Comscore Tracker

6 Cara Ungkapkan Terima Kasih kepada Orangtua, Gak Harus Dikatakan

Tipikal orang Asia, awkward sama orangtua sendiri

Ada beberapa hal yang jauh lebih baik diungkapkan lewat sikap daripada lewat kata-kata.

Begitu juga dengan mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang tua. Meski dalam membesarkan anak-anaknya, orang tua tidak kenal pamrih, tapi kamu tetap harus berterima kasih kepada mereka, ya. Tidak harus diucapkan atau dengan mengirim uang, menunjukkan terima kasih lewat tindakan juga bisa tersampaikan dengan baik meski secara tersirat.

Lalu, ada cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan terima kasih kepada orang tua? Yuk, simak.

1. Jika kamu anak rantau, rutinlah menelepon orang tua

6 Cara Ungkapkan Terima Kasih kepada Orangtua, Gak Harus DikatakanIlustrasi perempuan (pexels.com/bruce mars)

Karena sibuk dengan berbagai kegiatan atau pekerjaan, kamu jadi sering lupa atau tidak sempat menelepon orang tua. Jika begitu, mulai sekarang cobalah lebih luangkan waktu untuk menelepon orang tua. Meski tidak sampai 5 menit dan hanya satu minggu sekali, itu jauh lebih baik daripada hanya menelepon saat ada butuhnya saja.

Dengan bertanya bagaimana kabar di rumah dan menceritakan keadaanmu, orang tua bisa merasa tetap mendapat perhatian. Lalu, rasa senang itu lah yang secara tidak langsung sudah mencerminkan terima kasih kamu kepada mereka.

2. Jika kamu anak rantau, jagalah kesehatan

6 Cara Ungkapkan Terima Kasih kepada Orangtua, Gak Harus DikatakanIlustrasi laki-laki (canstockphoto.com)

Orang tua pasti akan khawatir jika kerap mendengar kabar kamu tengah jatuh sakit. Selain itu, produktivitasmu juga bisa jadi terhambat. Sebisa mungkin rutinlah olahraga dan bila perlu konsumsi suplemen kesehatan. Jangan biarkan tubuhmu terlalu sering terbaring di tempat tidur, terlebih setelah mengonsumsi junk food. Agar tetap sehat dan jarang terserang penyakit.

Dengan menjaga kesehatan, kamu sudah cukup meringankan rasa khawatir orang tua terhadapmu. Selain itu, menjaga kesehatan juga bisa jadi ungkapan terima kasih dan menghargai pengorbanan yang telah diberikan orang tua.

3. Membantu pekerjaan rumah saat liburan

6 Cara Ungkapkan Terima Kasih kepada Orangtua, Gak Harus DikatakanIlustrasi perempuan memasak (Unsplash.com/Le Creuset)

Saat saya pulang kampung di momen libur kuliah, banyak tetangga berkata, "Baguslah, liburan bisa bantu orang tua di rumah."

Sebagai anak rantau yang masih hidup dari penghasilan orang tua, tentu sangat merepotkan walau mereka tampak tidak keberatan. Karena itu lah, hari-hari libur bisa kamu manfaatkan sebagai momen balas budi dengan meringankan beban orang tua. Cukup bantu beres-beres atau memasak di rumah, orang tua pasti sudah merasa senang. Dengan begitu secara tidak langsung kamu sudah mengungkapkan rasa terima kasih kepada mereka.

Baca Juga: Lebih Bijak, 5 Alasan Kenapa Orangtua Adalah Tempat Curhat Terbaik

4. Memberi hadiah saat hari spesial

6 Cara Ungkapkan Terima Kasih kepada Orangtua, Gak Harus DikatakanIlustrasi memberi hadiah (parade.com)

Memberi hadiah di hari spesial seperti saat ulang tahun, hari ibu atau ayah, dan wedding anniversary orang tua akan menjadi hal berkesan untuk mereka. Bahkan jika mengadakan syukuran kecil atas prestasi yang kamu dapat sekali pun, meski hanya memberikan brownies, bisa membuat orang tua turut senang dan bersyukur.

Di momen seperti itu lah, ungkapan terima kasih bisa kamu ucapkan seraya memberikan hadiah. Dijamin orang tua pasti tersentuh, deh.

5. Belajar dan bekerja dengan tekun

6 Cara Ungkapkan Terima Kasih kepada Orangtua, Gak Harus DikatakanBerdiskusi (Unsplash/Brooke Cagle)

Dengan giat belajar dan bekerja, juga menekuni bidang yang kamu sukai, lambat laun kamu akan memanen hasilnya. Orang tua mana yang tidak senang melihat anaknya tumbuh menjadi orang sukses dan mandiri. Selain itu, derajat orang tua juga bisa terangkat berkat kesuksesan anaknya. Hal yang tidak kalah penting, pastikan dulu kamu bahagia dengan apa yang kamu kerjakan, ya.

Dengan begitu, kamu sudah berhasil mengungkapkan terima kasih kepada orang tua atas pengorbanan yang mereka lakukan untukmu.

6. Sesekali bantulah penuhi kebutuhan bulanan

6 Cara Ungkapkan Terima Kasih kepada Orangtua, Gak Harus DikatakanIlustrasi perempuan berbelanja (supplychainbeyond.com)

Hey, working mom or dad, kamu tentu merasa tidak enak jika memutuskan untuk menitipkan anak kepada orang tua, meski mereka tampak tidak masalah. Sudah berkeluarga tapi masih saja merepotkan orang tua.

Jika begitu, tidak ada salahnya untuk sesekali membantu memenuhi kebutuhan bulanan mereka sebagai ungkapan terima kasih. Bisa dengan membelikan bahan makanan atau membayarkan tagihan listrik. Meski mungkin tidak seberapa, tapi itu bisa membuat orang tua senang dan merasa dihargai.

7. Menjadi anak "baik"

6 Cara Ungkapkan Terima Kasih kepada Orangtua, Gak Harus DikatakanIlustrasi perempuan (pixabay.com/Free-Photos)

Last but not least, jika kamu merasa belum mampu memberikan apa pun cukup dengan menjadi anak "baik". Orang tua mana yang senang melihat anaknya tumbuh di lingkungan toxic dan membayahakan keselamatan. Selain itu, kamu juga tidak mau kan, membuat orang tua dan keluarga malu di mata orang lain.

Bersikap sopan dan bergaul di lingkungan sehat, sudah membuat orang tua senang dan tidak khawatir. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu telah mengungkapkan terima kasih atas pengorbanan yang mereka lakukan untukmu.

Nah, itu lah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kapada orang tua. Meski mereka tanpa pamrih, sebagai anak baik perlu memberi balas budi, ya.

Baca Juga: 7 Skill Dasar Ini Wajib Dimiliki agar Jadi Orangtua yang Cerdas

Langgeng Irma Photo Verified Writer Langgeng Irma

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya