Comscore Tracker

5 Pertengkaran Antar Saudara Perempuan yang Membuatmu Makin Dewasa

Asal jangan sampai berjauhan ya

Siapa yang tidak bahagia jika memiliki keluarga yang harmonis, hubungan persaudaraan yang rukun, dan saling mendukung? Baik antara kakak maupun adik, semua saudara dididik untuk saling mencintai dan menghargai satu dengan lainnya.

Meski begitu bukan berarti antara saudara tidak pernah mengalami perselisihan. Termasuk antara saudara perempuan.

Baik mereka yang memiliki jarak usia sangat dekat atau yang cukup jauh, perselisihan antara saudara pasti terjadi. Apalagi untuk kaum hawa yang memiliki perasaan lebih sensitif daripada pria.

Adanya perselisihan terkadang membuat hubungan merenggang, namun akan tetap ada pelajaran yang membuat saudara ini tumbuh menjadi wanita yang dewasa.

1. Saling meminjam barang pribadi

5 Pertengkaran Antar Saudara Perempuan yang Membuatmu Makin Dewasapexels.com/giannekarla

Bukan hal yang aneh jika antara saudara saling meminjam dan menggunakan barang milik saudara mereka. Termasuk saat antar saudara perempuan meminjam dan menggunakan barang milik saudara mereka, seperti pakaian, alat makeup, dan lain sebagainya.

Ada kalanya barang tersebut dengan mudah dipinjamkan dan ada juga yang sulit untuk diperbolehkan untuk digunakan bersama.

Hal yang terpenting bukan boleh atau tidaknya, tapi bagaimana kita tetap bersikap sopan dengan meminta ijin terlebih dahulu kepada si empunya barang. Ini akan melatih kita untuk tetap bersikap sopan kepada orang lain.

2. Sulit diberi pengertian

5 Pertengkaran Antar Saudara Perempuan yang Membuatmu Makin Dewasastudyfinds.org

Banyak kondisi dalam rumah yang terkadang membuat seorang anak merasa iri terhadap saudara mereka. Misalnya saja saat sang adik mendapatkan barang yang diinginkan dengan mudah. Lalu sang kakak yang harus berusaha keras untuk mendapatkan apa yang menjadi impiannya. Atau sebaliknya. Hal inilah yang terkadang membuat perselisihan antar kedua orang saudara dalam rumah.

Tapi bukan berarti sulitnya memberi pengertian kepada adik ataupun kakak tidak memberi kita pelajaran. Sebagai kakak ataupun adik kita akan berusaha memberikan pengertian kepada saudara kita dengan memperhitungkan waktu, situasi dan kondisi saat ini sehingga meminimalisir perselisihan yang lebih besar lagi.

Baca Juga: Intip Persaudaraan Gibran, Kaesang, Kahiyang yang Family Goals Banget!

3. Kebiasaan yang dirasa merugikan

5 Pertengkaran Antar Saudara Perempuan yang Membuatmu Makin Dewasatheconversation.com

Sebagai saudara kandung bukan berarti kita tumbuh dengan karakter, kebiasaan, bahkan cita-cita yang sama. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda satu dengan lainnya. Meski terkadang kebiasaan ini membuat kita salah satunya merasa dirugikan seperti kebiasaan tidak rapi atau teledor.

Namun sebagai saudara, kita bisa tetap berkewajiban untuk saling mengingatkan. Bahkan bersikap sabar saat memberitahu hal yang baik dan tidak memaksakan kehendak untuk mengubah kebiasaan saudara kita. Hal inilah yang juga akan melatih kita untuk saling menghargai kebiasaan orang lain di sekitar kita. 

4. Kedekatan dengan orangtua

5 Pertengkaran Antar Saudara Perempuan yang Membuatmu Makin Dewasawaypointrecoverycenter.com

Perasaan iri bukan hanya bisa muncul karena keinginan kita tidak terpenuhi. Tapi bisa jadi karena kita merasa kasih sayang orang tua tidak seimbang. Bisa jadi kita merasa mereka lebih menyayangi adik atau kakak kita. Sehingga sering memperlakukan kita berbeda. Hal ini pula yang terkadang menjadi alasan dari sebuah perselisihan.

Tapi semakin kita dewasa kita akan semakin memahami bahwa kedua orang tua kita bukannya ingin pilih kasih. Mereka pun memiliki alasan untuk memberikan perlakuan tertentu pada kita maupun saudara kita. Sehingga tanpa perlu merasa iri kita bisa dengan baik memahami kondisi seperti ini baik dalam keluarga maupun di luar keluarga kita.

5. Memilih pasangan

5 Pertengkaran Antar Saudara Perempuan yang Membuatmu Makin Dewasapexels.com/subodhbajpaiphotography

Yang terakhir adalah saat kita memilih pasangan hidup, baik itu sekadar kekasih atau suami. Ada kalanya pasangan yang kita pilih tidak disukai oleh saudara kita. Bukan tanpa alasan, mereka bisa jadi tidak menyukai dan tidak memberi izin karena suatu hal. Misalnya saja sikap yang tidak baik kepada keluarga sehingga saudara kita ingin memberikan kita peringatan.

Meski akan muncul perselisihan, namun niat untuk memberikan pengertian ini bukanlah karena tidak ingin saudara kita bahagia. Justru karena kita ingin sekali menjaga hati mereka. Percayalah jika saatnya tiba nanti, saudara kita akan memahami apa niat kita. Karena memilih pasangan bukan hanya untuk diri kita sendiri tapi untuk keluarga kita juga.

Untukmu yang memiliki saudara perempuan, apakah kamu merasakan hal yang sama seperti penjelasan di atas?

Baca Juga: Bukti Patuh pada Orangtua, 8 Inspirasi Persaudaraan ala AHY dan Ibas

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You