertanya kabar, makan bersama, atau hal-hal kecil lainnya yang bisa mendekatkan antar anggota keluarga. 

Baca Juga: 10 Pelajaran Tentang Kehidupan yang Harus Kamu Tahu, Diresapi Ya!

Feranaa Photo Verified Writer Feranaa

Be Who You Needed When You Were Younger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya