Comscore Tracker

Sibuk? Simak 5 Tips Mendampingi Anak Belajar untuk Orangtua Bekerja

Mari tularkan semangat positif untuk si kecil, ya

Selama masa pandemi korona, mendampingi anak-anak belajar daring di rumah sekaligus menyelesaikan pekerjaan dari rumah tentunya merupakan tantangan baru yang harus dihadapi. Analisis Urban Institure terhadap data dari Federal Household Pulse Survey menunjukkan jika hanya 45 persen orangtua yang terlibat dalam pembelajaran daring anak-anak.

Sebagai orangtua yang bekerja, tentunya manajemen waktu menjadi hal yang diperlukan dalam situasi ini, terlebih karena tanggung jawab pekerjaan dan anak-anak sama-sama hal yang penting.

Nah, oleh karena itu, berikut lima tips mendampingi anak belajar secara daring sambil tetap melakukan pekerjaan di rumah. 

1. Membangun suasana yang positif di rumah

Sibuk? Simak 5 Tips Mendampingi Anak Belajar untuk Orangtua Bekerjatime.com/Time Magazine

Tentunya, belajar secara daring dari rumah membuat anak-anak merasa lebih mudah bosan, terutama karena mereka tidak dapat bertemu dengan teman-teman mereka dan bermain bersama. Orangtua dapat menunjukkan ketertarikan terhadap kegiatan belajar mereka serta membiarkan mereka bercerita tentang hal menarik yang mereka pelajari selama pembelajaran daring.

Sebuah penghargaan yang positif, misalnya reward kecil untuk mereka tentunya dapat menjadi motivasi belajar yang positif untuk anak-anak. Malam hari setelah selesai bekerja atau akhir pekan dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas bersama dengan anak.

Orangtua dapat melakukan kegiatan menyenangkan di rumah, seperti misalnya memasak bersama, membuat cookies, bereksperimen terkait pelajaran mereka, atau bermain bola di halaman rumah.

Tentunya, waktu yang berkualitas dengan anak dapat membantu terciptanya relasi positif dengan anak sekaligus waktu relaksasi bagi orangtua maupun anak. 

2. Buat schedule

Sibuk? Simak 5 Tips Mendampingi Anak Belajar untuk Orangtua Bekerjachildrens.com/Children's Health)

Buatlah jadwal pembelajaran, termasuk memberikan waktu istirahat bagi anak-anak selama pembelajaran daring di rumah. Orangtua dapat membuat jadwal bersama-sama agar dapat saling menyesuaikan sekaligus memberikan contoh bagi anak-anak tentang pentingnya manajemen waktu.

Dengan membuat jadwal bersama-sama, orangtua dapat menyesuaikan jadwal bekerja dengan jadwal mendampingi anak belajar sehingga tidak ada yang perlu dikorbankan antara anak dan pekerjaan. Orangtua dapat sesekali melihat proses pembelajaran anak dan tetap memberikan semangat untuk anak.

Selain itu, orangtua dapat meminta mereka untuk mengerjakan tugas yang mudah terlebih dahulu dan menunggu orangtua untuk mengerjakan tugas yang lebih sulit.

Baca Juga: Bapak Ibu Guru, Berikut 7 Tips Belajar Daring Efektif dan Menyenangkan

3. Menjaga komunikasi dengan sekolah, guru, dan orangtua lainnya

Sibuk? Simak 5 Tips Mendampingi Anak Belajar untuk Orangtua Bekerjareachinghighernh.org/Reaching Higher NH

Komunikasi antara orangtua dengan guru dan pihak sekolah dapat menjadi salah satu cara yang baik agar anak-anak dapat pembelajaran daring anak berjalan efektif di rumah. Sekolah dapat berkomunikasi dengan orangtua lewat pertemuan daring untuk selalu mengetahui proses dan melakukan evaluasi terhadap pembelajaran daring anak-anak.

Selain itu, orangtua juga dapat menyampaikan kendala selama pembelajaran daring pada guru agar mendapatkan trik dan strategi baru dalam mendampingi anak belajar secara daring.

Berkomunikasi dengan orangtua lainnya juga membantu orangtua saling berbagi tentang tips yang mereka coba untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran daring, terutama bagi orangtua yang bekerja. 

4. Saling bekerja sama dengan anggota keluarga lainnya

Sibuk? Simak 5 Tips Mendampingi Anak Belajar untuk Orangtua Bekerjafamilyapp.com/FamilyApp

Selain bekerja sama dengan guru, sekolah, dan orangtua lainnya, orangtua juga dapat bekerja sama dengan anggota keluarga lainnya di rumah. Orangtua dapat saling berbagi waktu untuk mendampingi anak belajar selama pagi dan siang hari.

Selain itu, jika anak memiliki saudara yang lebih tua, entah sepupu atau saudara kandung, orangtua dapat mendelegasikan tugas bagi mereka agar dapat mendampingi adiknya belajar atau bahkan belajar bersama.

Pastikan pihak yang membantu orangtua dalam mendampingi anak-anak belajar memahami cara penggunaan perangkat yang dibutuhkan selama pembelajaran daring.  

5. Sempatkan waktu untuk menenangkan diri

Sibuk? Simak 5 Tips Mendampingi Anak Belajar untuk Orangtua Bekerjahoneykidsasia.com/HoneyKids Asia

Berdaptasi dengan materi pelajaran dan kurikulum sekolah mungkin tidaklah mudah untuk orangtua. Tapi tidak perlu khawatir atau stres ketika orangtua belum memahami apa yang dipelajari anak-anak.

Orangtua juga butuh waktu khusus untuk menenangkan diri dan beristirahat, setelah mencoba mengatur dua kebutuhan penting antara pekerjaan dan anak-anak.

 

Jadi, jangan lupa untuk melakukan hal kecil yang menyenangkan bersama keluarga agar tetap sehat secara fisik maupun psikologis, untuk dapat selalu mendampingi anak-anak belajar sekaligus mengerjakan tanggung jawab pekerjaan Anda.

Baca Juga: Coba 6 Tips Ini untuk Meredakan Stres selama Masa Belajar Online

Sherin Flaurensia Photo Writer Sherin Flaurensia

A Bachelor Degree in Psychology who loves to write. Communicate with me on Twitter @sherin_flau and visit my personal blog on http://www.sherinflau.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya