Comscore Tracker

5 Tanda Jika Kamu & Pasangan Belum Siap Punya Momongan

Jangan memaksakan kehendak ya, nanti bisa berdampak buruk..

Selain karena cinta, menikah juga ditujukan untuk menghasilkan keturunan yang dapat meneruskan langkah keluarga. Meski sebagian pasangan suami istri merasa jika mereka sudah siap untuk kehadiran sang buah hati, namun tidak sedikit pula yang merasa belum siap. Akibatnya, mereka akan berusaha untuk menunda memiliki momongan. Agar kamu tidak berada di posisi tersebut, ketahui tanda jika kamu dan pasanganmu belum siap memiliki anak. Simak ulasannya di bawah ini

1. Masih merasa nyaman hidup hanya berdua dengan pasangan

5 Tanda Jika Kamu & Pasangan Belum Siap Punya Momonganunsplash/@carlyrae

Bagi pasangan yang baru saja menikah, momen awal-awal pernikahan umumnya menjadi masa yang paling indah sehingga kamu hanya ingin menghabiskan waktu berdua dengannya saja. Mungkin inilah alasannya mengapa kamu belum siap memiliki momongan. Salah satu satu di antara kalian bisa jadi takut terhadap perubahan yang muncul dan merusak suasana yang terasa nikmat itu.

Padahal, baik dalam waktu dekat atau lama, perubahan pasti akan terjadi setelah kamu menikah. Jadi, jika kamu khawatir akan hal tersebut, mungkin ini bukan waktu yang tepat untuk kamu memiliki momongan.

2. Kamu dan pasangan belum memiliki empati terhadap anak kecil

5 Tanda Jika Kamu & Pasangan Belum Siap Punya Momonganunsplash/@katieemslie

Salah satu kondisi mengapa kamu dan pasangan belum siap memiliki momongan mungkin karena kalian belum memiliki empati terhadap anak kecil. Bukan berarti kamu membenci anak-anak. Hanya saja, kamu kerap merasa tidak nyaman jika berada di dekat mereka dan merasa tidak mampu untuk mengurusnya.

Jadi, ketika kamu atau pasangan belum menginginkan anak, jangan takut untuk mengatakannya. Sebab, ada kemungkinan memiliki anak bukan hal yang paling tepat untuk dilakukan saat ini.

3. Masih menyukai kondisi rumah yang nyaman dan tenang

5 Tanda Jika Kamu & Pasangan Belum Siap Punya Momonganunsplash/@soroushkarimi

Alasan lain kamu dan dia belum siap memiliki pasangan adalah karena kalian masih menikmati ketenangan dan kedamaian yang ada di rumah. Singkatnya, kalian belum siap mendengar tangisan bayi dan melihat rumah dalam keadaan berantakan.

Selain itu, beberapa kondisi dalam menjalani proses kehamilan juga bisa menjadi faktor kamu belum siap kehadiran buah hati.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Anak Terus-menerus Dimanjakan Orangtua

4. Kondisi finansial kamu dan pasangan belum berada di titik yang stabil

5 Tanda Jika Kamu & Pasangan Belum Siap Punya Momonganunsplash/@kristinali

Alasan yang satu ini bisa menjadi alasan terkuat kenapa kamu dan dirinya belum siap memiliki momongan. Sebab, bukan rahasia lagi bahwa memiliki anak berarti kamu harus mempersiapkan pengeluaran lebih untuk merawat dan membesarkannya. Jika ini menjadi kekhawatiran utama kalian, benar saja bahwa kamu dan dia belum siap dengan kehadiran seorang anak.

5. Kamu dan dirinya tidak ingin kehidupan sosial yang selama ini dijalani berubah secara tiba-tiba

5 Tanda Jika Kamu & Pasangan Belum Siap Punya Momonganunsplash.com/@vdapinto

Memiliki seorang anak berarti kamu dan pasangan harus siap kehilangan kehidupan sosial yang biasa kamu lakukan. Mulai dari berhenti berpesta, bertemu dengan teman, berbelanja, bahkan waktu bekerja pun harus siap direlakan.

Pasalnya, mengurus anak bukanlah sebuah hal yang mudah. Kamu harus bisa menjadi sosok orangtua yang dapat merawatnya dengan baik. Jangan sampai kamu tetap melakukan kehidupan sosial dan menelantarkan anakmu ya.

Jangan pernah memaksakan kehendak di antara pasangan. Jika kamu memang belum siap memiliki momongan, bicarakan dengannya secara baik-baik. Namun, kalau memang kalian berdua yang belum siap, maka nikmati masa berduaan kalian selama masih bisa.

Baca Juga: 5 Perbedaan Pola Asuh Orangtua Millennial Vs Orangtua Baby Boomers

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya