Comscore Tracker

5 Hal Ini Wajib Dilakukan ketika Orangtua Masih Ada, Jangan Sia-siakan

Perlakukan mereka sebaik mungkin, ya!

Walaupun sudah beranjak dewasa, setiap orang pantang melupakan jasa orangtuanya. Hal tersebut merupakan sebuah kewajiban sebab tanpa mereka, kamu tidak akan bisa menjadi sosok yang seperti sekarang.

Selagi mereka masih ada di sampingmu, kamu wajib memperlakukannya sebaik mungkin. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan ketika orangtuamu masih ada. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan ini.

1. Bangun komunikasi sebaik mungkin

5 Hal Ini Wajib Dilakukan ketika Orangtua Masih Ada, Jangan Sia-siakanilustrasi orangtua (pexels.com/Elina Fairytale)

Kamu harus berusaha untuk membangun komunikasi sebaik mungkin dengan mereka. Seiring berjalannya waktu, orangtuamu pasti akan bertambah tua sehingga pendengaran maupun daya yang mendukung komunikasi berkurang.

Selagi masih bisa berbincang-bincang, cobalah lakukan hal tersebut sebanyak mungkin. Kamu bisa mulai menceritakan perihal bagaimana pekerjaanmu. Hal itu pasti akan membuat mereka merasa dihargai olehmu.

2. Berusahalah untuk memenuhi ekspektasinya

5 Hal Ini Wajib Dilakukan ketika Orangtua Masih Ada, Jangan Sia-siakanilustrasi orangtua (pexels.com/Kampus Production)

Selanjutnya, kamu juga bisa berusaha untuk memenuhi ekspektasinya. Hal ini berkaitan dengan hal-hal sepele seperti tentang pekerjaanmu. Meskipun itu sepenuhnya menjadi keputusanmu, coba untuk mengaitkan hal tersebut dengan ekspektasi mereka.

Contohnya jika mereka menginginkanmu bekerja di industri pertanian, kamu bisa mencoba hal-hal yang berhubungan dengan itu meskipun secara tidak langsung. Kamu dapat menjadi sosok yang bekerja di start up yang membantu para petani.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Terlalu Mengharapkan Harta Orangtua 

3. Bahagiakan mereka dengan membelikan sesuatu yang berharga

5 Hal Ini Wajib Dilakukan ketika Orangtua Masih Ada, Jangan Sia-siakanilustrasi orangtua (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cobalah untuk membelikan mereka sesuatu yang berharga. Hal berkaitan dengan sesuatu yang belum bisa mereka gapai selagi muda. Contohnya jika kamu memiliki seorang ayah yang hobi dengan mobil tua, cobalah untuk membelikannya.

Tetapi, hal tersebut tetap berpatokan pada budget yang kamu punya saat ini. Jika kali ini kamu masih belum cukup mampu untuk membelikan hal-hal fantastis, cobalah mencoba membelanjakannya hal-hal sepele.

4. Jangan pernah menyakiti hati orangtuamu

5 Hal Ini Wajib Dilakukan ketika Orangtua Masih Ada, Jangan Sia-siakanilustrasi orangtua (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Selain itu, kamu juga pantang menyakiti hati orangtuamu. Sekalipun mereka sungguh menjengkelkan di matamu, hal tersebut tidak boleh dijadikan pembenaran untuk membalasnya. Tetap bersikap sebaik mungkin dan jangan pernah mengecewakannya.

Kamu bisa mencoba untuk menjauhi hal-hal buruk yang dilarangnya. Hal itu biasanya meliputi hal-hal yang juga pantang dilakukan atas dasar agama. Dengan menghindarinya, mereka pasti tidak akan kecewa terhadapmu.

5. Tunjukkan kepada mereka perihal pencapaianmu selama ini

5 Hal Ini Wajib Dilakukan ketika Orangtua Masih Ada, Jangan Sia-siakanilustrasi orangtua (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terakhir, cobalah untuk menunjukkan perihal pencapaianmu saat ini. Percayalah bahwa orangtua pasti akan merasa bahagia jika berhasil membuat anaknya sukses. Hal itu pasti bakal dipamerkannya ke orang-orang sekitar sebagai bentuk rasa bangga terhadapmu.

Jadi, kamu diperkenankan untuk bercerita perihal capaianmu selama ini. Dengan begitu, percayalah bahwa mereka pasti akan merasa tenang dan bersyukur sebab bisa membesarkan anak yang berhasil sepertimu.

Selagi orangtuamu masih ada, cobalah untuk lakukan yang terbaik. Jangan sampai rasa penyesalan itu datang dari dirimu karena terlalu cuek dengan orangtua ketika mereka masih ada di sampingmu.

Baca Juga: Gak Selamanya Muda, Kenali 5 Hal yang Bikin Hati Orangtua Tenang

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya