Comscore Tracker

5 Permainan Tradisonal Ini Ampuh Melatih Tumbuh Kembang Anak

Lebih seru dari gadget

Maraknya gadget di kalangan masyarakat berhasil menggeser permainan tradisional. Padahal banyak sekali permainan tradisional yang memiliki manfaat dalam kehidupan kita khususnya anak-anak. Anak zaman now kini lebih akrab dengan berbagai permainan yang mengandalkan teknologi, misalnya Mobile Legend, PUBG, Harvest Moon, dan game virtual lainnya.

Padahal kita memiliki puluhan permainan tradisional yang mampu melatih interaksi dan komunikasi. Cari tahu yuk, jenis permainan seperti apa sih yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak?

1. Congklak

5 Permainan Tradisonal Ini Ampuh Melatih Tumbuh Kembang AnakGoogle/wikifresh

Permainan yang melibatkan dua orang ini bisa melatih intelektual pada anak. Anak diajak untuk berpikir dan menyusun strategi demi mendapatkan biji congklak yang lebih banyak dari lawan. Karena hanya dimainkan oleh dua orang, kecil kemungkinan anak untuk bersikap curang.

2. Kreasi kertas

5 Permainan Tradisonal Ini Ampuh Melatih Tumbuh Kembang AnakUnsplash/Alex

Masih ingat dong saat masa sekolah dulu, kamu pasti sering menyobek lembar tengah pada buku tulismu? Berbagai kreasi dibuat mulai dari pesawat-pesawatan, perahu, orang-orangan sawah sampai pupeteria.

Permainan kreasi kertas ini rupanya mampu meningkatkan kreativitas pada anak. Anak diajak berimajinasi untuk membuat suatu bentuk benda maupun karakter.

3. Layang-layang

5 Permainan Tradisonal Ini Ampuh Melatih Tumbuh Kembang Anakblitudik.com

Anak laki-laki mana yang gak pernah ketagihan main layang-layang? Angin kencang dan cuaca cerah jadi andalan dalam permainan satu ini. Permainan yang terbuat dari benang, bambu dan kertas minyak ini juga bisa melatih kesabaran pada anak untuk bisa menaikan layang-layang hingga tinggi.

Baca Juga: Mainan Anak 90-an yang Membuat Kamu Lupa Waktu

4. Galasin

5 Permainan Tradisonal Ini Ampuh Melatih Tumbuh Kembang AnakSoulsofmalaysia.blogspot.com

Dalam permainan ini anak diajak untuk berinteraksi dengan seluruh tim. Karena bersifat kelompok, anak juga dituntut kerja sama agar bisa memenangkan permainan. Permainan tradisional yang satu ini memang sangat menyenangkan, karena kamu bisa sekalian olahraga.

5. Egrang

5 Permainan Tradisonal Ini Ampuh Melatih Tumbuh Kembang Anakdamniloveindonesia

Permainan tradisional yang satu ini memang susah banget untuk ditaklukan. Butuh keseimbangan tubuh agar tidak jatuh. Dua bilah bambu yang sudah diberi pijakan, dinaiki kemudian mainkan dengan cara jalan dengan bambu tersebut. Tak hanya dijadikan permainan, egrang juga bisa kamu jadikan sebagai kegiatan olahraga lho.

Ternyata permainan tradisional itu seru banget ya. Kalau dibandingkan dengan gadget tentu jauh berbeda, lebih seru main tradisional. Karena kamu diajak berinterkasi secara langsung dan bukan virtual. Yuk, ajak anak-anak zaman now untuk kembali bermain permainan tradisional.

Baca Juga: 7 Permainan Tradisional Ini Terbukti Ampuh Tingkatkan Kecerdasan Lho!

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You