Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Toxic Parent, Tak Perlu Menghindari Lagi Ya!

Yakin deh, kamu bisa lalui semuanya

Pembahasan mengenai toxic parent masih sangat tabu. Publik masih menganggap semua cara orangtua dalam mendidik dan memperlakukan anaknya selalu benar.

Padahal, tanpa disadari, toxic parent tidak akan memberi pengaruh positif, rasa aman, sayang dan cinta pada anak. Justru malah memberikan perasaan insecure, tidak percaya diri bahkan depresi.

Oleh sebab itu, jika kamu merasa berasa dalam toxic parent, maka kamu perlu cara untuk menghadapi orangtua dengan benar agar tidak saling menyinggung. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan. 

1. Tidak perlu menghindar, hadapi semuanya

5 Cara Menghadapi Toxic Parent, Tak Perlu Menghindari Lagi Ya!pexels.com/bruce mars

Berhadapan dengan orangtua yang selalu mengkritiki dan tidak pernah mendukung sangat melelahkan, bukan? Namun, hal itu bukan berarti kamu harus menghindar.

Selain membuat orangtua tersinggung, menghindarinya hanya akan membuat hubunganmu dan orangtua renggang. Oleh sebab itu, kamu harus menghadapi semuanya, tapi bukan berarti kamu harus menyetujui semua perkataan orangtuamu. 

2. Arahkan topik obrolan pada hal yang positif

5 Cara Menghadapi Toxic Parent, Tak Perlu Menghindari Lagi Ya!pexels.com/Tirachard Kumtanom

Ketika orangtua sudah mulai berbicara mengenai hal apapun yang kamu lakukan lalu mengkritikinya tanpa memberikan dukungan atau saran, kamu tidak perlu marah. Alihkan saja obrolan tersebut pada sesuatu yang lebih positif, seperti kamu menanyakan bagaimana perkembangan adikmu atau menanyakan kabar saudaramu yang akan menikah. Saat kamu mengalihkan pembicaraan tersebut, orangtuamu juga akan lupa pada omongan toxic yang mereka berikan padamu. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Orangtua yang Merugikan Anak Saat Dewasa

3. Beri pengertian dan jawaban tegas

5 Cara Menghadapi Toxic Parent, Tak Perlu Menghindari Lagi Ya!pexels.com/VisionPic.net

Sebenarnya kritikan yang diberikan orangtua adalah ingin anaknya mendapatkan hal yang terbaik. Namun, terkadang mereka lupa bahwa kritikan yang mereka berikan justru membuat anak semakin terpuruk dan merasa tidak dihargai.

Agar tidak dikatakan sebagai anak yang durhaka, ada baiknya kamu memberi pengertian saat orangtuamu mulai berbicara. Setelah memberi pengertian, beritahu mereka bahwa kamu bisa mengatur semua perilaku dan masa depanmu. Pastinya kamu juga ingin terbaik untuk dirimu sendiri, bukan? 

4. Konsultasilah jika masalahmu terlalu berat

5 Cara Menghadapi Toxic Parent, Tak Perlu Menghindari Lagi Ya!pexels.com/Christina Morillo

Berada dalam lingkungan toxic parent memang sangat menjengkelkan. Jika kamu merasa sangat berat menghadapi semua yang terjadi, maka berkonsultasilah pada psikolog yang kamu inginkan.

Ceritakan semua masalahmu dan bagaimana keinginanmu nantinya. Psikolog akan memberikan sarannya untukmu. Kamu juga akan merasa lebih lega saat berani menceritakan semua beban yang selama ini kamu rasakan. 

5. Cari dukungan dari orang yang kamu percayai

5 Cara Menghadapi Toxic Parent, Tak Perlu Menghindari Lagi Ya!unsplash.com/Eye For Ebony

Tidak hanya konsultasi saja, kamu juga perlu mencari dukungan atas hidupmu. Mintalah dukungan dari orang yang dekat denganmu dan kamu percayai. Tentunya mereka juga tidak akan keberatan untuk mendukung setiap langkahmu.

Memiliki dukungan yang tulus akan membuat hidupmu lebih bermakna, tidak ada kata sia-sia dalam perjuangan yang telah kamu lakukan. Meskipun kedua orang tuamu tidak mendukung, masih ada orang lain yang masih peduli padamu. 

Itulah lima cara menghadapi toxic parent yang bisa kamu lakukan. Awalnya memang tidak mudah, tapi kamu akan belajar dewasa saat melalui semuanya. Jangan putus asa, kamu tidak sendiri, masih banyak yang dapat mendukungmu. 

Baca Juga: Orangtua Wajib Tahu, 5 Hal Ini Tidak Boleh Kamu Paksakan pada Anak

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya