Comscore Tracker

5 Tips Membuat Ruang Bermain Anak yang Nyaman dan Ideal

#IDNTimesLife buat anak makin betah di rumah

Pandemik Covid19 telah mengharuskan masyarakat termasuk anak-anak untuk melakukan kegiatan dari rumah. Sayangnya, berdasarkan data yang disampaikan oleh KPAI (2020), sebesar 63 persen anak Indonesia mengalami kejenuhan selama di rumah. 

Untuk mengatasi kejenuhan, anak butuh bermain sebagai hiburan dan orangtua perlu turut menemani anak. Meskipun begitu, ruang yang terbatas membuat orangtua tidak menyediakan area bermain yang memadai untuk anak.

Padahal, area bermain ini gak membutuhkan ruang yang luas atau mengeluarkan uang banyak kok! Dalam acara konferensi pers IKEA, Rabu (11/11/2020) berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuat ruang bermain anak yang nyaman dan ideal!

1. Tidak perlu space besar, ciptakan corner cukup yang aman sebagai tempat bermain anak

5 Tips Membuat Ruang Bermain Anak yang Nyaman dan Idealpexels.com/cottonbro

Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally, mengatakan, banyak orangtua merasa rumah mereka terlalu sempit untuk membuat ruang bermain anak. Akhirnya, anak dibiarkan bermain di mana saja dan rentan membuat rumah berantakan.

Menurut Dyah, apabila orangtua kesulitan untuk membuat ruang bermain, orangtua cukup menyiapkan area di sudut rumah sebagai tempat bermain anak. Pastikan juga area tersebut bebas dari hal-hal yang bisa membahayakan anak.

"Tidak ada bahan-bahan toksik, tidak ada siku-siku. Pastikan juga gak ada kabel-kabel, supaya anak tetap aman," terangnya.

2. Perhatikan detail-detail seperti warna, corak, dan motif

5 Tips Membuat Ruang Bermain Anak yang Nyaman dan Idealinstagram.com/ikea_id

"Small changes itu bisa membuat perubahan," papar Dyah.

Tidak perlu memakan banyak biaya, orangtua bisa memperhatikan detail-detail kecil untuk semakin menambah kenyamanan ruang bermain anak. Misalnya, membeli mainan dengan warna yang seragam, menyiapkan kotak mainan bermotif lucu, dan detail-detail kecil lainnya.

3. Perbanyak permainan aktif dan edukatif, bukan gadget

5 Tips Membuat Ruang Bermain Anak yang Nyaman dan Idealdok.IKEA

Salah satu kendala orangtua masa kini adalah teknologi. Orangtua merasa tak perlu menyiapkan ruangan bermain untuk anak, karena anak bisa mendapatkan berbagai permainan lewat gadget. Padahal, penggunaan gadget kurang baik untuk tumbuh kembang anak.

"Siapkan permainan yang lebih aktif dan mainan fisik, jangan gadget. Mainan edukatif juga bisa memancing stimulasi problem solving anak," ungkap Psikolog anak, Anastasia Satriyo.

Baca Juga: Bisa Dicoba, 5 Tips dari IKEA Agar Rumahmu Terasa Lebih Lega

4. Sediakan tempat penyimpanan mainan yang menarik

5 Tips Membuat Ruang Bermain Anak yang Nyaman dan Idealinstagram.com/ikea_id

"Dengan menyediakan tempat penyimpanan mainan, orangtua bisa mengajak anak untuk lebih bertanggung jawab, merapikan mainan mereka sendiri," papar Anastaia.

Walau terlihat sepele, tempat penyimpanan mainan ternyata cukup krusial untuk menciptakan ruang bermain yang nyaman dan ideal. Ketika mainan tak di simpan dengan baik, ruang akan selalu terlihat berantakan.

Oleh karena itu, orangtua perlu menyiapkan tempat penyimpanan mainan yang menarik. Dengan begitu, anak juga akan lebih tertarik untuk berbenah setelah puas bermain.

5. Perhatikan penggunaan furnitur yang berkelanjutan

5 Tips Membuat Ruang Bermain Anak yang Nyaman dan Idealdok. IKEA

Ketika berbicara tentang faktor ekonomi, tentu kita ingin menggunakan barang-barang yang bisa dipakai selama mungkin. Sayangnya, banyak barang-barang anak yang tak lagi cocok untuk digunakan seiring bertambahnya usia.

Oleh karena itu, orangtua perlu mempertimbangkan furnitur berkelanjutan untuk ruang bermain anak. Jangan sampai, furnitur hanya dipakai sesaat saja ya!

"Di IKEA itu ada furnitur yang bisa digunakan anak dari kecil sampai besar, jadi sustainable. Misal crib bayi yang bisa dipakai jadi tempat tidur anak juga," ungkap Dyah.

Itu tadi 5 tips membuat ruang bermain anak yang nyaman dan ideal. Yuk segera terapkan!

Baca Juga: 5 Tips Wujudkan Rumah Mungil yang Nyaman untuk Jangka Panjang

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya