Comscore Tracker

Biar Tak Berlarut, Lakukan 6 Hal Ini Jika Kamu Berantem Sama Saudara

Saudara adalah permata terindah keluarga… 

Gak ada saudara yang gak pernah merasakan yang namanya berantem. Walaupun karena masalah sepele kalian pasti pernah berantem karena hal itu. Jangan tunda lama-lama deh. Saudara adalah permata keluarga yang takkan terlihat indah jika tercerai berai. Ada baiknya kalau kamu lakukan 6 hal ini kalau kamu merasa lagi berantem sama saudaramu.

1. Atur komunikasi, jangan sampai kalian diem-dieman terlalu lama

Biar Tak Berlarut, Lakukan 6 Hal Ini Jika Kamu Berantem Sama SaudaraUnsplash.com/Bùi Thanh Tâm

Komunikasi adalah sarana penghubung dalam berbagai hal. Termasuk saat ada masalah menimpamu dan saudaramu. Jangan terlalu lama menutup mulut tanpa bersuara. Tetap lontarkan percakapan barang satu dua kata. Hal itu akan menjadi obat yang sedikit mengobati. Yang menandakan kalian tidak terlalu mempermasalahkannya.

2. Jangan sampai mengucapkan kata-kata kasar yang membuatnya sakit hati

Biar Tak Berlarut, Lakukan 6 Hal Ini Jika Kamu Berantem Sama SaudaraUnsplash.com/Limor Zellermayer

Tak hanya saudara yang akan sakit hati, semua orangpun tak akan suka jika mendengar kata-kata kasar dilontarkan pada dirinya. Apalagi jika kalian bersaudara, itu akan membuatnya lebih sakit hati lagi mendengarnya. Ada baiknya kamu mengendalikan emosimu, jangan sampai kata-kata itu keluar dari mulutmu.

3. Hilangkan sifat egois dalam diri kalian, jangan malu meminta maaf terlebih dahulu

Biar Tak Berlarut, Lakukan 6 Hal Ini Jika Kamu Berantem Sama SaudaraUnsplash.com/Daiga Ellaby

Siapapun kalian baik kakak ataupun adik, berapapun umur kalian. Mengucap kata maaf tidak memandang siapa yang bersalah dan siapa yang lebih tua ataupun muda. Akan lebih baik kalian membuang jauh-jauh rasa egoisme kalian, dan lontarkanlah maaf terlebih dahulu. Kata maaf akan memperbaiki semua keadaan.

Baca Juga: 5 Keseruan yang Akan Kamu Alami, Saat Teman Sudah Seperti Saudara

4. Sempatkan untuk bicara serius satu sama lain dan buat quality time bersama

Biar Tak Berlarut, Lakukan 6 Hal Ini Jika Kamu Berantem Sama SaudaraUnsplash.com/Eye for Ebony

Luangkan waktu luang di sela-sela kesibukan kalian. Buat quality time bersama, bicarakan secara baik-baik apa yang menjadi masalah kalian. Selesaikan secara kekeluargaan hingga menemukan jalan keluar yang baik untuk semua orang. Keluarkan uneg-uneg yang memicu permasalahan di antara kalian. Apa yang diinginkan satu sama lain, pertimbangkan dan buat kesepakatan.

5. Beri dia sedikit perhatian darimu, jangan terlalu cuek meskipun kalian masih canggung setelah bertengkar

Biar Tak Berlarut, Lakukan 6 Hal Ini Jika Kamu Berantem Sama SaudaraUnsplash.com/Jenn Evelyn-Ann

Hal ini banyak terjadi pada semua orang yang baru saja bertengkar. Tak terkecuali pada mereka yang baru saja berbaikan setelah mengatur jarak beberapa lama. Suasana masih sedikit panas dan canggung. Salah satu cara untuk mencairkannya adalah dengan memberi sedikit perhatian pada salah satunya, di sini peran kakak atau saudara yang lebih tua sangat mempengaruhi. Karena dia punya tanggung jawab untuk memberi perhatian lebih pada adik-adiknya.

6. Carilah orang terpercaya di keluargamu untuk jadi mediator antara kalian yang lagi berantem

Biar Tak Berlarut, Lakukan 6 Hal Ini Jika Kamu Berantem Sama SaudaraUnsplash.com/Jessica Felicio

Orang tua adalah pemersatu yang paling bisa diandalkan, mereka adalah mediator paling terpercaya untuk memperbaiki hubungan antara saudara yang sedikit renggang. Kalian perlu meluangkan waktu untuk mencurahkan isi hati kalian mengenai masalah yang tak kunjung selesai atau tak bisa kalian selesaikan sendiri. Mereka yang lebih berpengalaman akan lebih paham bagaimana cara mengatasi masalah kalian.

Ingat, jaga baik-baik permata kalian guys. Karena itu harta berharga yang tak tergantikan. Dan sampai kapanpun kalian tetap punya ikatan yang sama. Jadi, coba deh terapkan.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Bikin Seru Miliki Saudara Perempuan yang Usianya Dekat!

Marlina syaikhu Photo Community Writer Marlina syaikhu

Make It, Do It and Enjoy what you Think. Just to be creative

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You