Comscore Tracker

5 Alasan Bersyukur Punya Kakak Perempuan, Dia Istimewa!

#IDNTimesLife Dia sosok penting dihidupmu, setelah orangtua

Orangtua memang sosok terpenting dalam hidup. Karena mereka sudah berkorban banyak, bahkan nyawa, saat ibu melahirkanmu, untuk melihatmu tumbuh besar.

Namun, ada sosok lain yang juga tak kalah penting peran istimewanya, yakni kakak perempuan. Karena itu, sebelum kamu menyerahkan loyalitas utamamu pada kekasih atau teman, tengok dulu berbagai keistimewaan kakak perempuan yang sepatutnya kamu syukuri. Ini dia beberapa keistimewaan itu!

1. Cara bicaranya yang blak-blakan, membuat kejujurannya patut diandalkan

5 Alasan Bersyukur Punya Kakak Perempuan, Dia Istimewa!ilustrasi dua perempuan (pexels.com/Sam Lion)

Saat teman atau kekasihmu hanya menyampaikan apa yang kamu inginkan, bukannya kenyataan, omongan pahit kakak perempuan justru bisa diandalkan. Darinya, kamu jadi tahu hal yang sejujurnya.

Meski terkadang omongannya bikin sebal karena gak indah di telinga, tapi dari omongannya yang pahit itu membuatmu belajar. Kamu jadi bisa evaluasi diri untuk menjadi lebih baik lagi. Memang, yang pahit itu gak enak tapi biasanya menyehatkan, bukan?

2. Walaupun sering berselisih paham, kehadirannya tak pernah absen saat kamu ada masalah

5 Alasan Bersyukur Punya Kakak Perempuan, Dia Istimewa!ilustrasi sedang sedih (pexels.com/Liza Summer)

Terkadang, kamu kesal banget punya kakak perempuan. Karena dia yang lebih dulu lahir, merasa pengalamannya lebih banyak, dan ini yang bikin kalian sering berselisih paham dan bertengkar.

Walau begitu, dia selalu ada saat dirimu ada masalah. Ketika kamu sedih karena gak lulus masuk perguruan tinggi impian, ataupun ketika hubunganmu dengan pacar harus putus di tengah jalan, kakak perempuanmu gak pernah absen untuk menghibur sekaligus jadi sandaran.

3. Dia bisa lebih mengerti apa yang kamu mau dan rasakan

5 Alasan Bersyukur Punya Kakak Perempuan, Dia Istimewa!ilustrasi dua perempuan (unsplash.com/Andrew Le)

Terkadang, hubunganmu dengan kakak perempuan bisa lebih dekat daripada dengan orangtua. Karena terpisah jarak usia yang jauh, sering kali orangtua tak mengerti apa yang sesungguhnya kamu mau dan rasakan.

Dan karena kakak perempuan tak terpaut usia jauh, dia pun jadi lebih dapat diandalkan saat kamu ingin minya pendapatnya. Dia bisa mengerti apa yang terbaik untuk dirimu, karena sudah paham dengan tabiatmu, dan paham pula dengan kondisi kekinian yang bisa jadi sudah sangat berbeda saat masa orangtuamu dulu.

Baca Juga: 10 Panggilan Kakak Laki-Laki dan Perempuan dari Berbagai Bahasa Daerah

4. Walau dia gampang marah, tapi ia tanggap saat sikapmu tak biasa

5 Alasan Bersyukur Punya Kakak Perempuan, Dia Istimewa!ilustrasi dua perempuan (pexels.com/Liza Summer)

Sering kali penyebab kamu bertengkar dengan kakak perempuan, karena sifatnya yang sensitif itu, jadi gampang banget marah. Tapi positifnya, dia lebih bisa memahami sikap dan kebiasaanmu.

Ketika orangtuamu melihat kamu baik-baik saja, namun kakak perempuan tahu, kalau kamu sedang ada masalah. Karena itu, kamu sulit menyembunyikan sesuatu dari kakak perempuanmu. Dia jauh lebih peka!

5. Walau dia perempuan, sangarnya mengalahkan cowok kalau adiknya diganggu

5 Alasan Bersyukur Punya Kakak Perempuan, Dia Istimewa!ilustrasi marah (pexels.com/Stanley Morales)

Meski secara umum fisiknya lebih lemah dari kaum adam, tapi, kalau kamu sudah diganggu atau dikecewakan oleh seseorang, dia bakal berubah jadi 'singa betina'. Sangarnya bisa mengalahkan lelaki yang galak sekalipun.

Karena baginya, meski dia sering mengganggu atau bikin kamu sebal, tapi dalam hati terdalamnya, dia sangat mencintaimu, adiknya yang kerap bikin dia gregetan. Makanya, jangan macam-macam dengan adik kesayangannya!

Dengan berbagai keistimewaannya itu, kamu gak boleh melupakan atau meremehkan dirinya, meski bisa jadi gelar pendidikannya gak setinggi dirimu, atau karirnya gak secemerlang apa yang kamu telah raih.

Karena, kakak perempuan acap kali mengambil peran pengganti orangtua, saat kamu masih belum bisa apa-apa dulu. Terus hormati dan sayangi mereka, ya!

Baca Juga: 9 Potret Keharmonisan Keluarga Isyana Sarasvati, Keluarga Akademisi!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya