Comscore Tracker

5 Tips Mengurangi Konflik Keuangan dengan Pasangan, Catat!

Pastikan komunikasi tetap terjalin dengan baik, ya

Memiliki kehidupan rumah tangga tersendiri memang tidak akan pernah lepas dari urusan finansial. Hal ini tentu disebabkan oleh urusan finansial yang menjadi bagian terpenting untuk menunjang kehidupan seseorang.

Sayangnya, dalam berkeluarga terkadang semuanya tidak selalu berjalan sesuai apa yang diharapkan. Kadang kala justru ada saja permasalahan yang berkaitan dengan urusan keuangan. Untuk menyiasati konflik finansial bersama pasangan, beberapa tips penting berikut ini wajib kamu ingat.

1. Selalu diskusikan dengan pasangan

5 Tips Mengurangi Konflik Keuangan dengan Pasangan, Catat!Ilustrasi pasangan bertengkar (Pexels/Keira Burton)

Kamu dan pasangan harus saling menguatkan komunikasi terhadap satu sama lain. Hal ini tentu karena memang komunikasi menjadi modal terbesar untuk membangun hubungan yang sehat.

Pada saat memutuskan sesuatu dalam konteks finansial, kamu harus selalu mendiskusikannya dengan pasangan. Jangan sampai justru kamu dan pasangan mengalami kesalah pahaman sebab komunikasi yang kurang.

2. Terbuka dalam urusan keuangan

5 Tips Mengurangi Konflik Keuangan dengan Pasangan, Catat!Ilustrasi pasangan mengobrol (Pexels/Alex Green)

Keterbukaan menjadi hal terpenting selanjutnya yang harus diingat. Tentu saja keterbukaan ini menjadi modal utama untuk membangun hubungan yang sehat dan baik.

Salah satu jenis keterbukaan yang dapat kamu lakukan tentu saja berkaitan dengan urusan keuangan. Saling terbuka dengan pasangan dapat mencegah terjadinya kesalahpahaman.

Baca Juga: Keuangan Membengkak saat Puasa? Coba 5 Tips Keuangan Ini 

3. Saling bertanggung jawab untuk urusan utang masing-masing

5 Tips Mengurangi Konflik Keuangan dengan Pasangan, Catat!Ilustrasi pasangan berpegangan tangan (Pexels/Ron Lach)

Kadang kala finansial seseorang tidaklah selalu konsisten. Ada pula yang justru harus berutang untuk memenuhi kebutuhannya.

Tentu saja hal ini lah yang juga harus diingat oleh pasangan. Saling bertanggung jawab atas utang masing-masing tentu menjadi hal terpenting tidak boleh dilupakan.

4. Membuka rekening bersama

5 Tips Mengurangi Konflik Keuangan dengan Pasangan, Catat!Ilustrasi tabungan di bank (Unsplash/Nick Pampoukidis)

Kadang kala dalam urusan rumah tangga ada banyak sekali hal yang harus diurus. Persoalan tersebut tidak hanya berkaitan dengan kebutuhan pribadi, tetapi juga kebutuhan keluarga.

Tak salah bila beberapa pasangan memutuskan untuk membuka rekening bersama sebagai tabungan. Dengan adanya rekening bersama, keperluan keluarga dapat teratasi dengan baik.

5. Mencari solusi berdua dengan pasangan

5 Tips Mengurangi Konflik Keuangan dengan Pasangan, Catat!Ilustrasi pasangan sedang berbicara (Pexels/Keira Burton)

Tidak semua urusan finansial berjalan sebagaimana mestinya. Kadang kala banyak juga pasangan yang harus menemukan kerikil di tengah perjalanannya.

Tentu saja hal yang perlu kamu ingat adalah bagaimana caranya agar permasalahan tersebut dapat saling dicari solusinya bersama. Selalu libatkan kedua pendapat untuk memperoleh solusi yang terbaik.

 

Segala persoalan yang berkaitan dengan finansial keluarga, tentunya dapat teratasi secara tepat apabila melalui cara yang benar. Jangan sama-sama keras kepala, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Calon Mertua Ingin Tahu Finansial Kandidat Menantu

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya