Comscore Tracker

5 Perilaku Positif yang Perlu Diterapkan saat Mendidik Anak

Keluarga bukan hanya menghidupi tetapi memberi kehidupan 

Keluarga ialah pondasi utama dalam hidup yang selalu ada, karena keluarga merupakan satu-satunya tempat berkeluh kesah tentang semua hal. Dari sebuah keluarga juga kamu akan belajar banyak hal. Entah itu hal yang baik atau buruk untuk masa depanmu.

Untuk itu mulailah menghargai hal-hal kecil yang ada dalam keluarga, tak pernah ada yang tahu kapan keluarga kita akan meninggalkan kita nanti. Karena hal kecil dalam sebuah keluarga akan berdampak pada masa depan seorang anak juga lingkup keluarga, meski semua tak selalu berjalan mulus kamu harus tetap serius menjalani hidup dengan impian yang selalu kamu nantikan.

Berikut lima perilaku positif yang perlu kamu terapkan saat mendidik anak, catat ya!

1. Menyempatkan bercanda di waktu luang  

5 Perilaku Positif yang Perlu Diterapkan saat Mendidik AnakIlustrasi bercanda di waktu luang (unsplash.com/Allen Taylor)

Suka duka yang kita rasakan bersama keluarga merupakan momen penting dalam hidup. Jadi, manfaatkan peluang ini sebaik mungkin karena semua orang di luar sana merindukan kasih sayang dan canda tawa keluarga yang sudah hilang ataupun rapuh.

Mulailah bersyukur atas apa yang Tuhan berikan padamu saat ini. Semua akan baik-baik saja ketika hal-hal kecil dalam keluarga bisa terjaga dengan baik dan selalu terikat erat.

2. Memberi anak waktu untuk mengungkapkan keluh kesahnya 

5 Perilaku Positif yang Perlu Diterapkan saat Mendidik AnakIlustrasi memberi kebebasan pada anak (unsplash.com/Marcos Paulo Prado)

Bermain dengan gadget bersama menjadi hal yang asyik, namun coba letakkan gadgetmu sejenak lalu luangkan waktu bersama keluarga dengan memberikan anak peluang untuk mengungkapkan apa yang selama ini mereka pendam.

Hal ini akan menjadi rutinitas yang menyenangkan dan membuat dirimu lega karena terhindar dari berbagai macam masalah yang kamu pendam. Namun tak semua orangtua memiliki waktu yang banyak untuk mengobrol dengan anak di waktu luang. Untuk itu sempatkanlah waktu yang ada agar tak menyesal jika semua telah berubah.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Merasa Dianaktirikan dalam Keluarga

3. Menyempatkan waktu untuk menonton bersama  

5 Perilaku Positif yang Perlu Diterapkan saat Mendidik AnakIlustrasi menonton bersama keluarga (unsplash.com/Ave Calva)

Berbagai genre film menarik sekali untuk ditonton bareng keluarga, kamu akan senang jika semua berkumpul dan menyempatkan waktu luangnya. Sensasi menonton bersama keluarga yang akan membuatmu menjadi momen yang lucu dan unik nantinya.

Dari momen ini kamu akan menemukan kebahagiaan kecil dalam keluarga yang akan selalu terkenang sehingga kebahagiaan dan keharmonisan selalu ada setiap waktu.

4. Menyadari betapa pentingnya komunikasi dalam lingkungan keluarga 

5 Perilaku Positif yang Perlu Diterapkan saat Mendidik AnakIlustrasi komunikasi antar orangtua dan anak (unsplash.com/Ann Danilina)

Beristirahat dari rutinitas sejenak membuatmu sadar bahwa banyak sekali hal yang kamu lewatkan sehari-hari. Begitu juga berkumpul dengan keluarga akan menjadi momen yang menarik ketika kita memulai obrolan yang mendalam tentang kehidupan dan dapat menghargai pendapat satu dengan yang lain.

Karena komunikasi ialah kunci penting memahami dan menghargai satu sama lain. Hilangnya komunikasi akan membuat lingkup keluarga menjadi hambar dan kurang kasih sayang.

5. Berbagi hal-hal positif

5 Perilaku Positif yang Perlu Diterapkan saat Mendidik AnakIlustrasi berbagi kasih sayang (unsplash.com/Jonathan Sanchez)

Berbagi hal-hal positif dalam lingkup keluarga itu penting, luangkan waktu sejenak untuk mengobrol bersama. Ini akan menjadikan keluargamu saling mengerti dan memegang prinsip masing-masing walaupun selalu berbeda pendapat.

Karena di waktu luang inilah keluarga merupakan satu-satunya orang yang akan menguatkan kita dari berbagai masalah. Mereka akan selalu mendukungmu dari belakang dan bangga dengan semua pencapaianmu.

Pengalaman kehidupan akan memberimu kekuatan menjalani kehidupan tanpa kepastian, aspek keluarga sangat penting untuk perkembangan anak dan pentingnya kasih sayang orangtua. 

Tetaplah mendukung anak dari segala aspek yang ada. Keharmonisan dalam keluarga ialah penopang bagi anak untuk tetap berkembang dan antusias dalam segala hal. Sayangilah keluargamu sebagai keluarga yang baik, meski setiap permasalahan selalu ada pertengkaran bukan berarti harus mengorbankan kehidupan keluarga.

Baca Juga: Lindungi Diri dan Keluarga dari COVID-19, Terapkan 6 Hal Penting Ini

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya