Comscore Tracker

Jangan Kecewa, 5 Sisi Positif Orangtua Gak Pernah Memanjakanmu

Kamu bakal tumbuh menjadi pribadi yang mandiri

Orangtua memiliki cara tersendiri dalam mendidik anak-anaknya. Ada yang didikannya cukup keras, lembut, mengayomi, atau malah memanjakan. Meski begitu, sebenarnya mereka tujuannya satu, yakni agar anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik.

So, buat kamu yang mendapat didikan cukup keras dan gak pernah dimanjakan, janganlah kecewa dulu. Berikut sisi positif yang dapat kamu ambil dari arahan orangtuamu tersebut. Yuk, simak!

1. Kamu bakal tumbuh menjadi pribadi mandiri dan tangguh 

Jangan Kecewa, 5 Sisi Positif Orangtua Gak Pernah MemanjakanmuUnsplash.com/Jason Briscoe

Gak pernah dimanjakan membuatmu menjadi seorang yang lebih tangguh. Kamu jadi gak mudah bergantung dan merepotkan orang lain. Selain itu, kamu juga bisa mandiri lebih cepat dibanding anak-anak yang kerap dimanjakan orangtuanya.

2. Terbiasa gak dimanja membuatmu lebih kreatif dan penuh inisiatif 

Jangan Kecewa, 5 Sisi Positif Orangtua Gak Pernah MemanjakanmuFreepik.com/marymarkevich

Orangtua biasanya memberi kebebasan bagi anak-anaknya yang gak dimanja. Dengan begitu, kamu jadi lebih memiliki kebebasan untuk mengekspresikan diri. Sehingga, dirimu akan menjadi seorang yang lebih kreatif sekaligus penuh inisiatif.

3. Kamu akan lebih menghargai sebuah proses 

Jangan Kecewa, 5 Sisi Positif Orangtua Gak Pernah MemanjakanmuFreepik.com/karlyukav

Dengan gak dimanja, itu artinya orangtua akan membiarkanmu berusaha sendiri mendapatkan apa yang kamu mau. Ya, secara gak langsung mereka mengajarimu menghargai sebuah proses karena gak semua bisa didapatkan secara instan. Sehingga, nantinya akan lebih puas dengan hasil yang kamu raih sendiri.

Baca Juga: 5 Zodiak ini Paling Haus Perhatian, Pengin Selalu Dimanja Pasangan

4. Kamu akan lebih peka dan peduli pada orang lain

Jangan Kecewa, 5 Sisi Positif Orangtua Gak Pernah MemanjakanmuPexels.com/Helena Lopes

Seseorang yang gak pernah dimanja biasanya juga lebih peka terhadap keadaan orang lain. Hal ini karena kamu diajarkan orangtuamu untuk gak egois dan peduli pada sekitar. Alhasil, kamu pun menjadi sosok yang lebih mementingkan kepentingan umum daripada pribadi.

5. Kamu mampu mengambil keputusan sendiri dan gak pernah ragu-ragu 

Jangan Kecewa, 5 Sisi Positif Orangtua Gak Pernah MemanjakanmuPexels.com/fauxels

Orangtua biasanya juga gak akan terlalu mendominasi anak-anaknya yang gak dimanja. Gak adanya intervensi dari mereka membuatmu lebih leluasa dalam menentukan pilihan dan mengambil keputusan. Dengan kata lain, kamu bukanlah tipe peragu yang mudah dipengaruhi orang lain.

Bagaimana? Sudah tahu kan apa saja sisi positif dari didikan orangtua yang gak memanjakanmu? Semua itu mereka lakukan tentunya demi kebaikan dirimu. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Kurangnya Ilmu Parenting dalam Rumah Tangga

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya