Comscore Tracker

5 Tips Melahirkan Tanpa Cemas Jelang Persalinan

Jauhi stres karena bisa menggangu konsentrasi ibu

Menjelang persalinan, setiap calon ibu pasti merasakan perasaan yang campur aduk. Senang, bahagia, khawatir, takut, dan lainnya. Tak sedikit para calon ibu mengaku cemas jelang detik-detik kelahiran si kecil. Terbayang rasa sakit dan kepanikan saat proses persalinan nanti. Tapi tenang, kamu bisa mengatasi segala kecemasan dengan melakukan berbagai cara untuk menghilangkan ketakutan jelang persalinan.

1. Sakit itu pasti, tapi ingat bukan untuk ditakuti

5 Tips Melahirkan Tanpa Cemas Jelang Persalinaninstagram/dwihandaanda

Kamu harus bisa meyakinkan diri bahwa kamu mampu dan bisa melewati proses persalinan dengan baik. Pastikan kecemasan ini bukan menjadikan kamu patah semangat, melainkan motivasi yang bisa menguatkan diri. Rasa sakit itu adalah kenikmatan yang dirasakan setiap ibu. Oleh sebab itu, tetaplah semangat dan jangan pernah terlarut dalam ketakutan.

2. Setiap orang itu berbeda dan tak akan pernah sama

5 Tips Melahirkan Tanpa Cemas Jelang Persalinaninstagram/dihandaanda

Mulai sekarang, stop membandingkan dirimu dengan orang lain. Dengarkan saja semua cerita yang teman kamu alami selama proses persalinan. Ingat, gak semua perempuan mengalami hal yang sama saat persalinan. Jadikan cerita-cerita tersebut sebagai pengalaman dan pembelajaran agar bisa melewati proses persalinan lebih baik. Bila sudah begitu, kamu akan merasa jauh lebih tenang dan jauh dari bayang-bayang menakutkan persalinan.

Baca Juga: 10 Momen Haru Ruben Onsu Dampingi Detik-detik Sarwendah Melahirkan

3. Perkaya pengetahuan dengan mengikuti kelas kehamilan

5 Tips Melahirkan Tanpa Cemas Jelang Persalinaninstagram/jamilatussadiyah

Ada baiknya kamu mengikuti berbagai kelas kehamilan yang mengedukasi dan memberikan banyak informasi seputar kehamilan maupun persalinan. Dari situlah, kamu bisa mengetahui bahwa persalinan tak seseram yang kamu bayangkan. Kelas kehamilan akan mengajarkanmu cara mengatur nafas yang benar serta mengejan secara tepat. Kamu juga akan dibekali pengetahuan tentang pengendalian emosi diri jelang persalinan lho, supaya gak cemas berlebih.

4. Latihan relaksasi agar lebih tenang

5 Tips Melahirkan Tanpa Cemas Jelang Persalinaninstagram/jamilatussadiyah

Kamu bisa melakukan latihan relaksasi yang bisa membantumu lebih nyaman dan tenang. Misalnya, tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan mulut tertutup, tahan sejenak, kemudian hembuskan perlahan lewat mulut. Berendam air hangat agar mengendurkan otot yang tegang. Lakukan pemijatan di sekitar area bahu, pinggang, lengan, dan lainnya. Dan yang terakhir, berpikir positif.

5. Memilih dokter atau bidan yang sesuai

5 Tips Melahirkan Tanpa Cemas Jelang Persalinaninstagram/Reisabrotoasmoro

Memilih dokter atau bidan yang akan membantu kamu saat persalinan memang cukup menenangkan. Pasalnya, kepercayaan dan keyakinanmu terhadap dokter maupun bidan mampu menepis segala kecemasan yang dirasakan. Pengalaman yang dimiliki dokter maupun bidan bisa menjadi masukan dan obat tenang yang kamu paling butuhkan jelang persalinan.

Nah, itulah tadi 5 tips menghilangkan kecemasan jelang persalinan. Semoga membantumu lebih tenang jelang persalinan, ya.

Baca Juga: Resmi Jadi Ibu, 10 Momen Haru Aura Kasih Sejak Hamil hingga Melahirkan

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Elfida

Just For You