Comscore Tracker

5 Manfaat Mengenalkan Si Kecil Bahasa Jawa Krama Sebagai Bahasa Ibu

Selamat hari bahasa ibu internasional

Dilansir dari wikipedia krama adalah suatu tingkatan bahasa dalam bahasa Jawa. Bahasa ini paling umum dipakai di kalangan orang Jawa. Pemakaiannya sangat baik untuk berbicara dengan orang yang dihormati atau orang yang lebih tua. Biasanya orang tua sengaja mengenalkan bahasa Jawa untuk anaknya sedari kecil melalui kebiasaan di rumah mereka dan lingkungan.

Mengenalkan si keci bahasa Jawa krama sebagai bahasa ibu bagi orang Jawa khususnya merupakan hal yang baik dilakukan. Dengan kebiasaan berbahasa Jawa krama, anak mulai terbiasa dengan adat juga budaya Jawa yang sangat menjunjung tinggi rasa hormat kepada orang yang lebih tua. Banyak manfaat mengenalkan si kecil bahasa Jawa krama sebagai bahasa ibu, berikut 5 di antaranya:

1. Melestarikan budaya

5 Manfaat Mengenalkan Si Kecil Bahasa Jawa Krama Sebagai Bahasa IbuPixabay.com/christopher1710

Dengan mengenalkan bahasa Jawa krama kepada si kecil sejak dini sedikit banyak akan membiasakannya untuk mengenal adat dan budaya Jawa khususnya. Dari bahasa Jawa alus kemudian bisa merambah ke lagu daerah dan adat kebiasaan budaya Jawa akan menjadikan si kecil paham akan pentingnya budaya Jawa untuk mereka yang notabene keturunan Jawa. Dengan mengenalkan si kecil bahasa Jawa krama juga biasa melestarikan budaya Jawa yang selalu menjunjung tinggi kesopanan terhadap orang yang lebih tua.

2. Ada nilai kesopanan di dalamnya

5 Manfaat Mengenalkan Si Kecil Bahasa Jawa Krama Sebagai Bahasa IbuPixabay.com/rosemtara

Bahasa Jawa krama mengajarkan kita untuk lebih bersikap sopan dan menghargai mereka yang lebih tua. Dengan mengenalkan si kecil sejak dini akan pentingnya pemakaian bahasa Jawa krama untuk percakapan sehari-hari dengan orang yang lebih tua darinya, kebiasaan itu akan ia bawa hingga dewasa kelak. Nilai-nilai kesopanan yang ia dapat dari kebiasaan di lingkungan rumah akan membawa dampak positif di lingkungan di mana ia berada.

3. Sebagai cara menanamkan rasa hormat kepada orang tua

5 Manfaat Mengenalkan Si Kecil Bahasa Jawa Krama Sebagai Bahasa IbuPixabay.com/sasint

Proses mengenalkan si kecil dengan bahasa Jawa krama sebagai bahasa ibu untuknya, bisa dijadikan sarana untuk bisa menanamkan rasa hormat kepada orang tua. Bahasa krama yang sejatinya digunakan untuk berbicara dengan orang yang lebih tua, akan menjadikan anak paham akan pentingnya unggah-ungguh dan rasa hormat kepada orang tua. Jika hal tersebut sudah ditanamkam sejak dini, akan berdampak positif ketika ia kelak dewasa. Secara turun temurun kebiasaan memakai bahasa Jawa krama kepada orang yang lebih tua akan diteruskan oleh setiap keturunannya.

4. Bisa membantu tumbuh kembang si kecil

5 Manfaat Mengenalkan Si Kecil Bahasa Jawa Krama Sebagai Bahasa IbuPixabay.com/sasint

Bahasa Jawa khususnya bahasa Jawa krama menjadi bahasa yang mungkin hanya sering ditemui di tanah kelahiran mereka. Lain halnya dengan bahasa indonesia yang memang menjadi bahasa nasional yang bisa kita terapkan di mana saja. Dengan mengenalkan si kecil bahasa yang lain selain bahasa indonesia akan membantu tumbuh kembang anak dengan baik. Kemampuan memiliki bahasa lebih dari satu akan meningkatkan kemampuan daya ingat yang lebih kuat.

5. Bisa mempererat hubungan antara anak dengan keluarga

5 Manfaat Mengenalkan Si Kecil Bahasa Jawa Krama Sebagai Bahasa IbuPixabay.com/sasint

Dengan mengenalkan bahasa Jawa krama bagi mereka yang notabene keturunan Jawa akan mempererat hubungan anak dengan keluarga. Baik itu anak dengan orangtua, kakek, nenek, bude, pakde ketika seorang anak menggunakan bahasa Jawa krama akan menimbulkan kedekatan tersendiri. Sebagai anak akan terbiasa dilatih untuk menghormati orang yang lebih tua, sementara dari sisi orang yang lebih tua akan merasa dihargai dan semakin sayang dengannya.

Demikian 5 manfaat mengenalkan si kecil bahasa Jawa krama sebagai bahasa ibu. Banyak manfaat positif yang bisa diambil, selain untuk si kecil juga demi kelestarian bahasa daerah yang perlu kita lestarikan. Pada dasarnya bahasa daerah sangatlah unik dan menarik, dengan mengenalkannya kepada anak sedari kecil akan menjadi kebiasaan turun temurun yang nantinya juga akan ia terapkan kepada anaknya kelak.

Baca Juga: 7 Kata Bahasa Jawa yang Sulit Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya