Comscore Tracker

6 Tips Menata Kamar Tidur untuk Pasutri Baru Agar Terlihat Lebih Luas

Buat kamar tidur kalian lebih nyaman..

Kamar tidur yang kecil bisa saja membuat kesan terkurung dan tidak nyaman, apalagi bagi pasangan suami istri yang baru saja menikah. Niat mengisi ruangan dengan segala macam perabotan dan hadiah pernikahan, biasanya menjadi faktor yang berakibat fatal dalam dekorasi ruangan. Kalau sudah demikian, meskipun kamar tidur dioptimalisasi, kemungkinan kesan luas dan megah hanya akan menjadi angan-angan saja. 

Jika ingin membuat kamar tidur yang kecil menjadi cukup luas dan megah, kamu harus tahu bagaimana cara mendekorasinya dengan tepat. Berikut ini beberapa tips untuk membuat kamar tidur agar terlihat lebih luas.

1. Aplikasikan cat dengan warna yang cerah

6 Tips Menata Kamar Tidur untuk Pasutri Baru Agar Terlihat Lebih Luasunsplash.com/@housemethod

Warna-warna yang cerah sudah terbukti dapat membantu ilusi penambahan ruang pada kamar yang minimalis, sehingga ruangan terlihat lebih besar dan lebih terang. Pasalnya, dinding yang terang dan cerah akan lebih reflektif sehingga membuat ruang terasa terbuka dan lapang, serta membantu memaksimalkan efek yang diciptakan oleh cahaya alami. Kamu bisa menambahkan warna putih, biru muda, atau warna-warna pastel lainnya pada dinding, lantai, furnitur, bahkan bed cover dan selimut agar kamar tidak terlihat sumpek.

2. Padukan dua warna pada dinding atau gunakan wallpaper dan karpet untuk memberikan kesan ekslusif

6 Tips Menata Kamar Tidur untuk Pasutri Baru Agar Terlihat Lebih Luasunsplash.com/@devano23

Jika kamu bosan dengan warna terang yang monoton, coba padukan dua warna sekaligus. Meskipun terdengar sedikit tidak masuk akal, kamu bisa mencoba untuk menggabungkan warna paling gelap dengan warna yang paling terang untuk menciptakan ilusi optik pada ruangan. Motif dan karakter pada warna yang saling berlawanan, justru bisa membuat ruangan terlihat lebih besar.

Selain itu, kamu juga bisa menghias dinding dengan cara mural (digambar) atau memasang wallpaper bermotif untuk menghadirkan suasana yang selaras dengan kepribadianmu dan pasangan. Agar ruangan terlihat dinamis, coba juga tempatkan karpet dengan motif dan aksen warna yang beragam.

3. Perhitungkan keperluan perabotan yang ingin digunakan dan pilih furnitur yang sederhana

6 Tips Menata Kamar Tidur untuk Pasutri Baru Agar Terlihat Lebih Luasunsplash.com/@fromitaly

Tidak ada yang membuat kamar tidur menjadi terlihat kecil, selain perabotan yang berlebihan. Kamar yang berantakan sama saja dengan kamar yang lebih kecil. Dengan hal-hal yang tertata rapi, ruang yang kecil akan terlihat lebih terbuka dan lebar. Untuk dekorasi ruangan tersebut, kamu bisa mencoba untuk menggunakan perabotan yang multifungsi. Kamu juga bisa mengganti lemari besar dengan menempatkan pakaian di bawah ranjang. 

Jika kamu ingin ada hiasan di kamarmu, usahakan agar tidak menutupi dinding dan membuat lantai terasa penuh atau berantakan. Membiarkan lantai terlihat kosong merupakan salah satu kunci agar kamar terlihat lebih lapang.

Baca Juga: 10 Inspirasi Dekorasi dari Gitar Ini Bikin Rumah Makin Keren

4. Gunakan cermin besar agar ruangan terpantul dan memberikan kesan luas

6 Tips Menata Kamar Tidur untuk Pasutri Baru Agar Terlihat Lebih Luaspexels.com/@pixabay

Faktanya, cermin dapat membuat ruangan yang kecil terlihat jauh lebih besar. Tempatkan cermin di dekat jendela untuk memantulkan cahaya matahari sehingga ruangan terlihat lebih terang. Selain itu, kamu juga bisa menempatkan cermin besar di dinding, sehingga permukaan kaca membuat ruangan terpantul dan menimbulkan kesan seperti lebih terbuka. Menggunakan cermin untuk memperluas ruangan sangat tepat jika dikombinasikan dengan penerapan cat ruangan yang cerah.

5. Manfaatkan dinding untuk menaruh barang

6 Tips Menata Kamar Tidur untuk Pasutri Baru Agar Terlihat Lebih Luasunsplash.com/@dahlhouse

Terkadang, furnitur atau perabotan bisa sangat memakan banyak ruang. Oleh karena itu, dalam kamar yang sempit, setiap area di ruangan harus bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin, termasuk dinding kamar. Gunakan floating shelves untuk menempatkan barang di dinding sehingga lebih efisien dan mudah mengorganisir dibandingkan dengan memasang rak-rak yang berada di lantai dan memakan ruang yang lebih banyak.

6. Manfaatkan cahaya matahari dengan semaksimal mungkin

6 Tips Menata Kamar Tidur untuk Pasutri Baru Agar Terlihat Lebih Luaspexels.com/@milly-eaton-374605

Pencahayaan yang baik adalah elemen kunci dari membuat ruangan terlihat lebih besar. Biarkan cahaya alami di dalam ruangan membuat interior tampak lebih besar. Jika kamar tidur tidak memiliki cahaya alami yang cukup, kamu bisa menggunakan beberapa cara efektif yang kreatif dengan menggunakan perlengkapan pencahayaan.

Gunakan penutup jendela yang tipis untuk memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk. Untuk memberikan kesan yang sedikit lebih segar, kamu bisa meletakkan tanaman atau bunga di dekat jendela.

Kira-kira, itu dia beberapa tips untuk membuat kamar tidur yang kecil menjadi terlihat lebih besar. Silakan mencoba salah satunya.

Baca Juga: Natal Semakin Dekat, Hiasi Rumah dengan 5 Dekorasi Ini!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya