7 Tips Menjalin Komunikasi dalam Keluarga Agar Harmonis!

Keluarga sangatlah berharga #4GPlusKuat #MakinKuatInternetan

Komunikasi adalah penguat dalam sebuah hubungan, termasuk dalam hubungan berkeluarga. Dengan adanya komunikasi yang baik maka akan tercipta kehidupan keluarga yang akur dan harmonis.

Meskipun sudah sibuk dengan aktivitas masing-masing, komunikasi antara orang tua dan anak harus tetap terjaga. Namun sayangnya, masih banyak yang menghiraukan pentingnya menjalin komunikasi dalam keluarga.

Jangan diabaikan, simak yuk 7 tips untuk menciptakan komunikasi keluarga yang baik.

1. Meluangkan waktu untuk saling berbicara

7 Tips Menjalin Komunikasi dalam Keluarga Agar Harmonis!unsplash.com/Ana Francisconi

Sesibuk atau sepadat apapun aktivitas saat di luar rumah bukan berarti ketika kembali ke rumah terus mengabaikan keberadaan keluarga. Luangkanlah sedikit waktu untuk berkumpul dan saling berbincang dalam formasi lengkap seperti saat akan sarapan, makan malam, atau menonton televisi.

Pastinya setiap anggota keluarga memiliki kisah yang ingin diceritakan setelah ia berada seharian di luar rumah. Jadi, biarkanlah orang tua dan anak saling berkomunikasi, saling memandang, saling mendengar, dan saling berbicara satu sama lain.

2. Menyimpan gadget saat kumpul bersama

7 Tips Menjalin Komunikasi dalam Keluarga Agar Harmonis!unsplash.com/Ann Danilina

Well, waktu bersama keluarga harusnya memang diprioritaskan untuk keluarga. Meski kamu adalah tipe orang penting dan super sibuk, bukankah bisa memberi waktu sejenak untuk keluargamu?

Simpan gadget milikmu saat momen berkumpul dengan keluarga. Kehangatan dalam keluarga akan lebih terasa saat benar-benar menikmati momen kebersamaan tanpa diganggu oleh sebuah gadget. Karena hal yang paling penting dalam komunikasi adalah kontak mata. Biasakanlah setiap berkomunikasi dengan anggota keluarga, tatap matanya maka kamu akan melihat segala isi hatinya. 

3. Mengatur jadwal family time

7 Tips Menjalin Komunikasi dalam Keluarga Agar Harmonis!unsplash.com/Kevin Delvecchio

Mengatur quality time bareng keluarga juga gak kalah pentingnya, lho! Buatlah schedule setiap minggu atau setiap bulannya untuk menghabiskan waktu bersama baik hanya sekedar melakukan aktivitas bersama di rumah atau pergi berlibur.

Tak hanya sebagai cara berkomunikasi dalam keluarga, membuat jadwal quality time bersama juga menjadi alternatif untuk melepaskan kepenatan setelah sibuk beraktivitas di hari biasa.

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Menikah, Gak Hanya Sekadar Bunga Tidur Lho!

4. Memberi perhatian lebih kepada keluarga

7 Tips Menjalin Komunikasi dalam Keluarga Agar Harmonis!unsplash.com/@david_calderon

Bukti kamu memang benar-benar sayang dan peduli dengan keluarga adalah saat kamu memiliki respon terhadap tindakan anggota keluargamu. Kamu sangat memahami kapan harus memberi dukungan, kritikan, pujian, maupun saran.

Boleh fokus pada karier, pendidikan atau tujuan apa pun itu. Tapi, jangan sampai tak ada sedikit waktu pun yang bisa kamu berikan untuk memperhatikan keluargamu, ya! So, gak mau kan kalau nantinya malah orang lain yang lebih perhatian dan memahami keluargamu dibandingkan dirimu sendiri?

5. Mengingat momen spesial anggota keluarga

7 Tips Menjalin Komunikasi dalam Keluarga Agar Harmonis!unsplash.com/Sergei Solo

Momen spesial setiap anggota keluarga adalah hal yang wajib untuk kamu ingat. Misalnya, hari ulang tahun, wedding anniversary orang tuamu, hari ibu dan berbagai momen spesial lainnya penting untuk dirayakan bersama.

Gak harus dirayakan secara mewah kok. Merayakan momen spesial dengan cara sederhana juga gak masalah. Karena yang terpenting adalah kebersamaan, kasih sayang dan rasa saling peduli di tengah-tengah keluarga. 

6. Saling terbuka satu sama lain

7 Tips Menjalin Komunikasi dalam Keluarga Agar Harmonis!unsplash.com/Blake Barlow

Mungkin kalau curhat kepada teman bakal ada hal-hal yang dibatasi dan disembunyikan. Tapi, ketika curhat dengan anggota keluarga, kamu bisa mengungkapkan segala keluh kesah. Gak peduli seberapa buruk atau seberapa membosankan ceritamu, mereka akan selalu siap sedia menanggapinya.

Yakinlah, bahwa keluargamu adalah orang yang paling mengenal dirimu. Mereka adalah telinga yang selalu bersedia mendengar dan memberi jawaban terbaik untuk semua masalahmu. So, jangan menutupi apapun dari keluargamu ya guys!

7. Memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk berkomunikasi

7 Tips Menjalin Komunikasi dalam Keluarga Agar Harmonis!unsplash.com/Alexander Dummer

Nah, di zaman modern saat ini gak ada alasan yang menyulitkan kamu dalam hal berkomunikasi. Bahkan hanya dengan menggenggam smartphone kamu bisa berkomunikasi dengan keluargamu kapan pun dan dimana pun. 

Coba deh manfaatkan kecanggihan teknologi untuk terus menjalin komunikasi seperti dengan video call atau sekedar chatting. Selain itu, kalian juga dapat membuat grup chat online keluarga biar makin update kabar dan kegiatan masing-masing.

Nah, biar komunikasi makin lancar, kamu dan keluarga bisa banget nih menggunakan IM3 Ooredoo. Kenapa harus IM3 Ooredo? Iya dong, karena jaringannya sudah #4GPlusKuat, dijamin deh #MakinKuatInternetan dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, kalian bisa cek jangkauan jaringan internet 4G Plus IM3 Ooredoo di link berikut ini https://indosatooredoo.com/4gplus ya.

 

So, gak ada alasan untuk menghambat kelancaran komunikasi dalam keluargamu kan? Yuk, terapkan 7 tips komunikasi keluarga di atas.

Baca Juga: Agama dan Usia Menikah yang Matang Jadi Kunci Ketahanan Keluarga

Mia Lubis Photo Community Writer Mia Lubis

Silahkan ambil manfaat, kebaikan & hal positif dari artikel yang saya tulis. Jika ada sesuatu yang buruk & tidak bermanfaat, saya mohon agar dimaafkan dan ditinggalkan. Terima kasih.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You