Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Anak Biasanya Lebih Nyaman Cerita Kepada Ibu

Ibu merupakan tempat curhat terbaik 

Ibu memiliki pengorbanan yang tak tergantikan oleh apa pun. Sebab itu ibu sangat lebih mudah dekat dengan anaknya. Dan hal itu dibuktikan dari sisi keibuan yang ia miliki. Perasaan dan kontak batinnya seperti sudah terhubung dekat dengan anaknya. 

Dan bagi kamu yang pernah mengajak ibu mengobrol, maka secara tidak langsung pasti merasakan kenyamanan. Sehingga kamu akan menilai betapa ibu sangat cocok menjadi teman mengobrolmu dibandingkan sahabat.

Berikut ini beberapa alasan mengapa anak sangat nyaman cerita kepada ibunya. 

1. Ibu mendengar anaknya dengan perasaan

5 Alasan Mengapa Anak Biasanya Lebih Nyaman Cerita Kepada IbuPexels/Ana Francisconi

Sosok ibu diciptakan dengan sebuah perasaan yang lebih peka. Tidak ada yang bisa menggantikan perasaannya. Dan ketika anak merasakan perasaan tulus dari sang ibu, maka dengan mudah ia akan terbuka tentang apa pun itu. 

Baik tentang masalahnya di sekolah, dan teman-teman yang membuatnya jengkel. Semua itu tanpa ibu minta, anak akan langsung bercerita. Karena ia merasakan dari awal tentang perasaan ibunya yang sangat perhatian dan mau mendengarkan segala curhatannya. 

2. Dia sangat lembut ketika menanggapi

5 Alasan Mengapa Anak Biasanya Lebih Nyaman Cerita Kepada IbuPexels/Albert Rafael

Hal yang paling disukai oleh anak kepada ibu ketika berbicara adalah sifatnya yang lembut. Anak bisa merasakan secara langsung kelembutan sang ibu dari segi kata-kata maupun perbuatannya.

Misalnya saja dari kata-kata, ia akan mengatur intonasi suara dalam menanggapi curhatanmu. Dan contoh dari perbuatan, ibu akan mengelus kepala anaknya, memeluk bahkan mencium anaknya. 

Ini adalah hal sederhana yang ibu buktikan bahwa ia sangat menyayangi anaknya. Dan penting bagi ibu yang hari ini anak kamu masih suka curhat dan terbuka denganmu, jangan larang atau sampai cuekin dia. Karena ini merupakan kesempatan terbaik membangun hubungan kalian semakin dekat. 

Baca Juga: Menurut Ahli, Bayi Mempelajari Banyak Hal Jika Selaras dengan Ibunya

3. Saat cerita kesalahan, ibu tidak langsung emosi

5 Alasan Mengapa Anak Biasanya Lebih Nyaman Cerita Kepada IbuPexels/malcolm garret

Alasan utama mengapa anak sulit cerita masalahnya kepada orang tua adalah karena takut dimarahi. Dan sebagian besar sang ibu sangat jarang melakukan hal tersebut. Bagi ibu yang bijak dan dewasa, pasti tau membuat anaknya nyaman untuk bercerita kepadanya. 

Seperti ketika anak mengungkapkan kesalahannya, lebih banyak ibu menghargai akan perasaan anak dan malah tersenyum agar membuat anaknya tidak takut berbicara pada dirinya. Kelebihan ini justru yang tidak dimiliki oleh seorang ayah sebagian besar. Jadi, ibu akan lebih mudah mengolah emosi anaknya tanpa harus ikut emosi juga. 

4. Dia memberi semangat juga nasihat dengan dewasa

5 Alasan Mengapa Anak Biasanya Lebih Nyaman Cerita Kepada IbuPexels/Anastasiya Gepp

Curhat dengan ibu dan sahabat tentu sangat berbeda. Karena ibu memiliki pengalaman yang lebih banyak dibanding sahabat kamu. Dan karena alasan itu, anak akan merasakan bahwa semangat juga nasihat yang ibu berikan, sangat begitu dewasa.

Masalah yang anak ceritakan, dapat langsung ibu berikan solusi terbaik sehingga anak mengerti dan merasakan ia tidak butuh orang lain. 

5. Lebih mudah untuk meluangkan waktu

5 Alasan Mengapa Anak Biasanya Lebih Nyaman Cerita Kepada IbuPexels/bruce mars

Ketika anak mau mengajak ibu untuk mengobrol sebentar, pasti ia akan meninggalkan semua urusannya. Ini dipengaruhi karena adanya kontak batin dan perasaan bangga bahwa anaknya sudah mau terbuka dengannya. 

Karena perasaan ibu dan anak sudah dekat, sehingga mereka mengobrol sampai tidak mengenal waktu dan ibu tidak akan perhitungan akan waktunya yang habis. Ini yang menjadikan anak begitu nyaman dan rasa bahagia yang tidak tergantikan saat dapat mengobrol banyak dengan ibunya.  

Tidak semua orang dapat memberikan rasa nyaman ketika mengobrol kecuali, itu sang ibu. Dan beberapa alasan di atas menjadi contoh kuat bahwa ibu merupakan sahabat curhat terbaik. 

Baca Juga: Jadi Kakak, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ibumu Telah Tiada

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You