Comscore Tracker

Pensiun dari TROS, 5 Gaya Parenting Sam Hammington yang Patut Ditiru

Cocok untuk kamu yang sedang belajar tentang parenting, nih!

The Return of Superman (TROS) merupakan sebuah acara ragam bertema keluarga asal Korea Selatan. Di sini, para ayah akan diberi kesempatan untuk mengasuh anak-anaknya tanpa bantuan sang istri, nih. Salah satu anggota yang tak pernah absen mencuri perhatian yaitu keluarga Sam Hammington. Ia merupakan seorang komedian berdarah Australia yang memiliki dua putra bernama William dan Bentley. 

Namun, baru-baru ini Sam telah mengumumkan, jika ia beserta kedua putranya akan mundur dari acara ragam tersebut. Tentu, hal ini membuat para penggemar merasa terkejut.

Sam yang dikenal sebagai orang tua dengan pola parenting baik, meninggalkan berbagai pelajaran penting dalam mendidik anak. Pasalnya, Will dan Ben telah tumbuh menjadi anak yang cerdas, hingga memiliki kepribadian baik. Tentu, hal tersebut dapat ditiru oleh penonton terutama para orang tua. Nah, untuk kamu yang penasaran, langsung saja kita simak berikut ini.

1. Tumbuhkan rasa percaya diri Will dan Ben, Sam tak pernah absen dalam berikan pujian

https://www.youtube.com/embed/E_r_BH-j45o

Selama kurang lebih 5 tahun bergabung di The Return of Superman, Sam selalu terlihat hangat dalam memberikan kasih sayang kepada Will dan Ben. Hal tersebut dibuktikan melalui kebiasaan Sam dalam menghujani kalimat-kalimat pujian untuk kedua putranya tersebut, nih.

Sebagai contoh, ketika Will dan Ben pertama kalinya mencoba surving dalam episode 364. Pada awalnya, Will dan Ben terlihat kesulitan untuk mencoba kegiatan barunya tersebut. Namun, dengan dukungan Sam yang terus meyakinkan, "Tidak akan ada masalah, kalian sudah melakukannya dengan baik. Pasti bisa. Semangat!"

Tentu, hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan diri Will dan Ben untuk mencoba kembali. Di percobaan selanjutnya, keduanya terlihat lebih berani hingga akhirnya berhasil, lho.

2. Memberikan kepercayaan pada Will dan Ben untuk menyelesaikan masalahnya sendiri

https://www.youtube.com/embed/On47spL433k

Dalam tayang 10 Januari lalu, terlihat Will dan Ben bermain bersama seperti biasa. Namun, tanpa disengaja muncul sebuah konflik kecil di tengah kegiatan mereka, nih. Sebab hal tersebut, Sam harus turun tangan untuk menengahi keduanya.

Sebagai seorang ayah, Sam sama sekali tidak memberikan judgement untuk Will dan Ben. Pertama, yang dilakukan Sam yaitu memberikan validasi atas perasaan kesal Will dan Ben. Hal ini penting, supaya anak lebih memahami apa yang mereka rasakan. 

Tentu, Sam tak akan marah tanpa alasan yang jelas. Ketika sudah mengetahui inti permasalahannya, Sam meninggalkan Will dan Ben agar mereka dapat merenungkan kesalahannya. Secara perlahan kemarahan keduanya mereda, sehingga mereka kembali bermain bersama.

3. Keberanian Will dan Ben dibentuk melalui tugas-tugas kecil yang diberikan oleh Sam

https://www.youtube.com/embed/BE2pfi06NjY

Menunjukkan kepercayaan pada anak juga dapat dilakukan dengan memberikan tugas kecil untuk mereka lakukan, nih. Sebagai contoh, ketika pertama kali Ben diberi tugas untuk membeli udang di toko dekat rumahnya.

Ketika sampai, beberapa kali Ben merasa kebingungan untuk membedakan udang dengan ikan lainnya, lho. Namun, berkat arahan Sam sebelum ia berangkat, Ben dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Selain itu, cara tersebut juga dapat meningkatkan keberanian hingga melatih tanggung jawab anak dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, nih.

Baca Juga: Adu Gaya Kang Hao Vs Bently Hammington, Swag Abis!

4. Berada di usia eksplorasi, Sam selalu siapkan cara edukasi yang menyenangkan untuk Will dan Ben

https://www.youtube.com/embed/C3FhyJlcN9U

Beberapa kali, Sam terlihat mengadakan kelasnya sendiri untuk memberikan edukasi kepada Will dan Ben. Tentu, Sam telah mempersiapkan bahan hingga materi untuk menunjang kelasnya tersebut, sehingga perhatian kedua putranya dapat terfokuskan. 

Contohnya, ketika Sam memberikan edukasi seksual kepada Will dan Ben, sebab keduanya telah berada di usia yang cukup untuk menerima pelajaran tersebut. Dalam kelasnya, Sam menjelaskan melalui kalimat-kalimat yang mudah dipahami oleh Will dan Ben, nih. 

Keduanya diberi pengertian, bahwa mereka harus menghormati tubuh orang lain, sehingga mereka tak dapat menyentuh tanpa meminta izin terlebih dahulu. Selain itu, mereka juga diajarkan tentang bagian-bagian tubuh yang menjadi area pribadi. Tentu, hal ini penting diketahui oleh anak-anak untuk menghindari hal buruk ke depannya.

5. Membangun rasa empati hingga welas asih sejak dini, Will dan Ben diajak untuk berbagi

https://www.youtube.com/embed/BEmAZLtFqCY

Ketika keluarga Sam Hammington memiliki kentang yang melimpah, Sam mendirikan sebuah stand untuk membagi-bagikan kentang tersebut kepada para tetangganya, nih. Menariknya, Will dan Ben diberi tanggung jawab untuk menjadi penjaga stand

Keduanya terlihat begitu percaya diri dalam menjalankan tugas. Ketika ada yang datang menghampiri, Will akan menjelaskan bahwa ia memiliki banyak sekali kentang, sehingga para tetangga dapat mengambil kentang tersebut secara gratis. Tentu, melihat hal tersebut banyak para penonton merasa kagum dengan kecerdasan yang dimiliki oleh Will.

Di sisi lain, mundurnya keluarga Sam Hammington secara tiba-tiba cukup mengejutkan publik, nih. Namun, hal tersebut dapat dimengerti, jika mengingat Will dan Ben membutuhkan ruang privasi lebih untuk tumbuh ke depannya. Jadi, jangan lupa untuk dukung selalu keluarga Sam Hammington, ya!

Baca Juga: 5 Sifat William Hammington "TROS" yang Bisa Dipelajari Orang Dewasa

N i n d Photo Verified Writer N i n d

Just take a deep breath and appreciate yourself. You're good enough!🌻

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya