Comscore Tracker

#BaikItuMudah Jangan Dianggap Beban, Ini yang Harus Kamu Lakukan Sebagai Anak Sulung

Sederhana, kok!

Membaca kisah Keke Kania mengenai kehidupan keluarganya saat menjalani karier, aku jadi teringat kisahku sendiri. Sebagai anak pertama dari dua bersaudara, impian terbesarku ialah bisa membanggakan kedua orangtua. Sejak remaja, pilihan hidupku selalu didasarkan pada satu pertanyaan: apa yang akan keluargaku rasakan jika aku melakukannya?

Maka, hidupku pun bisa dibilang tak terlalu tenang. 'Beban' tersebut kerap menghantuiku. Namun perlahan, aku belajar bahwa #BaikItuMudah. Sebab meski menyandang titel anak sulung, pada dasarnya keluarga tidak meminta banyak. Cukup hal-hal sederhana di bawah ini:

Menyelesaikan pendidikan tinggi sebaik mungkin

#BaikItuMudah Jangan Dianggap Beban, Ini yang Harus Kamu Lakukan Sebagai Anak Sulunghttps://www.theodysseyonline.com/to-the-teen-mothers-in-our-lives

Karena aku kuliah merantau, maka tantangan terberatku adalah memendam rasa rindu dengan orangtua. Namun, aku berusaha untuk mengatur perasaan tersebut; jangan sampai nilai kuliahku jadi terpengaruh karenanya.

Menjaga komunikasi dengan orang tua

#BaikItuMudah Jangan Dianggap Beban, Ini yang Harus Kamu Lakukan Sebagai Anak Sulunghttps://www.boredpanda.com/funny-mom-texts/

Yang perlu diingat, bukan hanya aku yang menderita saat hidup jauh dari rumah--orangtuaku juga pasti merasakan hal yang sama. Pilihan hidup berjauhan dengan anaknya adalah hal yang sulit juga untuk mereka. Jadi aku tidak ingin menambah kesulitan mereka dengan tidak memberikan kabar.

Berinisiatif, tanpa harus diminta

#BaikItuMudah Jangan Dianggap Beban, Ini yang Harus Kamu Lakukan Sebagai Anak Sulungaminoapps.com/page/k-drama/5979093/korean-movie-review-hyung-my-annoying-brother

Mengejar karier memang hal yang baik. Namun sebagai anak pertama, aku merasa berkewajiban untuk turut menyertakan keluarga di dalam rencana hidupku. Pilihanku ialah dengan berkarier di dalam negeri, agar tidak jauh dari keluarga. Bagi sebagian orang, mungkin ini nampak sebagai keputusan yang sepele. Bagi sebagian yang lain, mungkin ini dianggap sebagai pengorbanan yang tak perlu untuk dilakukan. Namun, aku memilih untuk tidak memusingkannya.

Bagiku, kebahagiaan adalah ketika kita bisa berada dekat dengan keluarga; ada untuk mereka. #BaikItuMudah, dan ini caraku untuk berbuat baik pada mereka. Sekarang, bagaimana pilihanmu?

Kotik Aptiyas Photo Verified Writer Kotik Aptiyas

I am on the hunt for who I've not yet become. Find me on instagram @kotikaptiyas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ester Cahaya

Berita Terkini Lainnya