Comscore Tracker

Tinggalkan Gadget, Coba 6 Permainan Ini Saat Kumpul Keluarga

Permainan ini asyik saat kumpul keluarga di hari lebaran

Momen lebaran di Indonesia selalu identik dengan pulang kampung dan berkumpul bersama saudara. Namun adakalanya momen berkumpul menjadi kurang hangat ketika gadget sudah di tangan. Akui saja. Pasti kamu pernah melihat sekumpulan anak muda nongkrong di kafe, tapi mereka sibuk dengan smartphonenya masing-masing.

Kalimat "Gadget mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat" ini benar adanya. Nah, enam permainan ini bisa kamu coba saat berkumpul bersama teman masa kecil, sepupu, om, bulek, kakak, keponakan atau anaknya teman orangtua di kampung halaman nanti.

1. Uno Stacko

Tinggalkan Gadget, Coba 6 Permainan Ini Saat Kumpul Keluargahttps://www.lelong.com.my/

Walau bikin greget, permainan ini dijamin bikin kalian jadi saling akrab. Kamu bisa beli uno stacko ini di mall atau online. Cara bermainnya mudah dan bisa dibaca di peraturan saat kamu membeli permainan ini. Supaya lebih seru, buat tim yang terdiri dari tiga orang.

Masing-masing orang mewakili timmu. Jika orang tersebut kalah, maka timmu juga kalah. Sediakan hukuman bagi tim yang kalah. Misal berupa coretan bedak di wajah atau memposting status alay di BBM supaya menambah keceriaanmu bersama keluarga.

2. Zombie Game

Kalian pasti tahu makhluk seperti apa itu zombie. Ya zombie adalah istilah yang digunakan untuk mayat hidup di dunia fantasi. Tidak hanya di gadget. Permainan ini juga bisa dimainkan di dunia nyata. Bahkan lebih seru karena kamu bisa jadi zombienya.

Tidak tahu siapa yang pertama kali menciptakan permainan ini. Namun dalam acara variety show Korea berjudul 1 Night 2 Days Season 1 Farm Stay Special Trip yang tayang pada 9 Agustus 2009 di saluran tv KBS ini, para membernya sedang berdiskusi memainkan permainan di dalam ruangan, karena saat itu di luar sedang hujan. Akhirnya mereka memainkan permainan zombie game ini (Lihat di menit ke 1:05:49). 

Permainan ini cocok dimainkan beramai-ramai lebih dari lima orang. Aturan mainnya adalah semua pemain kecuali satu pemain akan ditutup matanya dan berjalan layaknya zombie. Sementara satu orang yang tidak ditutup matanya akan menghindari para zombie yang kelaparan. Zombie yang menemukan mangsa harus menggigitnya beramai-ramai sampai ia berteriak "Nyerah".

Nah, kamu dan saudara yang menjadi zombie harus bekerja sama menemukan mangsa itu secepat mungkin. Dia yang paling lama bertahan dari sekumpulan zombie akan menjadi pemenangnya. Oya, usahakan menggunakan ruangan tertutup dan kecil seperti di kamar tidur ya.

3. Mafia Party Game

Tinggalkan Gadget, Coba 6 Permainan Ini Saat Kumpul Keluargahttps://icebreakerideas.com/mafia-game/

Permainan lain yang gak kalah seru adalah mafia party game. Seperti namanya, permainan ini adalah permainan untuk menangkap mafia atau kelompok rahasia pembunuh rakyat tak berdosa. Tapi bukan mafia sungguhan ya.

Ini akan jadi permainan yang bisa melatih kamu berargumen sambil bercanda dan mengenali karakter keluargamu. Permainan ini cocok untuk dimainkan bersama tujuh orang saudaramu atau lebih. Banyak yang sudah memodifikasi permainan ini.

Namun aturan yang paling simple adalah pertama siapkan satu orang sebagai moderator, sisanya akan 'tidur' ditutup matanya sambil menundukkan kepala. Kemudian si moderator menentukan siapa yang menjadi mafia dengan mencolek dua atau tiga pemain secara acak.

Dua pemain tersebut 'bangun' dan saling melihat siapa saja komplotan mafianya, kemudian si mafia kembali 'tidur' sampai akhirnya moderator membangunkan semua pemain dan melanjutkan permainan seperti tidak terjadi apa-apa barusan.

Inti permainannya adalah semua pemain termasuk mafia harus berargumen atau berdebat untuk memutuskan siapa mafianya. Jika sudah diputuskan seseorang yang mencurigakan, mereka harus mengeksekusi pemain tersebut apakah harus dibunuh atau tidak dengan cara memberikan jempol ke bawah, yang berarti dibunuh, dan jempol ke atas berarti tidak dibunuh secara bersama-sama.

Setiap ada pemain yang terbunuh, moderator akan mengatakan apakah dia mafianya ataukah kalian justru membunuh rakyat tidak berdosa. Permainan ini akan berakhir jika mafia berhasil mengelabui rakyat tak berdosa dan membunuh mereka semua. Wah seru kan?

4. 3,6,9 Game

Tinggalkan Gadget, Coba 6 Permainan Ini Saat Kumpul Keluargahttp://www.playbuzz.com/

Hati-hati. Permainan satu ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan asyik banget dimainkan untuk semua umur. Adik-adikmu yang masih duduk di Sekolah Dasar juga bisa gabung di permainan angka ini. Sederhana tapi dijamin seru.

Pertama-tama kamu putuskan akan bermain beregu atau individual. Yang pasti sih semakin banyak yang bergabung, akan lebih seru kalau dibagi menjadi dua tim. Lalu duduk melingkar dan usahakan duduk berselang-seling antar anggota tim yang satu dengan anggota tim lain.

Mulailah menyebutkan angka 1,2,3 dan seterusnya secara bergiliran sesuai urutan duduk. Mudah ya, namun yang bikin susah adalah di setiap angka yang mengandung angka 3,6 dan 9 harus menepukkan tangan satu kali, sementara angka 30,60 dan 90 harus menepukkan tangan dua kali.

Tentu saja kamu harus membuat hukuman apapun bagi yang kalah supaya permainan ini semakin seru. Misal lagi-lagi dengan update status alay atau apapun yang penting seru.

5. Tebak kata

Tinggalkan Gadget, Coba 6 Permainan Ini Saat Kumpul Keluargahttp://gameonfamily.com/how-to-play-charades/

Ini pasti akan jadi permainan yang nagih untuk kamu dan keluarga besar. Bahkan adik-adik kecil bisa kamu ajak. Kamu bisa menebaknya berbarengan supaya seru. Cara bermainnya hanya menebak kata dari si pemberi petunjuk berupa kata, lirik lagu ataupun film.

Sebaiknya disiapkan dulu jawabannya di kertas kecil yang digulung, dan nanti akan dipilih secara acak. Beri hadiah untuk si pemenang yang berhasil menebak supaya menambah semangat mereka. Permainan ini juga bisa dimodifikasi menjadi permainan beregu, di mana kamu akan berdiri saling membelakangi saudara.

Orang pertama akan mendapat sebuah kata yang harus disampaikan kepada orang berikutnya menggunakan isyarat, lalu orang terakhir yang akan menebak katanya. Cara ini juga gak kalah seru. Silakan kamu mau pilih yang mana.

6. Soulmate Game

Tinggalkan Gadget, Coba 6 Permainan Ini Saat Kumpul Keluargahttp://www.mentalhealthy.co.uk/

Nah penasaran seberapa soulmate-kah kamu dengan saudaramu? Coba permainan sederhana ini. Bagi menjadi 1 pasangan yang terdiri dari 2 orang yang ingin di tes ke-soulmate-annya. Misal kakak dan adik sepupumu. Lalu kamu berikan mereka minimal 5 pertanyaan berupa dua pilihan yang saling berhubungan apapun itu.

Misal gunung x pantai; ganteng x kaya, korea x thailand, kopi x teh, komik x novel. Suruh mereka menjawab pertanyaan tersebut secara cepat dan bersamaan. Kalau lima jawaban mereka sama semua, itu tandanya mereka memang saudara yang cocok dan sehati. Pasti kamu dan saudaramu akan heboh ketika ada jawaban yang tidak cocok. Tidak masalah, kesukaan kita kan tidak selalu sama.

Wah jadi gak sabar pulang kampung, kumpul bersama keluarga dan teman ya. Selamat bersenang-senang!

Kotik Aptiyas Photo Verified Writer Kotik Aptiyas

I am on the hunt for who I've not yet become. Find me on IG @kotikaptiyas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You