Comscore Tracker

5 Alasan Logis Bahwa Tak Selamanya Menentang Orang Tua Itu Buruk!

Menentang untuk berkembang

Sebagai seorang anak, tentulah berbakti kepada orang tua itu adalah kewajiban kita. Namun, sebagai seorang anak pun kita berhak menentukan tujuan dan jalan hidupnya kita sendiri.

Tak sedikit yang beranggapan bahwa dengan menuruti inginnya orang tua entah dalam hal kuliah, pekerjaan, atau apapun itu adalah sebagai bentuk cara kita berbakti kepada orang tua untuk membuatnya senang atau bahagia.

Di balik itu semua, tidak sedikit juga yang menyesal, terpaksa, atau tidak nyaman dengan apa yang sedang mereka lakukan. Semua itu terjadi dikarenakan kita selalu beranggapan bahwa dengan menentang inginnya orang tua itu adalah sesuatu yang buruk dan sama saja dengan kita mengecewakan mereka kalau tidak kita turuti. Padahal sebenarnya tidak juga.

Nah, berikut ini 5 alasan logis bahwa tak selamanya menentang orang tua itu buruk. Yuk simak!

1. Kamu pun berhak menentukan pilihan dan jalan hidupmu sendiri

5 Alasan Logis Bahwa Tak Selamanya Menentang Orang Tua Itu Buruk!Unsplash/Simon English

Hidup itu cuma sekali. Lakukanlah apa yang baik dan kamu suka. Kamu berhak menentukan apa yang ingin kamu lakukan dan apa yang tidak harus kamu lakukan. Seperti halnya dalam menentukan kuliah jurusan apa dan dimana ataupun mau pekerjaan yang seperti apa. Semuanya kamu yang menentukan. Sebab hidupmu kamu lah yang menjalani. 

2. Tugas orang tua memberikan saran dan masukan kepadamu. Selebihnya kamu yang tentukan!

5 Alasan Logis Bahwa Tak Selamanya Menentang Orang Tua Itu Buruk!Pexels/Christina Morillo

Sebagai orang tua, mereka pastinya menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Mereka beranggapan bahwa setiap pilihan mereka itu baik untukmu. Namun terkadang mereka lupa untuk mempertimbangkan apakah keinginan mereka sejalan atau tidak dengan keinginanmu.

Sebagai seorang anak kamu pun harus berani menentang jika memang keinginan orang tuamu tidak sejalan dengan keinginanmu. Sebab orang tuamu boleh saja memberimu masukan dan saran. Selebihnya kamu lah yang berhak menentukan. 

Baca Juga: Sayangnya Kebangetan, Ini 5 Zodiak yang Sulit Jauh dari Orangtua

3. Hidupmu kamu yang jalani. Kalau kamu sebenarnya tidak nyaman dengan apa yang kamu lakukan, apa iya mau terus-terusan seperti itu?

5 Alasan Logis Bahwa Tak Selamanya Menentang Orang Tua Itu Buruk!Pexels/Nathan Cowley

Melakukan hal-hal yang bukan inginnya diri sendiri itu tentunya berat. Bagaimana tidak? Setiap aktivitasmu harus kamu lakukan dengan keterpaksaan hanya untuk membuat orang tuamu bahagia. Tak jarang juga kamu terkadang merasa stres, tertekan, dan menyesal dengan pilihan yang kamu ambil dan pada apa yang kamu kerjakan.

Apa kamu mau berada di kondisi seperti itu terus-terusan?

Coba deh lebih bijak lagi menentukan jalan hidupmu. Karena orang-orang tidak akan tahu dan merasakan apa yang sedang terjadi pada dirimu. Kamulah yang merasakan itu semua. Dan kamulah yang tahu akan dirimu. 

4. Berbakti kepada orang tua itu tidak hanya diukur dari kamu yang harus menuruti setiap ingin mereka, tapi hal lain pun bisa kamu lakukan

5 Alasan Logis Bahwa Tak Selamanya Menentang Orang Tua Itu Buruk!Pexels/Kalm Visual

Ketika kamu tidak menuruti apa yang orang tuamu inginkan, bukan berarti kamu tidak berbakti kepada orang tuamu. Rasanya terlalu sempit jika berbakti kepada orang tua hanya di ukur dari kamu yang harus menuruti semua keinginan mereka. Menyayangi mereka dan membahagiakan mereka dengan caramu sendiri pun adalah bentuk berbakti kepada orang tua kok.

Dengan melakukan inginnya dirimu, sukses dalam hal tersebut, membuat mereka bangga dan tentunya hal itu bisa membuat mereka bahagia. Sah-sah saja kok kalau kamu menentang untuk membuatmu berkembang. Asal kamu lakukan dengan cara yang baik ya.

5. Menentang itu gak harus dilakukan dengan keras atau emosi kok. Dengan memberi pengertian itu jauh lebih baik

5 Alasan Logis Bahwa Tak Selamanya Menentang Orang Tua Itu Buruk!Unsplash/Priscilla Du Preez

Gak selamanya kok menentang itu buruk dan harus kamu lakukan dengan keras atau emosi. Justru cara menentang seperti itulah yang salah. Kamu bisa kok menolak inginnya orang tuamu dengan memberikan pengertian bahwa apa yang mereka ingin untuk kamu lakukan itu tidak sejalan denganmu.

Mungkin kamu pun bisa memberikan alasan-alasan yang jelas untuk membuat mereka mengerti dan paham. Kadang dengan seperti itu bisa membuat hati orang tuamu luluh dan memikirkan hal itu kembali.

Jadi sekarang kamu udah tau kan bahwa menentang itu gak selamanya buruk? Buat kamu yang selalu atau masih saja berpikir sulit untuk menentang setiap inginnya orang tuamu, mungkin beberapa hal di atas bisa menjadi pertimbangan untuk tidak takut lagi dalam menentang inginnya orang tua yang tidak sejalan dengan inginmu. Semangat!

Baca Juga: Bukan Egois, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Menasihati Diri Sendiri

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

writing and sharing ✌️ | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya