Comscore Tracker

5 Cara Membuat Bayi Bersendawa Usai Minum, Penting Dilakukan Lho!

Tidak bersendawa bisa membuat bayi sakit

Bersendawa sangat penting bagi bayi, hal ini karena dengan bersendawa udara yang ikut tertelan saat mereka minum dapat dikeluarkan. Bayi yang tidak bersendawa kebanyakan akan menjadi rewel, hal ini karena udara yang tertelan membuat perut mereka kembung dan tidak nyaman.

Namun banyak juga orangtua yang gagal membuat bayinya bersendawa. Berikut cara yang dapat diterapkan untuk membantu bayi bersendawa.

1. Menggendong bayi tegak menempel di dada

5 Cara Membuat Bayi Bersendawa Usai Minum, Penting Dilakukan Lho!directadvicefordads.com.au

Cara yang pertama dan yang paling umum dilakukan adalah dengan menggendong bayi dalam posisi tegak. Tempelkan bayi di dada dengan posisi bahu menjadi penopang bagian kepala dan leher bayi, pastikan dagu bayi melewati bahumu agar bayi bisa bernapas. Kemudian tepuk-tepuk halus punggung bayi.

2. Dudukkan bayi di pangkuan

5 Cara Membuat Bayi Bersendawa Usai Minum, Penting Dilakukan Lho!parenting.firstcry.com

Cara ini dilakukan saat bayi sudah berada pada usia di mana leher mereka sudah stabil. Caranya adalah dengan mendudukkan bayi di pangkuan dan menggunakan telapak tangan untuk menyangga dada bayi, sementara jari-jari tangan menyangga rahang dan dagu. 

Biarkan bayi bersandar dengan nyaman, jangan sampai tanganmu mencengkram terlalu erat atau mencekik leher bayi. Gunakan tangan yang satunya untuk menepuk pelan punggung bayi.

Baca Juga: 5 Tip Nyaman Pergi Kondangan dengan Bayi, Gak Perlu Takut Rewel!

3. Tengkurap di pangkuan

5 Cara Membuat Bayi Bersendawa Usai Minum, Penting Dilakukan Lho!parentlane.com

Cara yang mudah berikutnya adalah meletakkan bayi dengan posisi tengkurap di pangkuan. Sanggah dagu dan rahang bayi, pastikan posisi kepala lebih tinggi dari posisi badan. Lalu tepuk-tepuk halus punggung bayi.

https://www.youtube.com/embed/VOrIMiNNhVs

4. Pijat perut bayi

https://www.youtube.com/embed/RINGqYMmnkY

Memijat perut bayi juga dapat membantu mengeluarkan gas yang ada di lambung. Pijat perut bayi dalam gerakan memutar searah jarum jam. Ingat jangan terlalu keras menekan perut bayi, cukup dengan pijatan ringan saja. 

5. Bersepeda

https://www.youtube.com/embed/OAe1C-kAliU

Cara yang selanjutnya adalah dengan membaringkan bayi dalam posisi terlentang, setelah itu gerak-gerakkan kakinya seperti sedang mengayuh sepeda. Selanjutnya tekan lembut kaki bayi ke bagian dadanya.

Pada saat bersendawa biasanya akan ada cairan ASI yang ikut keluar, jadi kamu tak perlu khawatir. Itulah tips-tips yang dapat membantumu membuat bayi bersendawa. Semoga dedek bayi sehat selalu!

Baca Juga: Beberapa Masalah Kesehatan Ini Bisa Diketahui dari Tes Darah pada Bayi

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You