Comscore Tracker

5 Hal yang Berubah setelah Pernikahan, Pasti dan Wajib Kamu Hadapi

Tidak ada yang sulit jika komitmen terus terjaga

Kamu yang memutuskan memasuki gerbang pernikahan, jelas sudah mempersiapkan banyak hal. Kamu sudah siap dengan segala konsekuensi yang pasti akan kamu hadapi dengan status barumu.

Bukan hanya tentang perubahan status atau berkurangnya beban atas pertanyaan orang-orang di sekitarmu, namun tentang banyak hal mendasar yang akan berubah.

Berikut lima hal yang akan berubah setelah kamu menikah. Ingat dan yakinkan dirimu untuk menghadapinya.

 

1. Waktu bebas

5 Hal yang Berubah setelah Pernikahan, Pasti dan Wajib Kamu HadapiIlustrasi persahabatan bahagia. (pexels.com/mentatdgt)

Membangun sebuah komitmen hidup bersama, membuatmu tidak lagi hidup sendiri. Hidupmu bukan lagi tentang dirimu sendiri, namun tentang dia yang telah kamu jadikan bagian dari dirimu.

Waktu bebas dengan dirimu sendiri jelas kian berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Setiap kebebasan yang terenggut itu selalu sulit. Namun ini wajib kamu terima sebagai konsekuensi dari jalan yang kamu pilih. Jika saat ini belum siap, kamu wajib mempersiapkannya.

 

2. Tanggung jawab

5 Hal yang Berubah setelah Pernikahan, Pasti dan Wajib Kamu HadapiIlustrasi wanita bersama putranya. (pexels.com/cottonbro)

Pernikahan bukan hanya menyangkut soal perubahan status. Bukan hanya tentang kamu yang tidak lagi sendiri. Namun menyangkut hadirnya sebuah tanggung jawab baru. Apakah kamu sebagai seorang istri maupun sebagai seorang suami.

Status baru akan selalu mendatangkan banyak tanggung jawab baru. Tidak lagi hanya untuk dirimu, saudara, orangtuamu. Namun pada pasanganmu, saudara pasanganmu, orangtua pasanganmu. Ya, pernikahan bukan tentang kamu dan dia saja, namun tentang seluruh keluarga kamu dan dia.

 

Baca Juga: 12 Kehidupan Pernikahan Ideal ala Masing-masing Zodiak

3. Prioritas hidup

5 Hal yang Berubah setelah Pernikahan, Pasti dan Wajib Kamu HadapiIlustrasi pria memegang kertas. (pexels.com/cottonbro)

Menikah jelas akan memberimu prioritas hidup yang baru. Banyak rencana hidup tentang dirimu sendiri yang wajib diselaraskan dengan tujuan pernikahan kalian.

Bertambahnya tanggung jawab secara langsung membuat prioritas hidupmu bergeser. Apa yang menjadi prioritas di masa sendirimu, jelas tidak boleh lagi menjadi pusat perhatianmu. Setiap prioritas merupakan hasil kesepakatan kalian berdua, bukan lagi sebatas keinginanmu.

Ya, semuanya kini harus dibicarakan bersama dan disepakati bersama.

 

4. Beban keuangan

5 Hal yang Berubah setelah Pernikahan, Pasti dan Wajib Kamu HadapiIlustrasi wanita sedang berpikir. (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Pernikahan mengubah banyak hal dalam hidupmu. Saat kamu sendiri, kamu bisa menggunakan penghasilanmu untuk memenuhi kebutuhan pribadimu seorang. Namun saat memiliki pasangan, situasinya menjadi berbeda.

Penghasilanmu harus bisa kamu kelola dengan baik, karena hidup bersama jelas memberikan konsekuensi beban keuangan yang lebih tinggi. Kebutuhan harian menjadi dua kali lipat. Pengelolaan keuangan wajib lebih bijak karena kamu tidak lagi hanya bertanggung jawab pada dirimu sendiri.

 

5. Banyak kompromi

5 Hal yang Berubah setelah Pernikahan, Pasti dan Wajib Kamu HadapiIlustrasi sedang berdiskusi. (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Pernikahan menuntutmu juga menikah dengan segala perbedaan antara kamu dan pasangan. Kamu harus menyiapkan kelapangan hati untuk siap kompromi pada banyak hal. Pernikahan bukan tentang perjalanan cinta sehari, namun selamanya.

Persiapan pernikahan jelas bukan hanya sampai pada acara resepsi kalian. Kehidupan setelah itu justru yang paling menegangkan dan butuh kesiapan yang jauh lebih besar. Kehidupan panjang yang akan terus menguji cinta dalam kesabaran dan penerimaan.

Pernikahan mengubah banyak hal. Segala persiapan telah kamu lakukan demi mewujudkan perjalanan yang sempurna, kamu dan dia. Lima fakta di atas, semoga bisa terus menguatkanmu dalam menjalani kehidupan pernikahan. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga: 5 Sikap Cowok yang Menunjukkan Mampu Ambil Peran dalam Pernikahan

Januar Lestari Photo Verified Writer Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya