Comscore Tracker

6 Alasan Perlu Mengurangi Permintaan pada Orangtua, Belajar Mandiri

Belajar mengerti banyaknya kebutuhan keluarga

Apa yang akhir-akhir ini sedang kamu inginkan? Mungkin gadget baru dan kamu telah memintanya beberapa kali pada orangtua. Akan tetapi, sampai saat ini mereka belum juga memenuhi keinginanmu. Jika demikian, jangan marah pada orangtua, ya.

Apapun keinginanmu, kamu wajib belajar memahami kondisi mereka. Terlebih jika permintaanmu berkaitan dengan uang yang tak sedikit. Sudah saatnya untukmu belajar mengurangi permintaan pada keduanya. Coba baca poin-poin penting di bawah ini. Kamu sudah cukup besar untuk mampu bersikap pengertian terhadap orangtua.

1. Tambah usia, kamu harus tambah mandiri

6 Alasan Perlu Mengurangi Permintaan pada Orangtua, Belajar Mandiriilustrasi ibu dan anak (pexels.com/Katerina Holmes)

Kian banyak permintaanmu pada mereka, kemandirianmu pasti juga kian rendah. Begitu kamu remaja apalagi sudah masuk usia dewasa, seharusnya dirimu belajar memenuhi sendiri sebagian besar keinginanmu.

Pikirkanlah cara terbaik untuk melakukannya. Jangan sedikit-sedikit minta orangtua melakukannya untukmu. Jika kamu hanya ingin mengambil sesuatu atau makan dan minum, apa susahnya menyiapkannya sendiri? Bukan malah dirimu menyuruh orangtua terus.

2. Penghasilan orangtua ada batasnya

6 Alasan Perlu Mengurangi Permintaan pada Orangtua, Belajar Mandiriilustrasi ibu dan putrinya (pexels.com/RODNAE Productions)

Terkait permintaanmu yang membutuhkan uang gak sedikit, cari tahu berapa penghasilan orangtuamu. Untuk sebuah smartphone baru yang termurah saja, harganya boleh jadi lebih dari separuh gaji orangtua. Pikirkan itu baik-baik.

Apakah kamu tega peluh orangtua selama sebulan lenyap dalam sekali transaksi demi membelikanmu HP baru? Padahal smartphone-mu yang lama juga masih bisa dipakai. Begitu kamu remaja, seharusnya dirimu sudah tahu besar pendapatan orangtua dan mampu berpikir cukup realistis tentang uang yang bisa dibelanjakan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Hubungan Asmara Kamu Jauh dari Masalah

3. Anak yang perlu diperhatikan bukan cuma kamu

6 Alasan Perlu Mengurangi Permintaan pada Orangtua, Belajar Mandiriilustrasi keluarga (pexels.com/Angela Roma)

Kamu punya saudara baik adik maupun kakak. Semuanya sama-sama memerlukan perhatian orangtua dalam berbagai bentuk. Hindari sikap egois seakan-akan orangtua tercipta hanya untukmu. 

Batasi permintaanmu supaya orangtua gak terlalu repot. Apa-apa yang bisa kamu lakukan sendiri, jangan minta tolong pada orangtua. Dalam hal keinginanmu tentang sebuah benda pun, pahami banyaknya kebutuhan yang harus dicukupi keduanya.

Hitung biaya sekolahmu ditambah saudara-saudaramu. Masih ditambah berbagai cicilan dan biaya sehari-hari. Kemudian bandingkan dengan penghasilan orangtua. Kamu bakal kaget lantaran terlihat hampir tidak mungkin pendapatan itu cukup buat sebulan. Apalagi bila kamu masih minta dibelikan macam-macam.

4. Biar kelak kamu bisa gantian memberi pada orangtua

6 Alasan Perlu Mengurangi Permintaan pada Orangtua, Belajar Mandiriilustrasi ibu dan putrinya (pexels.com/cottonbro studio)

Walaupun selesainya masa pendidikanmu masih beberapa tahun lagi, jangan berpikir kamu gak perlu tahu dulu tentang kewajibanmu pada orangtua. Cepat atau lambat, mereka bakal menjadi tanggung jawabmu. 

Bahkan seandainya mereka masih punya uang pensiun, memangnya dirimu tak ingin dapat memberikan sesuatu secara rutin? Jangan bersikap menggampangkan seolah-olah itu bakal otomatis dirimu lakukan selepas bekerja. Jika kamu biasa kebanyakan permintaan pada orangtua, inisiatif serta rasa tanggung jawabmu atas mereka akan rendah.

5. Orangtua akan mencukupi kebutuhanmu, tapi tidak untuk seluruh keinginanmu

6 Alasan Perlu Mengurangi Permintaan pada Orangtua, Belajar Mandiriilustrasi pembicaraan serius (pexels.com/Ron Lach)

Kamu butuh pendidikan yang cukup agar punya masa depan yang baik. Maka orangtua melakukan segala hal supaya mampu menyekolahkanmu sampai jenjang pendidikan tertinggi. Dirimu juga suatu saat butuh rumah pribadi. 

Orangtua pun mulai menabung dari sekarang agar kelak dapat meninggalkan warisan berupa rumah atau uang yang cukup buat kamu membelinya sendiri. Namun, jika kamu hanya ingin berganti-ganti gadget atau sepeda motor, orangtua tentu menolaknya. Buang-buang uang saja.

6. Orangtua akan sangat kepikiran bila kamu kesal karena permintaan tidak dituruti

6 Alasan Perlu Mengurangi Permintaan pada Orangtua, Belajar Mandiriilustrasi ayah dan putranya (pexels.com/Ron Lach)

Hanya karena kamu di posisi anak, jangan lantas tak peduli pada perasaan orangtua. Walaupun keinginanmu memang wajar tidak dituruti, mereka bakal tetap tersiksa apabila kamu kesal. Misalnya, dengan dirimu cemberut terus, gak mau makan, apalagi menolak pergi sekolah atau kuliah.

Orangtua akan panik sekaligus sedih melihat ulahmu. Mereka seperti dipaksa buat menuruti permintaanmu biar kamu senang. Padahal, boleh jadi uangnya betul-betul gak ada dan kebiasaan selalu memenuhi keinginan anak justru berbahaya untuk pembentukan karaktermu.

Ada banyak cara buat berbakti pada orangtua. Salah satunya dengan mengurangi tuntutanmu ke mereka. Jadilah anak yang pengertian terhadap ayah dan ibu. Syukuri apa yang mereka berikan dan memintalah hal-hal yang sangat penting saja. 

Baca Juga: 5 Alasan Memisahkan Keuangan Pribadi dengan Pasangan, Catat!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya