Comscore Tracker

Golden Age, Ini 5 Hal Krusial di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Apa saja sih yang harus orangtua perhatikan?

Good parents pasti sudah gak asing dengan istilah 1000 hari pertama kehidupan (HPK). Adalah hari yang dibagi dari 270 hari masa kehamilan dan 730 hari dua tahun pertama kehidupan. Pada acara yang diselenggarakan oleh Good Doctor X IDN Times (11/01), 1000 HPK ini dipaparkan secara gamblang oleh dr. Shanti Handayani yang berprofesi sebagai dokter sekaligus ibu yang buah hatinya masih dalam tahap 1000 HPK juga.

Dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional yang ke-60 tahun 25 Januari, dr. Shanti mengedukasi seluruh peserta seminar bahwasanya pemberian makanan bergizi harus diberikan pada saat sang buah hati masih dalam kandungan.

Lalu, hal krusial apa yang mesti parents perhatikan di 1000 hari pertama kehidupan buah hati?

1. Asupan makanan bergizi

Golden Age, Ini 5 Hal Krusial di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anakinstagram.com/kelincitertidur/

Bukan hanya dr. Shanti saja yang concern dengan 1000 HPK. Hal yang sama pun menjadi perhatian seorang ibu sekaligus content creator, Kushandari Arfanidewi. Pemilik akun @kelincitertidur tersebut mengadakan demo masak missoa nugget, makanan sehat favorit buah hatinya, Nyala.

Nyatanya asupan makanan bergizi tak hanya diberikan pada anak setelah lahir ke dunia, melainkan dihitung sejak masa pembuahan dalam kandungan sang ibu. Pada masa 1000 HPK ini buah hati mengalami perkembangan otak yang sangat pesat dan pembentukan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Nutrisi yang mesti ibu penuhi setiap harinya meliputi asam folat, zat besi, omega-3 dan DHA, lemak dan minyak, kalsium dan vitamin D agar tumbuh kembang sang buah hati berjalan optimal.

2. Pemberian ASI eksklusif

Golden Age, Ini 5 Hal Krusial di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anakwomenshealth.gov

Atas rekomendari Badan Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah menuangkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 33/2012 mengenai Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan sejak kelahiran.

Mengapa? Karena pada usia 6 bulan bayi belum memiliki enzim pencernaan yang terbilang sempurna sehingga hanya cukup dengan ASI eksklusif serta nutrisi yang dibutuhkan bayi pun sudah terpenuhi hanya dengan ASI saja. Sebagai upaya pendukung tentu orangtua terutama ibu harus memerhatikan asupan makanan yang sehat dan bergizi.

Baca Juga: Agar Tetap Happy, Ini 5 Tips Jaga Kesehatan Saat Liburan Tiba

3. Stimulasi

Golden Age, Ini 5 Hal Krusial di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anakinstagram.com/kelincitertidur/

Sama halnya dengan pemberian nutrisi, stimulasi pun disarankan sejak sang bayi masih dalam kandungan guna meningkatkan sel otak serta ikatan batin antara orangtua dan bayi semakin kuat. Orangtua bisa melakukan stimulasi meliputi stimulasi suara, cahaya, sentuhan dan lain-lain.

Terlebih saat sang buah hati telah lahir ke dunia. Stimulasi yang diberikan pada sang buah hati untuk melatih pendengaran, penglihatan, perabaan, penciuman dan pengecapan si kecil. Selain agar orangtua mengetahui kelebihan dan kekurangan anak juga agar anak menjadi lebih responsif.

4. Memasuki usia 6 bulan, berikan MPASI yang sehat

Golden Age, Ini 5 Hal Krusial di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anakprenagen.com

Pada saat sang buah hati memasuki usia 6 bulan, saatnya orangtua memberikan makanan pendamping ASI alias MPASI bagi si kecil. Banyak informasi di media online yang bisa orangtua pelajari terkait resep MPASI yang sesuai kebutuhan buah hati.

MPASI memberi manfaat bagi si kecil yang notabene berada pada masa golden age, meliputi melatih pencernaan, memperkuat tulang dan gigi, menjaga sistem imunitas dan lain-lain.

5. Selalu konsultasikan seputar kesehatan buah hatimu pada ahlinya

Golden Age, Ini 5 Hal Krusial di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anakinstagram.com/gooddoctor.id

Hal lain yang tak kalah penting yang mesti diperhatikan. Adalah memeriksakan kesehatan secara rutin guna memantau tumbuh kembang buah hati. Di zaman yang serba digitalisasi ini, orangtua sangat dimudahkan lho terkait hal ini. Ya, orangtua dan siapa pun sekarang bisa menikmati fitur kesehatan dari Good Doctor by Grab.

Wah, bagaimana caranya nih? Kalian tinggal buka aplikasi Grab, lalu pilih fitur Health. Pada fitur tersebut akan dimanjakan dengan 4 fitur unggulan sekaligus, apa saja?

  • Get Health Consultation: Pada fitur ini, seputar kesehatan yang selama ini dikeluhkan bisa dikonsultasikan dengan dokter profesional yang pasti terjamin keamanannya serta efektif. Bahkan tanpa batasan waktu lho. Kalian bisa berkonsultasi selama 24 jam/7 hari non stop. Hal menarik lainnya, untuk saat ini konsultasi tersebut masih fee alias gratis.
  • Buy Health & Beauty Products: Tak hanya konsultasi, melalui Grab Health pun kalian bisa membeli obat-obatan yang telah terkoneksi dengan +300 apotek. Menariknya, apotek tersebut bisa dipilih sesuai keinginan sendiri dengan harga transparan dan pengiriman secara instan yakni oleh Grab Express.
  • Make Medical Appointments: Sekadar daftar saja di klinik atau rumah sakit mesti antre dan nunggu berjam-jam bukan? Lain halnya dengan memanfaatkan aplikasi Grab di handphone-mu. Kalian bisa menentukan rumah sakit, dokter dan jadwal sendiri lho. Jelas hal ini sangat membantu kalian terutama dalam segi waktu bukan?
  • Read Health Tips: Bukan cuma ketiga poin diatas, melalui Grab Health pun kamu bisa mendapatkan tips-tips seputar kesehatan yang telah terjamin keakuratannya karena telah melalui proses pengecekan oleh dokter profesional.

Gimana pasti tertarik dan pengin mencoba kan fitur terbaru dari Grab ini? Yuk,  tunggu apalagi segera konsultasikan seputar kesehatanmu sekarang juga di aplikasi Grab ya.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penurunan Berat Badan Terbaik, Bantu Kamu Capai BB Ideal

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya