Comscore Tracker

Biar Berkah, Simak 5 Cara Berdamai dengan Orangtua yang Suka Berdebat

Ambil sisi baiknya, mereka pasti memikirkan kebaikan anaknya

Ada kalanya hubungan anak dan orangtua berjalan tidak akur karena terjadi perdebatan. Orangtua yang merasa lebih tahu membuat anak jadi tak punya kuasa untuk menyampaikan suaranya.

Sebagai anak yang baik, kita perlu pandai-pandai bersikap demi kebaikan diri sendiri dan kebahagiaan orangtua. Karena bagaimana pun juga mereka adalah orang yang sangat berjasa dalam hidup kita. 

Nah, simak lima cara berdamai dengan orangtua yang suka berdebat ini guys!

1. Melihat dari sudut pandang yang sama

Biar Berkah, Simak 5 Cara Berdamai dengan Orangtua yang Suka Berdebatdramabeans.com

Perdebatan panjang antar anak dan orangtua terjadi karena tidak ada kesamaan sudut pandang yang dilihat. Anak sebaiknya mengalah demi kerukunan keluarga. Satukan sudut pandang kalian dengan orangtua. Akhirnya pada titik ini kamu sebagai anak pun akan mengerti apa maksud pertentangan yang orangtua berikan. 

2. Mengingat posisi mereka sebagai orangtua

Biar Berkah, Simak 5 Cara Berdamai dengan Orangtua yang Suka Berdebatdramabeans.com

Jangan marah hingga memuncak dan sampai pada titik terparah, ingat bahwa kamu sedang berhadapan dengan orangtua. Jangan berlaku seenaknya sebab kamu dilahirkan, dibesarkan dan diberi kasih sayang penuh oleh mereka bahkan sejak sebelum hadir di bumi. 

Baca Juga: 5 Hal Bijak Kalau Hubunganmu dengan Kekasih Tak Direstui Orangtua

3. Cukup ambil sisi baiknya

Biar Berkah, Simak 5 Cara Berdamai dengan Orangtua yang Suka Berdebatdramabeans.com

Memang sudah sepatutnya anak menjadi penurut ketika punya orangtua yang berkarakter keras saat berdebat. Toh, jika dipikir-pikir apa yang mereka katakan itu semua pasti demi kebaikan anaknya. Orangtua yang mempertahankan pendapatnya memiliki alasan khusus yang sudah sepatutnya dimengerti oleh anak. 

4. Bersyukur dengan keadaan ini

Biar Berkah, Simak 5 Cara Berdamai dengan Orangtua yang Suka Berdebatdramabeans.com

Di balik sisi mengalah yang seolah membuat anak terpaksa menerima keadaan orangtua yang suka berbeda pendapat, ada hal baik lain yang mestinya kamu syukuri. Banyak orang di luar sana yang tidak bisa menerima hal seperti kalian.

Entah itu karena orangtua yang sibuk degan pekerjaan, tidak peduli dan masa bodoh terhadap anak atau yang sedihnya mereka yang sudah ditinggal orangtua untuk selamanya. 

5. Bersabar karena suatu saat kamu akan mengalami hal yang sama

Biar Berkah, Simak 5 Cara Berdamai dengan Orangtua yang Suka Berdebatdramabeans.com

Ada alasan lain lagi kenapa kamu harus bersabar ketika berdebat dengan orangtua, karena suatu saat kamu akan mengalami hal yang sama. Sekarang anak mungkin belum tumbuh dewasa dan membina rumah tangga, tapi nanti pada waktunya kamu pun akan menjadi seorang orangtua yang memiliki anak dan bersikap seperti yang orangtua dulu lakukan.

Sudah sepatutnya orangtua diperlakukan dengan penuh hormat dan tidak dibantah meski sedang beradu pendapat. Banyak cara baik lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menyampaikan apa yang ada dalam hati kalian. 

Baca Juga: 6 Cara Ini Yakinkan Orangtua untuk Gelar Pernikahan Sederhana

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You