Comscore Tracker

Ma, Ini 6 Cara Membuat Anak Tidak Takut Menghadapi Sekolah Pertamanya

Sekolah penting untuk perkembangannya lho

Prasekolah adalah langkah awal perkenalan anak sebelum masuk pada sekolah dasar. Dalam dunia prasekolah anak-anak akan dibangun mental psikisnya dan cara bersosialisasi dengan yang lain. Oleh karena itu pemerintah dan orangtua gencar memberikan pendidikan prasekolah ini guna mempersiapkan anak-anak.

Tak selalu berjalan mulus beberapa anak akan menolak perubahan yang terjadi. Anak-anak akan menangis mencari orangtuanya kala masuk sekolah. Agar hal ini tidak terjadi berikut enam cara agar anak tidak kaget dengan perubahan besar yang terjadi dikutip dari The Asian Parent.

1. Ceritakan tentang sekolah

Ma, Ini 6 Cara Membuat Anak Tidak Takut Menghadapi Sekolah Pertamanyapexels.com/Pixabay

Beberapa minggu sebelum masuk sekolah pertama, ceritakan tentang sekolah. Bagaimana teman-teman dan saudara yang juga pergi ke sekolah, apa yang dilakukan dan lain sebagainya. Ceritakan juga ke mana orang yang berbeda pergi misalnya pada pagi hingga siang ayah dan ibu ke kantor, kakak ke sekolah lalu pulang dan pada malam hari tidur di rumah. Ceritakan bahwa semua orang juga memiliki aktifitas pada pagi hari.

2. Ceritakan alasan melakukan hal itu

Ma, Ini 6 Cara Membuat Anak Tidak Takut Menghadapi Sekolah Pertamanyapixabay.com/Rudy and Peter Skitterians

Tak hanya bercerita tentang pergi ke sekolah dan ke kantor, jelaskan juga mengapa ayah pergi ke kantor dan kakak pergi ke sekolah. Jelaskan Ayah pergi ke kantor untuk bekerja dan kakak ke sekolah untuk menuntut ilmu. Jika berkenan bisa juga menjelaskan arti hidup dalam arti yang luas.

Mungkin akan terdengar tidak mungkin anak usia prasekolah mengerti akan hal itu. Tapi jangan salah, otak mereka adalah otak yang muda, dimana akan mudah menyerap informasi dan mengerti. Gunakan bahasa yang sederhana dengan gaya bicara yang lembut.

3. Baca cerita tentang pergi ke sekolah

Ma, Ini 6 Cara Membuat Anak Tidak Takut Menghadapi Sekolah Pertamanyapexels.com/mentatdgt

Biasakan membaca sebelum tidur tentang buku-buku pergi ke sekolah. Banyak kok sekarang buku tentang sekolah misalnya Seri Sam : Pergi Ke Sekolah, Tikiko Goes to School (Pergi ke Sekolah), HELLO KIDDO : pergi ke sekolah, Barney Pergi Ke Sekolah dan lain sebagainya. Dengan memberikan cerita-cerita tersebut diharapkan anak tidak akan takut pergi ke sekolah.

Baca Juga: 5 Pola Pikir yang Harus Ditanamkan Sewaktu Sekolah

4. Berkunjung ke prasekolah

Ma, Ini 6 Cara Membuat Anak Tidak Takut Menghadapi Sekolah Pertamanyapexels.com/Lukas

Beberapa anak mungkin akan menangis begitu ditinggal di tempat baru. Agar itu tidak terjadi berkunjunglah ke prasekolah sebelum kelas pertama dimulai. Biarkan dia melihat-lihat dan berinteraksi dengan hal-hal yang berkaitan dengan prasekolah. Perkenalkan sekolahnya yang baru ini pada anak. Tapi jangan lupa minta izin dulu pada pihak sekolah ya.

5. Kenali guru yang mengajar

Ma, Ini 6 Cara Membuat Anak Tidak Takut Menghadapi Sekolah Pertamanyapixabay.com/Kevin Lopez

Guru adalah pengganti orangtua saat di sekolah, oleh karena itu penting bagi guru untuk mengerti kebiasaan sang anak. Misalnya anak memiliki alergi sesuatu atau telah mengalami trauma atas sesuatu. Kenalkan juga anak dengan guru agar anak tidak kaget saat bertemu pertama kali di sekolah. 

6. Perpisahan dengan anak

Ma, Ini 6 Cara Membuat Anak Tidak Takut Menghadapi Sekolah Pertamanyapixabay.com/klimkin

Anak-anak kadang akan menangis begitu melihat orangtuanya pergi. Di sini peran orangtua sangat penting di mana orangtua harus tega dengan anak. Biasanya anak akan berhenti menangis setelah orangtua pergi. Jika masih khawatir, sejam setelah pergi teleponlah ke sekolah dan tanyakan keadaan anak, apakah masih menangis dan sebagainya.   

Itu adalah enam tips yang bisa diterapkan untuk anak yang akan masuk prasekolah. Semoga bermanfaat ya bunda.

Baca Juga: 5 Momen Paling Bikin Deg-degan Waktu Sekolah, Kamu Ngalamin?

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You