Comscore Tracker

Ajarkan 5 Kegiatan Ini Agar Anak Terlatih Hidup Mandiri

Karena kehidupan itu keras!

Sebagai orang tua kemandirian adalah ilmu yang harus diajarkan kepada anak. Sehingga ketika dewasa tidak selamanya akan terus bergantung kepada orang lain. Karena semakin dewasa, seseorang akan dituntut untuk bisa hidup mandiri. Baik laki-laki maupun perempuan, kemandirian adalah hal yang wajib dimiliki. Seminimalnya mulai dini seorang anak mampu mengatur waktu hariannya dan mengetahui kewajiban yang harus dilaksanakan.

Sebagai orang tua tugas pertama yang harus diberikan adalah mengajak sang buah hati agar mau dan terbiasa melaksanakannya. Baik secara aktif maupun pasif orang tua harus mengawasi demi kemajuan anak. Tentu harapannya adalah beberapa tahun ke depan ketika dewasa, orang tua tidak perlu mengingatkan dan mengajarkan lagi apa yang dulu sudah diajarkan. 5 kegiatan berikut ini bisa dilakukan untuk membentuk kemandirian anak sejak dini.

1. Milikilah hewan peliharaan

Ajarkan 5 Kegiatan Ini Agar Anak Terlatih Hidup MandiriPexels/VisionPic.net

Banyak hewan peliharaan yang bisa menjadi pilihan. Orang tua bisa memberikan pilihan kepada anak untuk memilih hewan yang disenangi. Merawat hewan peliharaan akan mengajarkan anak untuk belajar mengetahui kewajiban kepada binatang.

Selain itu juga bisa menumbuhkan rasa sayang kepada binatang yang sangat berguna ketika dewasa. Mengenalkan rutinitas harian sangat penting membentuk kebiasaan sang anak. Sehingga anak terbiasa aktif dan tanggap terhadap lingkungan.

2. Belajar bercocok tanam atau merawat tanaman

Ajarkan 5 Kegiatan Ini Agar Anak Terlatih Hidup MandiriPexels/Archie Binamira

Sama halnya dengan hewan peliharaan, merawat tanaman merupakan rutinitas yang bisa membentuk kebiasaan. Merawat sesama makhluk hidup adalah cara mengajarkan tanggung jawab dan konsekuensi dari perilaku anak. Bahwa sekali kebiasaan itu tidak dilaksanakan akan membawa dampak yang tidak baik. Hal ini sangat baik membantu pola pikir anak.

3. Ajarkan keterampilan mengurus rumah

Ajarkan 5 Kegiatan Ini Agar Anak Terlatih Hidup MandiriPexels/Jennifer Murray

Kemampuan mengurus rumah sangat penting karena suatu saat sang anak akan berkutat dengan kegiatan ini. Mau tidak mau, mengajarkan hidup mandiri harus dicontohkan oleh orang tua. Tanpa dampingan dari orang tua, sang anak tidak akan tahu kegiatan yang dilakukan di rumah apa saja. Jika sudah terbiasa, untuk mengujinya coba tinggalkan anak sendiri di rumah, dan lihat hasil dari ketrampilannya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Hidup Mandiri, Jangan Manja!

4. Sesekali mengikutkan buah hati ke kegiatan sosial sangatlah penting

Ajarkan 5 Kegiatan Ini Agar Anak Terlatih Hidup MandiriPexels/samer daboul

Lingkungan sosial sangatlah berbeda dengan lingkungan keluarga. Jika di keluarga anak terbiasa hidup dengan bantuan kedua orang tua, di lingkungan sosial interaksi dan kebiasaan akan beralih dengan temannya. Membiarkan anak mengikuti kegiatan sosial baik di sekolah maupun di lingkungan rumah, akan membentuk kemandirian ketika orang tuanya tidak ada di sisinya.

5. Menjadwalkan perjalanan yang jauh

Ajarkan 5 Kegiatan Ini Agar Anak Terlatih Hidup MandiriPexels/Muhammad Rahmat Yulianto

Ambil waktu liburan keluarga dengan waktu yang cukup lama. Berikan arahan untuk membawa perlengkapan selama liburan. Biarkan sang anak memilih kebutuhan dan keperluan selama liburan. Kemampuan untuk mengambil keputusan terhadap barang bawaan sangatlah penting. Amati dan berikan saran barang-barang apa saja yang seharusnya dibawa dan tidak. Tanpa disadari kemandirian anak akan tercermin dari barang-barang yang ia pilih. 

Mengajarkan kemandirian juga berarti memberi kebebasan kepada anak untuk mengeksplorasi pengetahuannya. Harapannya ketika dewasa nanti bukan hanya sang anak bisa mengurus keperluan dirinya namun juga bisa membantu kebutuhan keluarga.

Baca Juga: 5 Manfaat Berkemah untuk Anak, Membantunya Dapat Tumbuh Mandiri

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

remaja rumahan yang suka keluar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You