Comscore Tracker

5 Cara Latih Anak Berani Tampil di Depan Umum

Ibu-ibu wajib tau!

Di antara banyak sifat yang dimiliki anak, pemalu adalah salah satunya. Dalam sebuah keluarga, terkadang ada adik yang lebih berani berbicara di depan umum dibanding kakaknya. Hal ini wajar terjadi. Anak cenderung pemalu karena terkadang belum terbiasa bertemu dengan orang asing. 

Para Ibu pasti menginginkan anaknya mudah berkomunikasi dengan orang lain dan berani tampil di depan umum. Anak harus melawan rasa malunya dan berani menyampaikan pendapatnya. Sayangnya, tidak semua Ibu mengerti cara melatihnya dan berpikiran bahwa pemalu adalah sifat yang tertanam dalam diri anaknya. Padahal, semua itu dapat diubah, meski tidak dengan cara yang instan alias semua caranya perlu proses. Nah, berikut ada beberapa tips cara melatih anak supaya berani tampil atau berbicara di depan umum.

1. Berikan stimulasi agar anak terbiasa menyampaikan pendapatnya

5 Cara Latih Anak Berani Tampil di Depan UmumKlaschools.com

Memberikan stimulasi pada anak agar ia terbiasa menyampaikan pendapatnya perlu dilakukan. Ibu dapat memberikan stimulasi dengan bertanya kepada anak mengenai hal-hal yang ada pada kehidupan sehari-harinya. Contohnya, bertanya "hari ini mau makan apa?" Ketika anak menyebutkan makanan yang ia mau, Ibu lantas menjawab, "kenapa kamu memilih menu makanan itu?"

2. Melatih anak untuk berbicara atau berkenalan dengan orang lain

5 Cara Latih Anak Berani Tampil di Depan UmumNiahouse.org

Biasanya anak yang pemalu cenderung sulit untuk berkenalan dengan orang baru. Ibu sebagai role model bagi anaknya wajib memberi contoh pada anak untuk berkenalan atau menyapa orang baru. Contohnya ketika sedang menaiki kendaraan umum, Ibu dapat memberikan contoh salam pembuka sebelum memulai percakapan dengan orang baru agar anak dapat dengan mudah mencontohnya.

3. Biarkan anak bermain dengan teman seusianya

5 Cara Latih Anak Berani Tampil di Depan UmumTodaysparent.com

Biasanya anak cenderung lebih nyaman ketika bermain dengan teman seusianya. Anak dapat lebih mudah untuk terbuka dan percaya diri ketika bersama temanya. Nah di sini, Ibu perlu membiarkan anak bebas bermain dengan teman seusianya. Tapi tetap, mengawasi dan mengontrol pertemanan anak juga perlu, agar anak tidak terbawa pergaulan yang buruk.

Baca Juga: Bagi Orangtua yang Bercerai, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Kepada Anak

4. Menunjukan empati pada anak

5 Cara Latih Anak Berani Tampil di Depan UmumScarymommy.com

Anak terkadang sering merasa malu ketika salah bertindak di depan umum. Salah satu cara Ibu untuk menghapus rasa malu pada anak adalah dengan memberi empati padanya. Berikan motivasi supaya anak dapat bangkit kembali.

5. Meminta anak untuk menyanyi atau menari di depan keluarga

5 Cara Latih Anak Berani Tampil di Depan Umumfreepik/asier-relampagoestudio

Meminta anak untuk tampil menyanyi, menari atau membaca puisi di depan keluarga atau keluarga besar adalah salah satu cara untuk melatih anak supaya berani tampil di depan umum. Semakin sering anak berlatih tampil di depan umum, maka anak akan semakin terbiasa untuk tampil di depan umum.

Itulah beberapa cara melatih anak untuk terbiasa tampil di depan umum. Jadi, Ibu siap mencoba beberapa tips tersebut?

Baca Juga: 5 Cara Melatih Anak untuk Rajin Belajar, Orangtua Wajib Tahu!

Rara Hidayah Photo Verified Writer Rara Hidayah

Life is never-ending learning process.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya