Comscore Tracker

5 Cara Mempererat Ikatan Persaudaraan Agar Tetap Harmonis

Tunjukkan bahwa kamu peduli kepadanya

Biasanya saat bertambah usia dan kedewasaan, kamu menjadi semakin jauh dari keluarga karena banyaknya aktivitas yang kamu lakukan di luar rumah. Kamu menjadi sibuk dengan urusanmu sendiri hingga kamu tidak memperhatikan sekelilingmu. Jangan biarkan hal tersebut menjadi berlarut-larut hingga akhirnya membuatmu lupa menjaga ikatan persaudaraan dengan kakak atau adik di rumah.

Ingatlah bahwa menjaga hubungan persaudaraan dengan saudara kandung adalah hal yang penting, karena saat kamu mengalami kesulitan, keluarga adalah orang pertama yang akan membantu dan membelamu. Oleh karena itu pereratlah ikatan persaudaraanmu agar tetap harmonis di keluarga. Kamu bisa melakukannya dengan lima cara ini. 

1. Jangan ragu menolongnya saat ia meminta bantuan dan jangan memperhitungkan tenaga yang kamu keluarkan

5 Cara Mempererat Ikatan Persaudaraan Agar Tetap Harmonispexels/Julia M Cameron

Tolonglah sekalipun ia tidak meminta, jika kamu melihat ia kesulitan mengerjakannya maka kamu bisa menawarkan bantuan kepadanya. Jangan ragu untuk membantu saudaramu saat ia meminta tolong dan jangan memperhitungkan tenaga yang kamu keluarkan untuknya, karena kalau bukan dengan keluarga maka ia akan meminta tolong kepada siapa? Respons kamu yang membantunya menandakan bahwa kamu mempedulikannya dan sayang kepadanya. 

2. Hadir dalam acara penting di dalam hidupnya

5 Cara Mempererat Ikatan Persaudaraan Agar Tetap Harmonispexels/Fernanda Latronico

Berikan dukungan moril kepadanya dengan hadir dalam acara penting di dalam hidupnya. Seperti hadir dalam perlombaan yang ia ikuti, wisuda, lamaran atau pernikahan. Menjadi bagian dalam moment indahnya akan memberikan kenangan atau memori yang tidak terlupakan olehnya. Kehadiranmu menandakan bahwa ia sangat penting dalam hidupmu sebagai keluarganya. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Layak Diklaim Jadi Saudara Terbaik, Asyik dan Pengertian!

3. Membelanya saat ia dalam situasi yang tidak menyenangkan

5 Cara Mempererat Ikatan Persaudaraan Agar Tetap Harmonispexels/Andrea Piacquadio

Seperti saat ia diganggu oleh teman-temannya atau saat kamu mendengar orang lain membicarakan keburukannya. Kemudian tenangkan perasaan saudaramu dan katakanlah bahwa semua akan baik-baik saja. Tetaplah bersama dengannya hingga ia merasa lebih baik. Jika memungkinkan kamu bisa membicarakan kepada orang tuamu untuk mencari solusinya, seperti pindah sekolah agar saudaramu tidak mengalami bullying kembali atau merencanakan acara jalan-jalan agar ia melupakan masalah yang ia hadapi. 

4. Memotivasinya agar terus mengejar impiannya

5 Cara Mempererat Ikatan Persaudaraan Agar Tetap Harmonispexels/RUN 4 FFWPU

Saat saudaramu menceritakan mengenai impiannya maka dukunglah ia agar ia bisa meraihnya. Jangan mematahkan semangatnya dengan mengatakan memangnya kamu bisa? Memotivasi dirinya jauh lebih baik dibandingkan kamu meragukan kemampuannya. Jika bukan dari orang terdekatnya yang mendukungnya, lalu siapa lagi? Oleh karena itu, percayalah pada kemampuannya, jika perlu kamu bisa membantunya mengikuti les demi mengembangkan kemampuannya. 

5. Menghabiskan waktu bersama-sama

5 Cara Mempererat Ikatan Persaudaraan Agar Tetap Harmonispexels/Andrea Piacquadio

Kegiatanmu sudah penuh di hari kerja, maka saat datang hari libur, cobalah meluangkan waktu untuk kumpul bersama dengan saudaramu. Seperti menonton TV, mendengarkan musik, memasak atau bermain bersama. Melakukan kegiatan bersama akan membuatnya mendapatkan moment spesial dan berharga bersama keluarganya.

Menjaga hubungan tetap harmonis dengan keluarga sangatlah diperlukan karena kenangan atau moment bersama keluarga memberikan kebahagiaan tersendiri yang tidak dapat dilupakan. 

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Saudara Kandung yang Punya Sikap Narsistik

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya