Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Jadi Sumber Stres dalam Rumah Tangga, Antisipasi Ya!

Ketahui dan segera hindari

Berbagi hidup dengan orang lain tak selalu mudah. Ada berbagai faktor yang bisa membuatmu dan pasangan stres dalam pernikahan. Layaknya berbagai keputusan yang diambil dalam hidup, pernikahan juga menawarkan dua sisi berbeda bagi tiap pasangan.

Bisa jadi pernikahan adalah jawaban atas segala harapan dan keinginan kamu, akan tetapi pernikahan juga bisa menjadi sumber stres dalam hidup. Nah, berikut ini beberapa hal biasanya menjadi sumber utama munculnya stres dalam rumah tangga.

1. Perbedaan prinsip dalam membesarkan anak

5 Hal yang Bisa Jadi Sumber Stres dalam Rumah Tangga, Antisipasi Ya!pexels.com/Ketut Subiyanto

Perbedaan prinsip dalam membesarkan anak bisa menjadi salah satu sumber stres dalam rumah tangga. Apalagi, kamu dan pasangan memiliki impian untuk menjadi orangtua yang ideal. 

Selain itu, perbedaan pemahaman tentang cara membesarkan anak juga bisa menjadi masalah yang cukup rumit. Maka dari itu, usahakanlah agar pemahaman kamu dan pasangan sama dalam membesarkan anak.

2. Masalah finansial atau keuangan

5 Hal yang Bisa Jadi Sumber Stres dalam Rumah Tangga, Antisipasi Ya!unsplash.com/Sharon McCutcheon

Selain soal membesarkan anak, setiap pasangan suami istri juga wajib menyatukan visi dan misi dalam hal finansial. Sebab, biasanya permasalahan yang satu ini menjadi akar perceraian yang paling besar dalam rumah tangga. 

Terlebih, jika salah satu pihak cenderung suka menghambur-hamburkan uang dan pihak lainnya bersikeras untuk menabung. Jelas dalam hal ini, permasalahan akan semakin pelik. 

Melangsungkan pernikahan saja sudah pasti memakan uang yang tidak sedikit. Jadi, cobalah untuk menyatukan pandangan kalian terlebih dahulu sebelum melangkah ke jenjang pernikahan!

3. Kehidupan seks yang buruk

5 Hal yang Bisa Jadi Sumber Stres dalam Rumah Tangga, Antisipasi Ya!pixabay.com/SasinTipchai

Meski terkesan sepele, tapi seks merupakan salah satu pilar pernikahan yang harus dijaga agar tetap memberikan kenyamanan bagi satu sama lain. Maka dari itu, terkadang tanpa disadari, masalah kehidupan seks dapat menyebabkan kamu atau pasangan stres. 

Bahkan, kehidupan seks yang buruk bisa menjadi pemicu pasangan untuk melakukan perselingkuhan. Jadi, coba ajak pasangan berdiskusi mengenai hal ini dan tanyakan padanya apakah dia menikmati hubungan intim yang dijalani atau tidak!

Jika memang terdapat masalah dalam kehidupan seks kalian, kamu bisa mengajak dia pergi ke psikolog atau ahli. Dari sana, kalian mendapatkan solusi dari masalah yang sedang dihadapi.

Baca Juga: 7 Pelampiasan Stres Ini Hanya Akan Bikin Kamu Semakin Stres

4. Munculnya masalah kesehatan yang membebani

5 Hal yang Bisa Jadi Sumber Stres dalam Rumah Tangga, Antisipasi Ya!unsplash.com/Ali Yahya

Masalah kesehatan yang muncul tiba-tiba, tentu akan sangat membebani. Terutama, jika masalah kesehatan yang dihadapi cukup serius.

Kamu pasti akan terus-menerus merasa khawatir, sementara tanggung jawab dari masing-masing pasangan semakin bertambah. Hal ini jelas dapat membuatmu stres, bukan?

5. Hilangnya rasa saling percaya akibat komunikasi yang buruk

5 Hal yang Bisa Jadi Sumber Stres dalam Rumah Tangga, Antisipasi Ya!pixabay.com/SasinTipchai

Sekilas sepele, masalah komunikasi perlahan-lahan bisa menyebabkan stres. Untuk itu, sadari apakah kamu selalu merasa frustrasi karena maksudmu kerap tak tersampaikan dengan baik pada pasangan atau sebaliknya. Jika ini terjadi terus-menerus, kamu atau pasangan bisa kehilangan kepercayaan.

Saat itu terjadi, kamu atau dia pasti akan berpikir negatif sehingga mengakibatkan rasa cemas, gelisah, dan takut yang berlarut-larut. Jadi, jangan sampai sistem komunikasi antara dirimu dan pasangan menjadi lemah.

Munculnya masalah dalam setiap pernikahan adalah hal yang wajar. Maka dari itu, jangan langsung berpikiran negatif karena adanya masalah yang hadir dalam pernikahanmu. Ini karena hal tersebut justru hanya akan menjadi sumber stres bagimu saja.

Baca Juga: 5 Perbedaan antara Sedih, Stres dan Depresi yang Harus Kamu Ketahui

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya