Comscore Tracker

5 Pembelajaran yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendewasakan Adikmu

Jadilah panutan yang baik untuk adikmu

Tahukan kamu? Bukan hanya orang tua yang bisa jadi panutan, seorang kakak pun bisa menjadi panutan untuk adiknya. Kamu juga bisa memberikan pengaruh pada adikmu dalam proses pertumbuhannya. Oleh karena itu, jadilah kakak yang baik agar bisa menjadi panutan yang baik juga untuk adikmu.

Kamu bisa memulainya dari hal sederhana, seperti melakukan aktivitas bersama dan mendukungnya agar terus maju hingga menjadi orang sukses dan bertanggung jawab. Kamu bisa melakukan lima pembelajaran ini agar bisa mendewasakan adikmu.

1. Berprestasi di sekolah dan bertanggung jawab di rumah

5 Pembelajaran yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendewasakan Adikmupixabay/paologhedini

Berikan contoh yang baik dengan berhasil di sekolah dan mengerjakan tanggung jawab di rumah. Seperti mendapatkan ranking di sekolah, menang dalam perlombaan dan bertanggung jawab mengurus kebutuhan sendiri saat di rumah.

Kamu bisa mengajarkan kepada adikmu untuk mencoba melakukan semuanya sendiri, meraih apa yang ia mau dan baru meminta tolong saat merasa kesulitan. Dengan bertanggung jawab pada semua kegiatan yang kamu lakukan, kamu dapat menjadi role model yang baik baginya. 

2. Menghormati orang tua, kerabat dekat dan orang yang lebih tua

5 Pembelajaran yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendewasakan Adikmupixabay/Victoria_Borodinova

Sebagai seorang kakak kamu bisa mengajarkan adikmu untuk menghormati orang tua, kerabat dekat dan orang yang lebih tua. Kamu bisa menunjukkannya dengan dimulai dari sikapmu, seperti berbicara dengan sopan dan bersikap baik. Dengan begitu kamu mengajarkan kepada adikmu betapa pentingnya untuk menghormati orang tua atau yang lebih tua. 

3. Berteman dan bersosialisasi di lingkungan yang sehat

5 Pembelajaran yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendewasakan Adikmupixabay/Victoria_Borodinova

Saat berkumpul dengan teman-teman ajaklah adikmu, agar ia bisa belajar bersosialisasi dan berinteraksi denga lingkungan sekitar. Ajarkan juga kepada adikmu cara memilih teman, mana teman yang baik dan mana yang bukan. Dengan begitu adikmu dapat berada di lingkungan yang sehat karena memilih dalam pergaulannya. Katakan bahwa teman dapat memberikan perngaruh baginya sehingga ia harus bisa memilih saat bergaul di lingkungan sekitar. 

Baca Juga: Menurut Riset, Hidup Tanpa Saudara Kandung Bisa Pengaruhi Otakmu

4. Mengakui kesalahan dan meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat

5 Pembelajaran yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendewasakan Adikmupixabay/Victoria_Borodinova

Walau kamu lebih tua dan berstatus sebagai seorang kakak, bukan berarti kamu tidak mau mengakui kesalahan yang kamu buat. Jadilah panutan yang baik bagi adikmu, maka akuilah kesalahanmu dengan berani dan meminta maaf atas kesalahan tersebut.

Jika kamu melakukan kesalahan kepada adikmu, maka meminta maaflah kepadanya. Atau jika kamu melakukan kesalahan kepada orang tua, tunjukkan di hadapan adikmu bahwa kamu dengan jujur dan berani mengakui kesalahanmu. Kemudian meminta maaf dan berjanji untuk tidak mengulanginya. Dengan begitu, adikmu akan belajar nilai dari sebuah kejujuran dan keberanian mengakui kesalahan.

Adikmu juga akan memahami bahwa berbuat salah adalah hal yang wajar, setiap orang pasti pernah melakukannya, tinggal bagaimana ia mengakuinya agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. 

5. Berperilaku baik dengan orang lain dan mengajarkan konsekuensi dari tindakan yang diambil

5 Pembelajaran yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendewasakan Adikmupixabay.com/Victoria_Borodinova

Katakan kepada adikmu jika perilaku buruk yang dilakukan akan memberikan pengaruh kepada orang lain. Misalnya saat adikmu menyukai mainan temannya dan memaksa untuk meminjamnya. Katakanlah bahwa memaksa bukanlah hal yang baik, berikan contoh saat ia berada di posisi tersebut, bukankah tidak menyenangkan saat barang yang kita sukai dirampas oleh orang lain?

Dengan begitu ia akan tahu bahwa ada konsekuensi dari setiap tindakan yang dilakukan. Kemudian katakanlah bahwa perilaku tersebut tidak baik dan bisa membawa akibat yang negatif bagi orang lain.

Itulah lima pembelajaran yang dapat kamu lakukan untuk mengajarkan kedewasaan pada adikmu. Tunjukkanlah bahwa kamu bisa menjadi panutan bagi adikmu. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Bisa Kehilangan Kontrol Atas Ucapanmu Sendiri

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya